Journey Jadi Model Pertama Wuling Tahun 2021

24/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Bukan MPV, SUV, atau hatchback, Wuling Journey Pick Up adalah model pertama Wuling yang akan diluncurkan tahun 2021 untuk pasar China, sebelum ke negara lain.

Sukses melewati tahun 2020 yang menantang dengan kenaikan penjualan hampir 9 persen tentunya menjadi pencapaian tersendiri bagi Wuling. Namun hal tersebut tak membuat SAIC-GM-Wuling (SGMW) berhenti dan puas. Menjelang akhir bulan pertama tahun 2021, SGMW mengumumkan model pertama yang segera diluncurkan tahun ini, yakni Wuling Journey. Model bergenre pick up bakal dijual di China lebih dulu sebelum nanti dipasarkan di negara lain.

Lebih Ganteng dari Saudaranya

Sebenarnya, saat ini Wuling telah memiliki model pick up bernama Rongguang dengan pilihan single cab dan double cab. Mobil berdimensi panjang 5.220 mm lebar 1.760 mm dan tinggi 1.900 mm ini dibekali 1.500 cc dan 1.800 cc. Meski demikian, kekurangan dari Wuling Rongguang adalah desainnya yang ‘biasa’.

Dikutip dari GM Authority, (22/1/2021) Wuling Journey bakal hadir sebagai model yang benar-benar baru. SGMW memposisikan mobil ini sebagai pick up kawula muda, untuk memenuhi kebutuhan mobilitas wirausahawan muda. So, dari sisi penampilan juga bakal berbeda dengan Rongguang.

>>> Wuling Selamatkan Penjualan GM di China

Gambar Sketsa Wuling Journey tampak samping depan

Tampilannya mirip siapa?

Gambar resmi pertama di atas menunjukkan bahwa Wuling Journey memiliki bahasa desain yang sangat mirip dengan kendaraan komersial merek lainnya, dengan format persegi dan garis bodi yang sederhana, yang difokuskan terutama pada kepraktisan. Logo 5 berlian di bagian depan masih menggunakan warna merah menjadi indikasi model ini khusus untuk pasar lokal, bukan model global yang menggunakan logo 5 berlian silver. By the way, soal logo bukan sesuatu yang sulit direvisi jika model ini menjadi model global.

Dari tampilan luarnya, Wuling Journey pick up tampak kokoh dengan akses dan akomodasi yang praktis. Bodi kabin gandanya bisa mengangkut lima orang sekaligus. Sedangkan kargo di bagian belakang juga menunjukkan sistem yang sangat fleksibel. Dari sisi dimensi mobil ini memiliki panjang keseluruhan 5.105 mm, lebar 1.640 dan tinggi 1.811 mm, dengan jarak sumbu roda 3.160 mm.

Mesin 1.500 cc

Untuk performa, Wuling Journey akan dilengkapi dengan mesin 1.5L Naturally Aspirated yang menghasilkan tenaga maksimum 98 Hp dengan transmisi manual 5 percepatan. Menurut SAIC mesin ini hemat bahan bakar dan memenuhi peraturan emisi B6 dari pemerintah China.

Wuling Journey pick up dipastikan meluncur tahun 2021. Namun hari dan tanggal tepatnya masih dirahasiakan SGMW. Diharapkan mobil ini meluncur dalam beberapa minggu lagi sehingga bisa dijual di paruh pertama tahun ini, meski hanya di pasar China. Kedepan apakah model ini juga bakal merambah pasar Indonesia, layak untuk dinanti.

>>> Cari dan temukan mobil Wuling impianmu di sini!

Gambar Sketsa Wuling Journey bagian belakang

Kargo yang terlihat kokoh, namun praktis

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top