Yuk Kenali, Perbedaan PSBB Penuh dan Parsial

06/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Yuk Kenali, Perbedaan PSBB Penuh dan Parsial
Provinsi Jawa Barat memberlakukan PSBB secara penuh dan parsial untuk menekan kasus COVID-19. Berikut perbedaan PSBB penuh dan parsial tersebut?

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai 6 Mei 2020 untuk seluruh wilayah provinsi guna menekan seminimal mungkin angka kasus COVID-19. Pemberlakukan ini didasarkan pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Bersakala Besar Dalam Penanggulangan Coronavirus Disease 2019 di Jawa Barat yang ditetapkan 4 Mei 2020.

Foto menunjukkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memperluas PSBB hingga seluruh wilayah provinsi

Sebagaimana pedoman pelaksanaan PSBB di wilayah lain, PSBB di Jawa Barat juga membatasi 6 aktivitas di luar rumah, meliputi pelaksanaan pembelajaran di sekolah dan/atau institusi pendidikan lainnya, aktivitas bekerja di tempat kerja/kantor, kegiatan keagamaan di rumah ibadah, kegiatan di tempat atau fasilitas umum, kegiatan sosial dan budaya, dan pergerakan orang dan barang menggunakan moda transportasi.

Pada penerapannya PSBB di Jawa Barat dibagi menjadi dua kategori, yaitu PSBB penuh dan parsial. Lalu, apa perbedaan kedua PSBB tersebut?

Perbedaan PSBB penuh dan parsial

Perbedaan PSBB penuh dan parsial bisa dilihat dari sebutannya. PSBB penuh dilaksanakan secara menyeluruh di semua kecamatan tanpa kecuali. Dengan PSBB penuh ini aturan pembatasan untuk kecamatan paling pinggir sama dengan aturan PSBB di sentral keramaian kota, meliputi berbagai larangan dan penindakan. Diantara yang memberlakukan PSBB penuh yaitu Kota Bandung, Kota Depok, dan Kota Cimahi.

>>> 10 Hari Larangan Mudik, Polda Jabar Paksa 33 Ribu Kendaraan Putar Balik

Foto menunjukkan Check Point PSBB Kota Bandung

Kota Bandung berlaku PSBB penuh

Sedangkan PSBB parsial dilakukan tidak secara menyeluruh di semua kecamatan. Wilayah yang tidak diikutkan dalam PSBB tidak berlaku aturan pembatasan secara ketat. Meski demikian, sangat dianjurkan kepada warga untuk tetap mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker saat di luar rumah, menjaga jarak aman dengan orang lain serta rajin mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, PSBB parsial tidak mengesampingkan maklumat Kapolri tentang larangan mengadakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan banyak orang. Larangan masih berlaku, warga tetap dilarang mengadakan konser, pameran, pasar malam, bazar, pawai, karnaval, resepsi pernikahan / khitan dan yang lainnya.

Di wilayah Jawa Barat selain yang berlaku PSBB penuh berlaku PSBB parsial seperti di Garut, Sukabumi, Kuningan, Cianjur, dan yang lain.

Diserahkan kepada pemerintah masing-masing

Mau memberlakukan PSBB penuh atau parsial, keputusan diserahkan kepada pemerintah kabupaten / kota yang bersangkutan, mempertimbangkan situasi dan kondisi wilayah masing-masing meliputi perkembangan kasus COVID-19 itu sendiri serta kesiapan teknis.

"Untuk teknis PSBB nanti, diserahkan pelaksanaannya kepada wali kota dan bupati mengacu kepada peraturan gubernur sebelumnya. Ini bukan untuk membuat perbedaan atau kebingunan, tetapi untuk memberikan kewenangan secara terbagi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten kota. Karena ada hal - hal yang terkait dengan teknis terutama di sektor transportasi, ekonomi dan lain sebagainya," tutur Wakil Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Berli Hamdani Gelung Sakti dalam keterangan resminya, belum lama ini.

>>> Mudik Dilarang, Jalin Silaturahmi Dengan 4 Cara ini!

Foto menunjukkan lalu lintas di jalan tol yang didominasi kendaraan niaga

Lalu lintas jalan tol kini didominasi kendaraan logistik

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

PSBB Dimana-Mana, Lalu Lintas di Jalan Tol Turun Hingga 60 Persen

05/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pembatasan akses jalan di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat karena pemberlakuan PSBB berdampak pada turunnya volume kendaraan di jalan tol hingga 60 persen.

Lihat juga

Jembatan Suramadu Ditutup Selama PSBB Surabaya, Benarkah?

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Selama pelaksanaan PSBB Surabaya, muncul kabar Jembatan Suramadu ditutup sementara bagi umum. Benarkah hal ini? Pihak kepolisian pun memberikan keterangannya.

Lihat juga

Ini Penyebab Macet Parah di Hari Pertama PSBB Di Kota Surabaya

29/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Hari pertama pelaksanaan PSBB di Kota Surabaya diwarnai kemacetan parah di Bundaran Waru perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo. Ini penyebabnya menurut polisi!

Lihat juga
 
back to top