Youtuber Dilaporkan ke Polisi Usai Kritik Mobil Nasional Vietnam

13/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Youtuber Dilaporkan ke Polisi Usai Kritik Mobil Nasional Vietnam
Produsen mobil nasional Vietnam, VinFast melaporkan seorang Youtuber ke polisi usai mengunggah sebuah video yang berisi soal keluhan akan sedan buatannya.

Produsen mobil nasional Vietnam, VinFast dikabarkan baru saja melaporkan salah satu konsumennya ke polisi. Laporan itu dibuat usai sang konsumen memberikan komentar buruk terkait kualitas dari mobil nasional Vietnam tersebut. 

Diberitakan Reuters, sang pemilik mobil bernama Tran Van Hoang yang memiliki 455.000 subscribers dalam akun Youtubenya menggunggah video tentang VinFast Lux A2.0 Sedan.

Ada Peran Konglomerat di Balik Mobil Nasional Vietnam VinFast

Unggahan soal keluhan pada VinFast sedan dianggap mempengaruhi reputasi perusahaan

>>> SUV Vietnam VinFast President Meluncur, Harganya Rp 2,9 Miliar!

Video yang Diunggah Pengaruhi Reputasi VinFast

Video yang diunggah tersebut dituding berisi informasi yang tak benar dan mempengaruhi reputasi VinFast. Hoang mengeluhkan dirinya mengalami masalah komponen, pintu, rem, dan lainnya. 

"Meskipun Tran Van Hoangh secara proaktif menghapus video, kami telah menyimpan semua bukti dan mengirimkannya ke polisi. Polisi telah menerima laporan kami dan menjadwalkan untuk memeriksa Mr. Hoang," ungkap VinFast dalam pernyataan resminya. 

VinFast itu tampak amat dibuat marah dan menyebut memiliki alasan kuat untuk membuktikan bahwa video yang diunggah Hoang bukan keluhan biasa. 

"Ini merupakan kali pertama kami melaporkan seseorang ke pihak berwenang untuk melindungi reputasi sekaligus konsumen kami," kata VinFast. 

VinFast menjelaskan bahwa perlakuan serupa juga akan dilakukan ketika mereka berekspansi dan memasuki wilayah Amerika Utara hingga Eropa. Selain rencana masuknya ke pasar Amerika Utara dan Eropa, VinFast juga menargetkan listing di Amerika Serikat dengan valuasi hingga US $ 60 miliar. 

>>> Pabrikan Vietnam VinFast Beli Tempat Pengujian Mobil Milik Holden

Jajaki Pasar Amerika dan Eropa

Sosok dibalik mobil nasional Vietnam

Ini Pham Nhat Vuong, pemilik Vingroup yang menaungi VinFast

Produsen mobil nasional Vietnam itu rencananya akan memasarkan SUV listrik di kawasan Amerika Utara dengan skema pertukaran baterai. Ini diharap bisa menjadi daya tarik dan membuat konsumen General Motors sekaligus Tesla dapat beralih menggunakan mobil listrik VinFast. 

Pham Nhat Vuong, selaku pemilik Vingroup beberapa waktu lalu mengatakan bahwa VinFast berkeinginan untuk membangun merek Vietnam yang memiliki reputasi kelas dunia. Hal itu dapat diwujudkan dengan memasarkan dan membuktikan produk Vietnam yang dinamis dan berkembang yang telah mencapai standar tertinggi dunia.

“Tantangan terbesar kami adalah produk Vietnam tidak memiliki merek internasional. Bagi banyak teman internasional, Vietnam masih merupakan negara yang miskin dan terbelakang. Kami harus menemukan cara untuk memasarkan dan membuktikan produk kami mewakili Vietnam yang dinamis dan berkembang yang telah mencapai standar tertinggi dunia," jelas Vuong.

VinFast melihat pasar Vietnam terlalu kecil kalau membicarakan keuntungan. Oleh karena itu Vinfast ingin perluasan ke pasar yang dinilai lebih menguntungkan.

>>> Ada Peran Konglomerat di Balik Mobil Nasional Buatan Vietnam VinFast

 
Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020. Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnal
 
back to top