Yang Istimewa Dari Tol Kapalbetung Sumatra Selatan

31/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Yang Istimewa Dari Tol Kapalbetung Sumatra Selatan
Diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa, 26 Januari 2021, ada yang istimewa dari Tol Kapalbetung Sumatra Selatan ruas Kayu Agung-Kramasan (42,5 kilometer).

Operasional Jalan Tol Kayu Agung-Palembang kini bertambah panjang dengan dibukanya ruas Jakabaring-Kramasan (Jalintim) sepanjang 9 Km. Seksi 1B jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung atau Tol Kapalbetung tersebut diresmikan Presiden Joko Widodo pada Selasa, 26 Januari 2021 lalu, sekaligus meresmikan Seksi 1A Kayu Agung-Jakabaring yang telah dibuka sejak akhir 1 April 2020 lalu. Total ruas yang diresmikan sepanjang 42,5 Km dari Kayu Agung hingga Kramasan.

Jembatan Terpanjang Di Indonesia

Dalam unggahannya di akun IG @wakita_tollroad, PT Waskita Toll Road (WTR) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sekaligus pengelola menyebut ada yang istimewa dari ruas baru ini, yaitu keberadaan Jembatan Ogan. Dengan panjang mencapai 1,7 km Jembatan Ogan yang berada di Km 37+135 sampai dengan Km 38+722 tercatat sebagai jembatan tol terpanjang di Indonesia.

>>> Sudah 7 Bulan Gratis, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Segera Bertarif

Foto menunjukkan Peresmian Tol Kayu Agung-Kramasan oleh Presiden Joko Widodo

Jalan Tol Kayu Agung-Kramasan tersambung sepanjang 42,5 Km

Bukan hanya panjangnya yang kini memecahkan rekor, jembatan ini dihiasi Ornamen Songket Khas Palembang disepanjang Parapetnya. Lalu di sekitar area jembatan dibangun pula Replika Candi Muara Takus yang melambangkan situs sejarah kerajaan Sriwijaya.

Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapalbetung)

Jalan Tol Kapalbetung merupakan bagian dari Tol Trans Sumatra yang menghubungkan Lampung hingga Aceh. Panjang ruas ini mencapai 111,6 km dari Kayu Agung hingga Betung. Di ujung selatan tersambung dengan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) dan di ujung utara tersambung dengan Jalan Tol Palembang-Indralaya.

PT Waskita Toll Road (WTR) membagi pembangunan Jalan Tol Kapalbetung menjadi beberapa Seksi, yaitu:

  • Seksi 1A Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,50 Km. Seksi ini sudah beroperasi sejak 1 April 2020
  • Seksi 1B Jakabaring-Kramasan (Jalintim) sepanjang 9 Km. Diresmikan Presiden Jokowi pada 26 Januari 2021 bersamaan dengan Seksi 1A.
  • Seksi 2 Jalintim-Musilindas sepanjang 24,90 Km, dan
  • Seksi 3 Musilindas-Betung sepanjang 44,29 Km.

>>> Tinggal di Palembang, temukan mobil impianmu di sini!

Foto menunjukkan Jembatan Sungai Ogan

Jembatan Ogan (1,7 Km), salah satu jembatan tol terpanjang di Indonesia

Dalam sambutannya, Presiden menuturkan keberadaan jalan tol Kapalbetung penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Terutama karena jalan tol mempersingkat waktu tempuh Pelabuhan Bakauheni Lampung - Palembang hingga 75%.

“Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75%. Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan daya saing yang besar bagi Palembang dan bagi Lampung.” kata Presiden. “Jalan tol ini tidak hanya menghubungkan antar wilayah antar daerah, tapi juga untuk membangkitkan perekonomian di Pulau Sumatra, khususnya di Provinsi Sumatra Selatan. Dan juga menumbuhkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, mengembangkan simbol-simbol ekonomi yang produktif.” sambung Presiden.

Dengan selesainya Seksi 1A dan Seksi 1B, Tol Kapalbetung tinggal menyisakan ruas Kramasan (Jalintim)-Betung sepanjang 69,19 Km. Hingga Januari 2021 progres fisiknya telah mencapai 22,55%, ditargetkan ruas ini selesai dan beroperasi pada Desember 2022.

>>> Simak terus berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Sudah 7 Bulan Gratis, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Segera Bertarif

21/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Tarif Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Seksi 1A (akses Jakabaring) tidak lama lagi segera berlaku, mengakhiri masa operasional gratis yang dimulai 1 April 2020.

Lihat juga

Ini Lokasi dan Jadwal Lelang Mobil Palembang Terlengkap

16/12/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa tempat lelang mobil Palembang yang rutin menyelenggarakan lelang mobil bekas. Untuk itu Anda patut mengetahui jadwalnya secara lengkap supaya tidak ketinggalan mendapat kesempatan memiliki mobil bekas dengan harga terjangkau.

Lihat juga

5 Tempat Wisata di Palembang yang Sedang Hits

26/12/2019

Pengemudian

5 menit

Ada beberapa tempat wisata di Palembang yang saat ini sedang hits dan ramai diperbincangkan. Jadi tak ada salahnya di musim liburan kali ini Anda mampir di lokasi-lokasi tersebut.

Lihat juga

Sepanjang 2020 Hutama Karya Garap 10 Jalan Tol Trans Sumatra

03/01/2021

Pasar mobil

3 menit

PT Hutama Karya menggarap 10 jalan Tol Trans Sumatra pada 2020 dengan panjang total mencapai 1.156 Km. Dua diantaranya sudah diresmikan dan beroperasi penuh.

Lihat juga

Jalan Tol Terpanjang Jasa Marga, Tidak Ada Yang Sampai 100 Km

20/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga menguasai lebih dari 60 persen jalan tol di Indonesia. Tapi tahu tidak, 5 jalan tol terpanjang Jasa Marga tidak ada yang lebih dari 100 kilometer.

Lihat juga
 
back to top