WEC Rilis Entry List Musim 2021, 33 Mobil Akan Bertarung

23/01/2021

Pasar mobil

7 menit

WEC Rilis Entry List Musim 2021, 33 Mobil Akan Bertarung
FIA World Endurance Championship meluncurkan entry list WEC untuk musim 2021, dan dari daftar tersebut hanya ada lima mobil LMH, termasuk duo Toyota GR010 Hybrid.

Jelang seri pertama di Sebring pada 19 Maret mendatang, FIA merilis entry list WEC musim 2021. Total akan ada 33 mobil bertarung di empat kelas berbeda, yakni Le Mans Hypercar (LMH), LMP2, GTE Pro, dan GTE Am.

Dari 33 mobil yang akan turun di WEC musim 2021, lima di antaranya tergabung di kelas LMH, 11 di kelas LMP2, 4 mobil di GTE Pro, dan 13 mobil di GTE Am. Lalu, bagaimana peta persaingan di tiap-tiap kelas? Simak ulasan yang telah disusun oleh redaksi Cintamobil.com berikut ini.

>>> Toyota Luncurkan Mobil Balap Hypercar GR010 Hybrid, Debut WEC 2021

Le Mans Hybrid (5 mobil)

Sebagai kategori baru yang debut di WEC musim 2021, Le Mans Hybrid masih minim peserta. Sampai saat ini, baru tiga tim yang mengonfirmasi tempat di suksesor LMP1 sebagai kategori tertinggi FIA WEC.

Toyota GR010 Hybrid

Toyota sudah meluncurkan mobil LMH musim 2021, GR010 Hybrid

Yang pertama jelas saja Toyota Gazoo Racing. Tim yang mendominasi WEC LMP1 selama beberapa tahun terakhir sudah meluncurkan Toyota GR010 Hybrid, dan menurunkan dua mobil tahun ini, line-up pembalap tahun lalu juga sudah dipastikan bertahan.

Toyota akan mendapat perlawanan sengit dari Scuderia Cameron Glickenhaus, yang juga menurunkan dua mobil Glickenhaus 007 LMH dengan bantuan Joest Racing yang bertanggung jawab untuk operasional tim.

Tim balap LMH Glickenhaus, yang akan dioperasikan oleh Joiest Racing

Joest racing akan mengoperasikan tim balap Glickenhaus di LMH 2021

Joest Racing? Yup, tim sarat pengalaman yang sukses di ajang WEC bersama Audi dan Porsche, itu akan mengarahkan tim Glickenhaus menjadi salah satu rival kuat Toyota musim ini. Soal pembalap, SCG sudah mengonfirmasi masing-masing satu pembalap di line-up nya, Gustavo Menezes di mobil #708 dan Ryan Briscoe di mobil #709.

Sedang satu mobil lagi menjadi milik Alpin Elf Matmut, yang menurunkan satu sasis Alpine A480 dengan Andre Negrao jadi salah satu dari tiga pembalap yang telah dikonfirmasi untuk mengendarai mobil dengan nomor start #36 ini.

ByKolles WEC 2021

Sementara itu, ByKolles memutuskan untuk batal turun di musim pertama WEC LMH

Sementara itu, ByKolles yang tahun sebelumnya turun part-time di Spa dan Le Mans untuk kategori LMP1 musim 2020 itu secara mendadak batal menurunkan mobil di musim perdana LMH.

LMP2 (11 mobil)

Untuk WEC musim 2021, setidaknya ada 11 mobil LMP2 yang balap full-time milik 10 tim, dengan JOTA menjadi satu-satunya tim yang menurunkan dua buah mobil.

Jota Sport 2021 Sean Gelael

Sean Gelael akan tampil satu musim penuh bersama JOTA Racing di kategori LMP2

Salah satu mobil JOTA akan diisi oleh trio Sean Gelael, Stoffel Vandoorne, dan Tom Blomqvist, ketiganya akan mengendarai mobil #28. Sementara itu, mobil kedua #38 akan dikendarai Anthony Davidson, Antonio Felix da Costa, dan Roberto Gonzales.

Pemenang Le Mans 24 jam 2020 dan juara WEC LMP2 musim 2019-2020, United Autosport, tetap mempetahankan line-up satu mobil yang berisikan Philip Hanson, Filipe Albuquerque, dengan pembalap Swis, Fabio Scherer jadi anggota ketiga tim.

Richard Mille Racing LMP2

Richard Mille Racing akan menurunkan tiga pembalap wanita di WEC musim 2021

Begitu juga DragonSpeed USA, yang merekrut mantan pembalap Formula 1, Juan Pablo Montoya ke dalam skuat. Musim ini juga kembali menghadirkan Richard Mille Racing Team dengan line-up pembalap wanita dengan Tatiana Calderon, Sophia Floresch, dan Beitske Visser.

>>> Aston Martin mundur dari GTE Pro setelah akhir musim 2021

GTE Pro (4 mobil)

Setelah kehilangan BMW dan Ford di musim sebelumnya, kini giliran Aston Martin yang meninggalkan kategori GTE Pro pada akhir 2020. Alhasil, kini kelas premier balap GT itu kini tinggal menyisakan dua tim saja untuk WEC musim 2021.

Adalah Porsche dan Ferrari yang masih bertahan di tim kategori GTE Pro untuk musim 2021, masing-masing menurunkan dua mobil yang berarti total empat mobil di musim ini, paling sedikit sejak era WEC dimulai pada tahun 2012.

Porsche dan Ferrari GTE Pro Le Mans 2020

Sepeninggal Ford, BMW, dan Aston Martin, GTE tinggal menyisakan Porsche dan Ferrari

Ferrari masih dipegang AF Corse yang menurunkan dua Ferrari 488 GTE Evo, James Calado dan Alessandro Pier Guidi mengendarai mobil #51, sedang Miguel Molina dan Daniel Serra berada di balik kemudi mobil #52.

Porsche mengandalkan 911 RSR-19, dengan Gianmaria Bruni, yang pernah menang Le Mans 2011 bersama Ferrari, dan Richard Lietz mengendarai mobil #91, sedang Kevin Estre dan Neel Jani berada di balik kemudi 911 RSR #92.

GTE Am (13 mobil)

Meski mundur dari kelas GTE AM, Aston Martin tetap menurunkan tim di GTE Am. Setidaknya ada tiga Aston Martin Vantage AMR yang berlaga dari line-up 13 mobil GTE Am musim 2021, satu milik TF Sport, satu milik D’station Racing, dan satu lagi milik Aston Martin Racing.

Aston Martin LMGTE 2020

Sementara itu, Aston Martin masih tetap eksis di WEC meski hanya fokus di kelas GTE Am

10 mobil lainnya dibagi rata Porsche dan Ferrari, di mana Porsche menurunkan dua 911-RSR 19 untuk Team Project 1, dua Dempsey-Proton Racing, dan satu sisanya untuk GR Racing. Sementara itu, lima Ferrari 488 GTE Evo juga diplot dua untuk tim AF Corse, dua untuk Iron Lynx, dan satu sisanya Cetilar Racing.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top