Simak Kelebihan Wuling MINI EV yang Siap Tes Pasar Indonesia

06/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menjadi mobil listrik terlaris di negara asalnya, simak beragam kelebihan Wuling MINI EV Hongguang yang siap melakukan ekspansi menggarap pasar Indonesia.

Kedatangan beberapa unit MINI EV di tanah air menjadi spekulasi membuatnya diprediksi sedang mempersiapkan kemunculannya di pasar Indonesia. Dengan harganya yang sangat bersaing, simak kelebihan Wuling MINI EV di bawah ini.

Siap tes pasar

Menurut keterangan yang Cintamobil.com dapatkan dari salah satu sumber terpercaya, mobil listrik ini dalam rencana ekspansi global. Termasuk ke Indonesia yang dipandang sebagai salah satu pasar potensial.

Namun untuk penjualan belum bisa dipastikan, apakah dijual dalam waktu dekat, jangka panjang, atau tidak sama sekali.

>>> Tertangkap Kamera di Indonesia, Wuling EV Segera Dijual?

Foto menunjukkan Wuling MINI EV tampak samping depan

Mobil listrik murah Wuling tiba di Indonesia

Menurut sumber, saat ini yang tengah dipersiapkan di Indonesia adalah tes pasar. Wuling bakal menggunakan unit yang tiba beberapa waktu lalu yang masih menggunakan left hand drive (LHD) atau setir kiri.

Tidak dijelaskan bagaimana mekanismenya serta berapa lama waktu tes pasar dilakukan. Yang pasti hasil akan dievaluasi untuk menentukan langkah selanjutnya.

Kelebihan Wuling MINI EV

MINI EV diluncurkan bulan Juli 2020. Mobil ini langsung menyedot minat tinggi warga China dengan bukti penjualan bulanan yang selalu tinggi. MINI EV melesat menjadi mobil listrik terlaris di China nomor satu dan secara berturut-turut selama satu tahun mempertahankan posisinya.

Popularitasnya di China memang bukan hanya masalah harga. Berikut beberapa kelebihan mobil ini yang bisa Anda rasakan.

  • Pertama; Super kompak

Dimensi Wuling MINI EV tidak sampai 3 meter, yaitu panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm, dengan wheelbase 1.940 mm.

Foto Wuling Hongguang MINI EV Macaron bersama seorang model

MIN EV meraih penjualan tertinggi di China secara berturut-turut

Dengan dimensi kompak tersebut MINI EV memiliki kelebihan dalam menjelajah hingga jalan-jalan sempit. MINI EV juga tidak butuh ruangan besar sehingga mudah untuk parkir dimanapun.

  • Kedua; Desain menarik

Desain MINI EV semakin menarik dengan hadirnya versi Macaron, seperti yang dibawa ke Indonesia. Wuling menghadirkan kombinasi warna white peach powder, avocado green, dan lemon yellow dengan tiga warna muda yang khas.

Headlamp depan dan belakang juga dibikin beda dari versi dasarnya saat diluncurkan. Cangkang warna hitam dan tata letak strip lampu LED jauh lebih halus.

Di bagian interior, Wuling Hongguang MINI EV Macaron mendapat strip dekoratif baru sewarna bodi di sekitar tombol kontrol tengah. Kemudian ada penambahan beberapa fitur menarik seperti radio, 2 speaker, baterai pemanas, interkoneksi mesin mobil dengan aplikasi, LCD warna, pemanas jok, pendingin AC dan yang lain.

>>> Penjualan Hongguang MINI EV Macaron Tembus 23 Ribu Unit Dalam 5 Hari

  • Ketiga; Sangat terjangkau

Sebagai mobil listrik murni (BEV) harga Wuling MINI EV tergolong sangat terjangkau, setara harga sepeda motor 250 cc. Mobil ini dipasarkan di China mulai Rp 64 jutaan hingga Rp 85 jutaan.

Foto Interior Wuling MINI EV

Dijual dengan harga terjangkau

Seandainya di Indonesia dipasarkan dengan harga Rp 100 jutaan, itu masih sangat murah dibanding mobil listrik yang lain yang harganya mayoritas lebih dari Rp 500 jutaan.

Kekurangan Wuling MINI EV

Ada kelebihan ada juga kekurangannya. Dengan harga yang sangat murah, mobil listrik Wuling ini memiliki kekurangan yang tidak bisa ‘dimaafkan’. Diantaranya; daya angkut kecil dan tak ada bagasi. Kapasitas penumpangnya hanya 4 orang (termasuk pengemudi).

Jika dimaksimalkan pengendara tidak memiliki bagasi khusus untuk barang bawaan. Opsi bagasi tersedia jika penumpangnya hanya 2 orang (termasuk pengemudi), yaitu dengan melipat kursi belakang.

Kekurangan lainnya yaitu jarak tempuh. Performa MINI EV bersumber dari dua pilihan baterai dengan jangkauan 120 km dan 170 km dalam sekali pengisian daya penuh. Artinya mobil ini lebih cocok untuk mobilitas jarak pendek atau wira wiri dalam kota saja.

>>> Cek harga mobil Wuling dan promo menarik di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top