Yamaha Bikin Generator Suara Canggih Untuk Kendaraan Listrik

16/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Yamaha menggunakan pengalaman bertahun-tahun di dunia instrumen musik dan akustiknya untuk membuat suara yang menarik untuk kendaraan listrik di masa depan.

Beberapa pengguna mobil atau motor mengendarai kendaraannya untuk satu alasan sederhana, yaitu menikmati suara merdu yang dihasilkan oleh mesin atau knalpotnya.

Ini sama sekali tidak mengejutkan, karena suara telah lama menjadi bagian dari seorang petrolheads. Bahkan, suara seringkali menjadi pertimbangan emosional dalam membeli kendaraan baru.

Tak heran industri knalpot aftermarket bisa berkembang, ya karena ada telinga-telinga pecinta otomotif yang menginginkan suara yang lebih menyenangkan dibanding knalpot bawaan pabriknya.

Kritik Terhadap Kendaraan Listrik

Salah satu kritik yang sering terlontar dari para petrolheads terhadap motor atau mobil elektrifikasi adalah suara (atau tidak adanya) yang dihasilkan oleh kendaraan yang bermodalkan motor listrik.

>>> Yamaha Ingin Produksi Pesawat Terbang Kecil Pakai Mesin Sepeda Motor

Dengan semakin merebaknya kendaraan listrik di sekitar kita, bukan tak mungkin mesin bakar konvensional yang sangat dicintai oleh para petrolheads ini kelak akan punah. Tentu akan banyak pihak yang menyayangkannya.

Gambar Tesla

Suara mobil listrik seringkali dianggap tak menggugah

Pasalnya, banyak jiwa dan karakter yang diwujudkan oleh suara dan getaran yang ditimbulkan oleh berbagai konfigurasi mesin pembakaran internal. Gagasan bahwa semua jiwa ini akan diambil dan digantikan oleh dengungan futuristik dari motor listrik menuai respon negatif dari beberapa individu.

Jawaban Dari Yamaha

Menjawab kritik tersebut, Yamaha saat ini sedang mengembangkan teknologi yang bertujuan untuk menambah rasa keakraban dengan kendaraan roda dua listrik masa depan.

Seperti yang kita semua ketahui, Yamaha dikenal dengan alat musik yang brilian seperti halnya sepeda motornya. Sama-sama menghasilkan suara yang merdu, tak heran jika Yamaha menggunakan logo garpu tala yang ikonik.

Yamaha Motor Co. telah bergandengan tangan dengan Yamaha Corp. untuk membuat berbagai pemandangan suara untuk mereplikasi mesin bakar konvensional untuk digunakan pada kendaraan listrik.

>>> Tahukah Anda? Baterai Mobil Listrik dan Hybrid Ternyata Berbeda

Gambar Alive

Divisi Alive didirikan untuk mengembangkan pengalaman berkendara kendaraan listrik yang lebih baik

Tampaknya Yamaha menanggapi semua ini dengan cukup serius, karena perusahaan telah membentuk divisi khusus untuk proyek tersebut. Insinyur suara di divisi yang disebut Alive, semuanya setuju bahwa suara adalah elemen penting dari pengalaman berkendara.

Tidak hanya aspek yang menarik dan menyenangkan dari perjalanan, tetapi juga memberikan rasa kecepatan kepada pengemudi yang akhirnya meningkatkan kemampuan mereka untuk mengendalikan kendaraannya.

Gambar Akrapovic

Industri knalpot aftermarket hadir untuk memuaskan telinga-telinga para petrolheads

Hideo Fujita, salah satu pemikir brilian di balik proyek ini, menyatakan bahwa pemandangan suara tersebut akan mampu menghasilkan suara yang jauh melampaui suara mesin yang sudah akrab di telinga para petrolheads.

"Bahkan satu yang terdengar seperti Star Wars bisa menjadi kemungkinan," katanya.

Ini bukan kali pertama Yamaha terlibat dalam proyek serius mengenai elemen akustik dari sebuah kendaraan. Toyota sudah berkali-kali berkolaborasi dengan mereka untuk menghasilkan mesin dengan suara dan performa yang brilian.

>>> Gara-Gara Mobil Listrik, 84.000 Orang terancam Kehilangan Pekerjaan

Gambar Lexus LFA

Lexus LFA merupakan salah satu mobil dengan suara terbaik sepanjang masa

Anda tahu Lexus LFA? Mobil sport dari merek premium Toyota tersebut merupakan salah satu kendaraan dengan suara paling indah nan ikonik yang pernah dibuat di muka bumi. Tak jarang yang menyebut LFA memiliki suara bak mobil F1 naturally aspirated yang hingga saat ini dirindukan oleh para penggemarnya.

Kira-kira seperti apa nanti suara yang dihasilkan oleh para insinyur Yamaha untuk kendaraan listrik masa depan ya?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top