Yuk Ketahui Perbedaan Toyota GRMN Dan Toyota GR

22/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Yuk Ketahui Perbedaan Toyota GRMN Dan Toyota GR
Kedua jenis produk ini sama-sama punya nafas yang sporty dan high performance, agar lebih jelas mari ketahui perbedaan antara Toyota GRMN Dan Toyota GR

Kedua jenis produk ini sama-sama punya nafas yang sporty dan juga high performance, agar lebih jelas mari ketahui perbedaan antara Toyota GRMN (Gazoo Racing Master of Nurburgring) Dan Toyota GR (Gazoo Racing). Karena dari sumber yang didapat Cintamobil.com konon GR Toyota selain Supra akan segera masuk dan dipasarkan guna meramaikan line up Toyota di Tanah Air, namun ia hadir dengan format CBU (Completely Built Up). 

Perbedaan Pendekatan Toyota GRMN dan GR Toyota

Gambar Line Up Toyota GRMN

Berbagai produk Toyota GRMN

Terdapat perbedaan pendekatan yang dilakukan oleh Toyota Gazoo Racing dalam melahirkan produk Toyota GRMN dan Pure GR. GRMN mengambil basis mobil jalan raya yang sudah ada untuk dimodifikasi sebagai model racing edisi terbatas dengan mengambil kinerja di trek balap Nurburgring sebagai acuan pengembangan. Hasilnya adalah sebuah mobil harian dengan nuansa balap kental dan lebih menghibur dari model aslinya, baik dari segi tampilan maupun performa.

Gambar tiga mobil Toyota GR Supra

GR Supra jadi produk GR Toyota pertama yang dijual Toyota Indonesia di sini

Sedangkan Pure GR, benar-benar sebuah mobil sport yang diciptakan dari nol oleh TGR dengan target utama memberikan performa menghibur ketika pemiliknya berada di balik kemudi dan mencuri perhatian di jalan. Sejauh ini ada 2 pendekatan dilakukan, pertama seperti GR Supra yang mewarisi DNA sports car yang dimiliki oleh Supra sejak generasi pertama untuk membuat mobil sport baru dengan menjadikan pengalaman engineer dan keandalan mobil balap Toyota di arena balap ketahanan kelas production car sebagai pedoman.

Gambar Toyota Yaris WRC dan Toyota GR Yaris

GR Yaris dibuat dengan memanfaatkan database Toyota Yaris WRC

Pendekatan kedua adalah “meminjam” sasis model jalan raya untuk dibuat sebuah Pure GR, dimana komponen lain didesain dan diciptakan sendiri oleh TGR untuk menghasilkan performa terbaik ala mobil balap berdasarkan pengalaman panjang yang memberikan banyak informasi penting untuk mendapatkan racikan model paling memuaskan keinginan pemuja kecepatan. Seperti GR Yaris yang memanfaatkan database mobil reli Yaris WRC sebagai pedoman pembuatannya. Baik GR Supra dan GR Yaris harus merasakan ujian di sirkuit Nurburgring sebelum masuk ke line produksi.

>>> Toyota Corolla GR Sport dijual di Eropa tepat di momen spesial

Toyota Indonesia Siap Jual GR Toyota yang Lain?

Gambar Toyota GR Yaris 2020

Toyota Indonesia bakal jual GR Yaris? We'll see...

Mobil-mobil GR Toyota sendiri sudah pernah menginjakkan kakinya di Indonesia bahkan dijual meski secara terbatas. Salah satu yang dijual secara terbatas adalah Toyota GR Supra, bahkan gosipnya di salah satu gudang penyimpanan Toyota sudah ada Toyota GR Yaris yang nantinya siap untuk dipamerkan (atau bahkan juga dijual terbatas, seperti di Malysia). Sedangkan untuk Toyota GRMN yang pernah 'mejeng' adalah Toyota Prius PHV GR Sport.

>>> Ingin bergaya seperti pereli dunia yang naik Toyota Yaris? Beli bekas aja di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top