Xpander-Livina, Platform Bareng-Bareng Servis Sendiri-Sendiri

04/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Xpander-Livina, Platform Bareng-Bareng Servis Sendiri-Sendiri
Dibuat menggunakan platform yang sama bukan berarti Xpander-Livina bisa servis di tempat yang sama. Pengguna Mitsubishi Xpander tidak bisa servis di bengkel Nissan dan sebaliknya pengguna Nissan Livina tidak bakal dilayani di bengkel Mitsubishi.

Foto All New Nissan Livina dari samping depan

Peluncuran Nissan Livina memberi semangat baru buat NMI

Banyak kalangan menilai kehadiran Nissan Livina bakal menciptakan 'permusuhan' dengan Mitsubishi Xpander meski Livina dibuat menggunakan platformnya Xpander. Dengan selisih harga dan komparasi model yang tidak jauh berbeda Xpander-Livina dianggap bakal saling menjegal satu sama lain.

Bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor dan Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia, kehadiran Nissan Livina tidak dipandang sebagai 'musuh'. Pertama karena mereka adalah saudara satu aliansi yang memungkinkan keduanya saling berbagi satu sama lain soal pengembangan produk dan teknologi. Sedangkan yang kedua kehadiran Nissan Livina justru menjadi indikasi berkembangnya segmen low MPV. Persaingan memang akan tercipta, namun bukan untuk menggerus pasar.

“Pertama kami ucapkan selamat atas kehadiran Nissan Livina terbaru. Kehadiran produk baru tentu akan kami lihat secara positif yang menandakan kue low MPV akan semakin besar. Ini juga peluang bagi Mitsubishi,” tutur Director of Sales & Marketing PT MMKSI, Irwan Kuncoro, Kamis (28/2/2019).

>>> Ini Perbedaan Detail All New Nissan Livina dengan Mitsubishi Xpander

Sudah berbagi platform apakah Xpander-Livina juga berbagai layanan lain?

Secara tegas Irwan menyatakan tidak. Meski Mitsubishi dan Nissan adalah aliansi yang sangat kuat, kedua model Xpander-Livina hanya sharing dalam hal platform dan teknologi. Untuk layanan lain meliputi marketing dan after sales semua ditangani masing-masing merek. Penjualan Nissan Livina ditangani oleh dealer Nissan, penjualan Mitsubishi Xpander ditangani dealer Mitsubishi. Begitu pula servis, Nissan Livina hanya bisa diservis di bengkel resmi Nissan sebagaimana Mitsubishi Xpander diservis di bengkel resmi Mitsubishi.

“Jadi meski beraliansi, kami tidak melakukan sharing layanan (purnajual) seperti servis. Kalau marketing kita sendiri-sendiri, kita punya jaringan layanan sendiri, mereka juga punya,” ucap Irwan.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Foto Mitsubishi Xpander tampak samping depan

Mitsubishi Xpander tidak bisa diservis di bengkel Nissan

Seperti diketahui, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) resmi meluncurkan model terbarunya All New Nissan Livina pada Selasa (19/2/2019). Menggantikan posisi Nissan Grand Livina, Nissan Livina hadir dengan desain yang sangat berbeda dengan pendahulunya itu. Modelnya 'mirip' dengan Mitsubishi Xpander karena memang dikembangkan menggunakan platformnya Xpander dengan beberapa sentuhan khas Nissan seperti grille V-Motion dan nyala lampu rem yang membentuk huruf V.

>>> Anda bisa baca Review All New Nissan Livina di sini!

Diharapkan kehadiran Nissan Livina bisa mendongkrak penjualan NMI di Indonesia dan mengembalikan Nissan pada jajaran 10 merek mobil terlaris di Indonesia. Lebih lengkap tentang Nissan Livina, simak video berikut:

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top