WEY Mocha, SUV Mewah Berteknologi 'Kopi'

16/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Namanya mirip kopi Arabica Yaman, WEY Mocha bakal menjadi model pertama SUV mewah yang menggunakan teknologi Coffee Intelligence ciptaan Great Wall Motor (GMW) China.

Great Wall Motor (GWM) kurang familiar bagi orang Indonesia. Tapi jangan salah, GMW merupakan salah satu group produsen otomotif terbesar di China. Di bawahnya ada merek GMW, Haval, ORA, serta WEY yang hanya fokus pada SUV premium dan berkelas. Saat ini WEY tengah mempersiapkan SUV mewah terbaru bernama Mocha. Bahkan teaser perdananya sudah dipublikasikan secara resmi.

Seperti Nama Kopi

Dari namanya Mocha mirip kopi Arabica Yaman. Meski demikian penggunaan nama Mocha hampir tidak ada hubungannya dengan varietas kopi tertua di dunia itu. Mocha mengacu pada salah satu merek teknologi buatan GMW yang diluncurkan pada Juli 2020, yaitu Coffee Intelligence.

Coffee Intelligence adalah sistem cerdas untuk mobilitas masa depan, mencakup kabin cerdas, mengemudi cerdas, dan arsitektur elektronik / listrik cerdas. Fokus dari teknologi ini adalah menciptakan kendaraan yang cerdas dan nyaman dikendarai serta nyaman dioperasikan oleh pengemudi. Dan sesuai rencana, sistem "Coffee Intelligence" akan diterapkan pada model unggulan WEY terlebih dahulu, untuk kemudian diperkenalkan secara berturut-turut ke semua merek dan model GWM di masa mendatang.

>>> Great Wall Motors Ingin Jadikan Thailand Pusat Mobil Listrik di ASEAN

Foto menunjukkan logo WEY

WEY, brand GWM yang fokus pada SUV mewah

Mengutip artikel penjelasan dari Gasgoo, (14/1/2021) WEY Mocha akan dilengkapi dengan chipset otomotif Qualcomm 8155, AR-HUD (tampilan head-up augmented-reality), pengontrol domain mengemudi otonom Level 3 serta kelas otomotif 5G + Sistem V2X dan LiDAR.

Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China mengungkap, SUV mewah yang bakal segera diluncurkan ini memiliki dimensi panjang 4.875 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 1.690 mm, lebih besar dari WEY VV7. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.915 mm, lebih pendek dibandingkan sumbu roda 2.950 mm milik VV7.

Secara detail spesifikasi Mocha masih dirahasiakan. Dari beragam kemungkinan mobil ini akan datang dalam versi pembakaran bahan bakar dan hibrida plug-in (PHEV). Bahan bakar minyak ini didukung oleh mesin E20N 2.0T yang memompa hingga 157 kW dan menggunakan siklus Miller untuk menghasilkan efisiensi termal lebih dari 38%. Sedangkan versi PHEV akan mendapatkan tenaga melalui upaya gabungan dari mesin E20N 2.0T dan motor listrik.

Penjualan WEY

Secara global penjualan mobil Great Wall Motor (GWM) tahun 2020 mencapai 1.111.598 unit. Khusus untuk merek WEY mobil yang terjual sebanyak 78.500 unit. WEY juga menjadi merek SUV mewah dari China pertama yang mencapai angka penjualan 400.000 unit. WEY mengandalkan 3 model utamanya yaitu VV5, VV6, dan VV7 (termasuk versi GR, PHEV, dan GR PHEV).

>>> 7 Pilihan Mobil SUV Paling Irit dan Murah di Indonesia

Foto WEY VVT7 GT tampak dari samping depan

WEY VVT7 GT, salah satu SUV mewah andalan Great Wall Motors

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top