Wow! Biaya Ganti Ban Bugatti Veyron Setara Harga Toyota Fortuner Baru

16/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Wow! Biaya Ganti Ban Bugatti Veyron Setara Harga Toyota Fortuner Baru
Sejalan harga mobil barunya yang dibanderol selangit, siapa sangka biaya setiap penggantian ban Bugatti Veyron setara dengan harga Toyota Fortuner terbaru.

Punya harga dengan banderolan lebih dari 2 juta dolar atau setara Rp 30 miliar tentu saja biaya perawatan supercar yang kencang ini tak main main.Contohnya untuk sekali penggantian ban saja bahkan seharga dengan membeli mobil baru. Teknologi dan perawatan yang ekstra hati-hati bisa menjadi penyebab membengkaknya biaya ganti ban Bugatti Veyron saat ini. 

Direkatkan pada velg

Dilansir dari Motor1, Bugatti Veyron menggunakan ban Michelin Pilot Sport PAX yang harus dipersan lebih dahulu unuk Bugatti. Berbeda dengan roda mobil lainnya, Bugatti merekatkan ban kepada velg. Perekat ini membutuhkan penggantian kira-kira setiap 16 bulan untuk memastikan segel yang dipakai tetap berada dalam kondisi yang baik, terlepas apakah sang pemilik pernah mengendarai mobilnya atau hanya diletakkan di garasi.

Nama PAX yang ditanamkan pada ban khusus Michelin ini mengacu pada sistem run-flat Michelin yang menempatkan sisipan kandungan bernama poliuretan dan karet di antara interior ban dan velg. Bahkan jika ban mobil dihantam paku atau di tusuk, benda ini mampu menopang kendaraan dan membuat mobil terus melaju.

>>> Beli Ban Bridgestone Lewat Online Semakin Mudah, Bisa Diantar Langsung!

Semua teknologi ini diperlukan untuk mengatasi kecepatan dan tenaga yang dikeluarkan mobil dan berefek pada ban Veyron pada kecepatan tinggi. Saat kecepatan bertambah, ada lebih banyak gesekan antara roda dengan jalan dan mengakibatkan udara di dalam ban memanas sehingga meningkatkan tekanan pada ban. Apalagi Veyron memiliki karet terluas dibandingkan model lainnya, berukuran 14,4 inci.

Ketika membawa mobil dengan kecepatan tertinggi, ban mobil akan berjuang melawan gaya gravitasi 1.3 G dan hanya bertahan selama 15 menit sebelum akhirnya meledak atau bocor. Sebagai perbandingan, Veyron pernah mencatatkan rekor sebagai kendaraan produksi yang legal dibawa ke jalanan tercepat. Bisa menembus hingga 431,072 km/jam.

>>> TNI AD Kembangkan Ban Tanpa Udara Antikempes Sekaligus Antipeluru!

Seharga Toyota Fortuner baru

Setiap mengganti ban, pemilik Bugatti Veyron harus mengeluarkan harga hingga $ 42.000 (atau sekitar Rp 620 jutaan). Harga yang setara dengan sebuah Toyota Fortuner 4x4 yang baru mendapatkan ubahan beberapa waktu lalu. Harga yang tak mengherankan jika dibandingkan dengan harga mobil baru Bugatti Veyron yang selangit.

mobil baru Bugatti Veyron di jalanan
Bugatti Veyron mampu melesat hingga 431 km/jam

Harga penggatian ban merupakan satu bagian dari daftar keluaran hampir seharga mobil dalam merawat supercar ini. Untuk setiap servis berkala, biaya mengganti semua oli maupun cairan di dalam mobil dibanderol $ 25.000 (sekitar 369 jutaan). Bahkan pemilik harus mengeluarkan uang $ 22.000 (sekitar Rp 325 jutaan) ketika mengganti tangki bahan bakar dengan tambahan $ 20.000 (sekitar Rp 295 jutaan) untuk biaya pengerjaan.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Bugatti Hentikan Rencana Supercar Baru di Tengah Pandemi

07/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen Group berencana tidak meluncurkan supercar baru untuk merek Bugatti. Hal ini membuat mencuat isu Bugatti akan dijual ke produsen hypercar Rimac.

Lihat juga

Hongqi S9 PHEV Jadi Mobil Termahal Seantero China, Bakal Saingi Bugatti?

01/09/2020

Mobil baru

4 menit

Hongqi mengumumkan akan membuat salah satu mobil termahal lewat hypercar Hongqi S9 PHEV. Dengan kecepatan tingginya, mobil bakal saingan dengan Bugatti.

Lihat juga

Apa yang Membuat Mobil-mobil Bugatti Punya Harga Sangat Mahal?

06/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Merek mobil Bugatti sudah dikenal akan harganya yang sangat fantastis dan hanya bisa dimiliki oleh para konglomerat. Apa yang membuat mobil tersebut mahal?

Lihat juga

Bugatti Divo Mulai Diproduksi, Cuma Dibuat 40 Unit!

07/08/2020

Mobil baru

3 menit

Dua tahun setelah kemunculan pertamanya, produksi Bugatti Divo telah berlangsung dengan unit pertama keluar dari Molsheim. Adapun hypercar ini cuma dibuat 40 unit saja.

Lihat juga

Cristiano Ronaldo Beli Bugatti Centodieci untuk Rayakan Kemenangan Juventus

02/08/2020

Event - Promosi

5 menit

Cristiano Ronaldo belum lama ini dikabarkan membeli sebuah Bugatti Centodieci untuk merayakan kemenangan Juventus di Serie A untuk yang kesembilan kalinya.

Lihat juga