Wuling Heran, Belum Ada Konsumennya Jual Mobil Di Dealer Mobil Bekas

01/11/2018

Pasar mobil
Wuling Heran, Belum Ada Konsumennya Jual Mobil Di Dealer Mobil Bekas
Sebagai pemain baru, pencapaian Wuling di Indonesia terbilang positif. Hanya dengan dua model Confero dan Cortez, Wuling sukses masuk barisan mobil paling laris di Indonesia. Tidak hanya mewarnai persaingan di pasar mobil baru, Wuling juga memberikan dampak signifikan terhadap pasar mobil bekas. Sayang, hingga saat ini belum ada mobil Wuling di dealer mobil bekas.

Foto model bersama Wuling Confero S di pameran GIIAS 2018

Wuling Confero S yang sangat diandalkan bersaing di segmen low MPV

Sejak kehadirannya di Indonesia pada pertengahan 2017 penjualan Wuling terus mengalami tren peningkatan. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat wholesales Wuling sejak Januari hingga September 2018 mencapai 12.317 unit. Wuling Confero S memberi kontribusi besar dengan penjualan sebanyak 7.685 unit.

Yang cukup mengherankan, meski sudah ribuan unit Wuling Confero S terjual, sampai saat ini mobil ini masih sulit ditemukan di dealer mobil bekas. Beda dengan Xpander yang meski sama-sama baru tapi sudah tersedia di dealer mobil bekas walau jumlahnya tak banyak dan segera hilang lagi dibeli konsumen.

Salah seorang pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua yang namanya enggan ditulis memprediksi banyak pemilik mobil Wuling memilih tidak menjual mobilnya karena khawatir harganya anjlok. Kemungkinan yang lain, pergerakan mobil Wuling di pasar mobil bekas diawasi orang Wuling untuk menjaga popularitas. Barangkali ada konsumen yang mau menjual mobilnya ke dealer mobil bekas langsung segera dibeli.

"Karena kalau harga bekasnya jatuh, pasti popularitasnya turun,” tuturnya kepada salah satu awak media belum lama ini.

>>> Bukan Avanza Atau Xenia, Ini Mobil Bekas Paling Dicari Orang Indonesia

Foto Mitsubishi Xpander di dealer mobil bekas

Mitsubishi Xpander sudah tersedia di dealer mobil bekas meski jumlahnya masih minim

Sementara itu pihak Wuling saat dimintai tanggapan terkait ketiadaan mobil Wuling di dealer mobil bekas mengaku tidak mengetahui apa penyebabnya. Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani membantah kalau Wuling mengawasi konsumen yang mau menjual mobilnya yang sudah dibeli hanya untuk menjaga harga jual.

“Kalau mau menukar mobil merek lain dengan mobil baru Wuling, di beberapa dealer bisa. Tapi kalau dealer membeli mobil bekas Wuling untuk menjaga harga jualnya agar tidak jatuh, saya belum pernah dengar,” kata Dian belum lama ini.

Dian menambahkan dealer resmi Wuling saat ini hanya fokus mengurusi penjualan mobil baru dan memberikan layanan perawatan atau servis, bukan mengurusi penjualan mobil yang telah dibeli konsumen. Meski saat ini, skema pembelian Wuling Confero S paling banyak adalah pembelian kredit, itu tidak akan menghalangi keinginan konsumen yang ingin menjual mobilnya. Dealer bisa menerima oper kredit konsumen kepada pihak lain.

“Kalau dijual bisa saja, tapi oper kredit. Saya memang enggak mengerti, kenapa belum ada orang yang menjual mobilnya. Apakah dia sudah nyaman dengan produk kami atau seperti apa, kami harus studi terlebih dahulu,” terangnya.

>>> Test Drive Wuling Confero S 1.5L 2018 MT, baca reviewnya di sini!

Foto Dealer Wuling Motors Arista Cikarang tampak mewah

Dealer Wuling Motors fokus pada penjualan mobil baru

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top