WRC Siapkan Kategori Rally1, Beralih ke Teknologi Hybrid Mulai 2022

05/04/2021

Pasar mobil

5 menit

WRC Siapkan Kategori Rally1, Beralih ke Teknologi Hybrid Mulai 2022
World Rally Championship menuju era baru, dengan FIA mengonfirmasi komitmen tim dan pabrikan untuk beralih ke powertrain hybrid, yang akan memulai debutnya pada musim 2022 dengan kategori Rally1.

Kategori WRC Rally1 terus mendapatkan momentum jelang perkenalannya musim 2022. Dengan komitmen dari pebrikan WRC saat ini melanjutkan persetujuan regulasi teknis oleh World Motor Sport Council dan konfirmasi detail Safety Cell setelah konklusi dari crash test.

>>> Indonesia Dapat Jatah 126 Toyota GR Yaris, Bisa Dipesan Mulai 25 Maret

Setujui kontrak tiga tahun, dimulai 2022

Adapun kontrak tersebut meliputi pembagian biaya pengembangan teknologi WRC Rally 1, yang akan berfokus ke safety, manajemen biaya, dan penerapan teknologi ramah lingkungan.

Pabrikan yang ada di WRC musim ini, Toyota, Hyundai, dan Ford M-Sport telah menyetujui serangkaian hal penting dalam bentuk kontrak baru, yang meresmikan kolaborasi antara pemangku kepentingan World Rally Championship, pabrikan, promotor, dan FIA, yang sudah digodok sejak 2019.

Mobil WRC 2021

Tiga pabrikan WRC saat ini menyetujui regulasi WRC Rally1 yang dimulai 2022 nanti

Dalam inisiatif terbaru ini, FIA dan pabrikan World Rally Championship akan bersama-sama mengembangkan teknologi hybrid yang akan dipakai oleh mobil WRC generasi terbaru. Melalui perjanjian ini, para peserta World Rally Championship juga akan menatap tahun 2022 dengan empat slot klausul dengan masing-masing pabrikan dan FIA mendapatkan satu slot.

Sembari mengamankan komitmen dari ketiga pabrikan sampai 2024, regulasi WRC Rally1 juga menegaskan tekad FIA untuk mengembangkan solusi yang stabil dan efektif secara biaya di tengah masa sulit secara komersial.

“FIA World Rally Championship menyongsong tonggak penting dengan mobil generasi baru, Rally1, yang hadir pada tahun 2022. Peralihan ke powertrain plug-in hybrid merefleksikan tren terbaru di teknologi otomotif, dan di saat bersamaan membuat olahraga ini lebih berkelanjutan,” ujar Presiden FIA, Jean Todt.

“Hal ini dimungkinkan berkat upaya bersama pabrikan dan FIA. Fakta bahwa ketiga merek yang terlibat di kejuaraan berkomitmen untuk tiga tahun lagi, membuktikan bahwa balapan reli menuju arah yang tepat.”

>>> WRC Monte Carlo: Ogier Menang, Toyota Finis 1-2

Detail regulasi teknis WRC Rally 1

Regulasi WRC Rally1 yang akan diterapkan di kejuaraan World Rally Championship musim 2022, memiliki beberapa ubahan teknis yang ditujukan pada peningkatan keselamatan dan penerapan teknologi ramah lingkungan.

Beberapa ubahan penting di antaranya perombakan struktur roll-cage yang meliputi pemasangan double-hoop untuk meningkatkan kekuatan cage, safety cell, dan door bars yang diperkuat untuk meminimalkan risiko cedera yang didapat dari kecelakaan.

Regulasi teknis WRC 2022

Detail regulasi Rally1 yang akan diterapkan WRC mulai 2022

Dan seperti dijelaskan di atas, WRC Rally1 akan mengadopsi teknologi hybrid unit yang terdiri dari MGU (Motor Generator Unit) 650 Volt yang menghasilkan tenaga 130 HP (100 kW) dan torsi 180 Nm, baterai berkapasitas 3.9 kWh dengan inverter.

Komponen ini disatukan dalam sebuah cangkang yang dibuat dari material sealed carbon fiber, dan ditaruh di bagian belakang kabin. Nantinya, powertrain ini akan diduetkan dengan mesin 1.600cc turbo, dengan performa mesin maksimal 380 HP.

Powertrain baru ini mengadopsi teknologi KERS (Kinetic Energy Recovery System) yang lebih dulu popular di Formula 1 untuk mengalirkan tenaga ke motor, yang bertugas meningkatkan performa mobil dalam tiap stage.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda simak di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top