Yuk, Kenali Jenis-jenis Angkutan Umum Darat Selain Bus AKAP!

11/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Yuk, Kenali Jenis-jenis Angkutan Umum Darat Selain Bus AKAP!
Ada bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menjangkau satu provinsi ke provinsi lain. Selain itu apalagi? Berikut beberapa jenis bus angkutan umum berdasarkan wilayah trayeknya!

Bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) marak dibicarakan seiring diizinkannya beroperasi di tengah berlangsungnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Melalui Surat Edaran dengan Nomor SE.9/AJ.201/DRJD/2020 Kementerian Perhubungan mengizinkan bus beroperasi mengangkut orang-orang dengan kriteria tertentu ke luar kota. Padahal sebelumnya angkutan umum dilarang beroperasi ke luar kota. Sedangkan di dalam kota sendiri operasional angkutan umum dibatasi, maksimal penumpang 50 persen dari kapasitas tempat duduk dan hanya beroperasi di siang hari.

Terlepas dari pro dan kontra diizinkannya bus membawa penumpang keluar kota, menarik bagi kita untuk mengenal bus AKAP itu sendiri. Mengapa disebut AKAP, dan apa lagi selain bus AKAP?

Pembagian bus menurut wilayah trayek

Berdasarkan wilayah trayeknya bus dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu Angkutan Kota (Angkot), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN), Angkutan Bandara, dan Angkutan Perintis.

1. Angkutan Kota (Angkot)

Foto bus TransJakarta berhenti di Halte

TransJakarta hanya melayani trayek Jakarta

Bus Angkutan Kota (Angkot) hanya melayani trayek perkotaan baik regular maupun BRT (Bus Rapid Transit) atau busway. Contoh Metromini, Kopaja, TransJakarta, ketiganya beroperasi Jakarta. Lalu ada Trans Semarang di Semarang dan Trans Jogja di Yogyakarta.

>>> Bukan Hanya TransJakarta, Naik Transportasi Umum Apapun Wajib Pakai Masker

2. Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP)

Foto Bus AKDP PO Efisiensi jurusan Semarang-Cilacap

Bus AKDP tidak menyeberang ke provinsi lain

Sesuai namanya bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) melayani trayek antar kota dalam satu provinsi. Misalnya bus jurusan Tasikmalaya-Sukabumi, Cirebon-Bogor, keduanya di Jawa Barat. Semarang-Cilacap di Jawa Tengah dan Malang-Surabaya di Jawa Timur.

3. Antar Kota Antar Provinsi (AKAP)

Foto salah satu bus AKAP PO Bandung Express

Jangkauan bus AKAP lebih luas

Berbeda dengan bus AKDP yang hanya berkutat di satu provinsi, trayek bus AKAP alias bus Antar Kota Antar Provinsi lebih luas. Misalnya PO. ALS (Antar Lintas Sumatra) dan PM TOH yang menjelajah dari ujung Sumatra hingga ujung Jawa. Atau bus-bus jurusan Jakarta-Bandung, Jakarta-Jogja, Semarang-Surabaya, Semarang-Jogja, Bandung-Surabaya, dan yang lain.

>>> Bus AKAP Sudah Beroperasi Lagi di Tengah PSBB

4. Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN)

Foto menunjukkan BUS ALBN PO Damri jurusan Pontianak-Sarawak-Brunei

Selalu diperiksa saat bus ALBN melewati pos lintas batas negara

Bus Angkutan Lintas Batas Negara (ALBN) melayani trayek dari satu kota ke kota negara lain. Misalnya PO Damri jurusan Pontianak (Indonesia)-Kutjing (Malaysia), atau jurusan Pontianak-Bandar Seri Begawan (Brunei). Bus ALBN harus melewati pemeriksaan di pos lintas batas negara baik untuk penumpang, barang bawaan, hingga bus itu sendiri.

 5. Angkutan Bandara

Foto menunjukkan Shuttle Bus bandara Soekarno Hatta

Angkutan bandara mudahkan warga menuju dan meninggalkan bandara

Bus ini melayani trayek bandara dari dan ke lokasi-lokasi tertentu seperti stasiun, terminal, mall, atau kawasan-kawasan publik yang lain. Tujuannya memudahkan masyarakat mengakses bandara dan meninggalkan bandara.

>>> Ini Cara Menghindari Tertular Virus Corona di Transportasi Umum

6. Angkutan Perintis

Foto menunjukkan bus perintis di Aceh sedang beroperasi

Menjadi pelopor transportasi di daerah terpencil

Berikutnya Angkutan Perintis, yaitu bus yang beroperasi di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) yang belum dilayani perusahaan bus yang lain. Angkutan Perintis biasanya penugasan dari Pemerintah guna memenuhi kebutuhan transportasi agar anak-anak tetap bisa bersekolah, hasil bumi bisa tersalurkan, hingga menimalisir biaya logistik.

7. Bus Sekolah

Foto bus sekolah sedang menjemput siswaf

Bus sekolah disediakan pemerintah

Bus sekolah tidak memiliki trayek selain untuk antar jemput anak-anak sekolah. Bus ini disediakan pemerintah untuk mendukung kelancaran belajar mengajar pelajar Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan atau yang setara. Tidak dibeda-bedakan antara status pelajar sekolah negeri atau swasta, selama berpakaian seragam sekolah, anak-anak boleh naik bus dan tidak dikenakan biaya alias GRATIS.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Bus AKAP Sudah Beroperasi Lagi di Tengah PSBB

10/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemerintah akhirnya mengizinkan bus AKAP beroperasi meski pelaksanaan PSBB dan larangan mudik masih berlangsung. Apa itu berarti mudik mulai diperbolehkan?

Lihat juga

CintamobilTV: Kabin Mercedes-Benz Lombardi Vito Business Cocok untuk Pebisnis

29/04/2020

Jual beli

3 menit

Mercedes-Benz Lombardi Vito Business 2020 resmi meluncur di Indonesia awal tahun ini. Lalu keunggulan apa saja yang ditawarkan dibandingkan pesaingnya?

Lihat juga

Modifikasi Ini Sulap Mercedes V-Class Jadi Business Lounge Berjalan

03/05/2020

Perawatan dan service

4 menit

Selama ini, mobil eksekutif selalu didominasi sedan mewah Mercedes S-Class atau mungkin Maybach. Jika Anda ingin sesuatu yang berbeda, dan memiliki ruang lebih lapang, V-Class modifikasi ini bisa dijadikan opsi.

Lihat juga

Lagi Iseng di Rumah Aja, Yuk Belajar Memeriksa Kondisi Busi Sendiri!

31/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Ketika Anda sedang diam di rumah saja, pastinya bisa menjadi hal yang membosankan. Kenapa tidak belajar saja memeriksa kondisi busi kendaraan kesayangan Anda?

Lihat juga
 
back to top