WEC Rampungkan Regulasi ‘Hyper Sport’ Musim 2020-2021

17/06/2019

Pasar mobil

5 menit

WEC Rampungkan Regulasi ‘Hyper Sport’ Musim 2020-2021
Automobil Club de l’Ouest (ACO) dengan FIA telah menetapkan regulasi musim perdana FIA World Endurance Championship (WEC) kategori Hypercar, yang akan memulai debutnya musim 2020-2021.

Seperti perkiraan, WEC membuka kelas tertingginya untuk mobil prototype khusus dan mobil yang berbasis dari mobil hypercar jalanan, dengan catatan setidaknya 20 unit mobil terjual dalam waktu dua tahun.

Belum ada pabrikan yang diumumkan saat konfirmasi regulasi hypercar WEC, namun Aston Martin serta Toyota langsung menegaskan komitmen mereka sesaat setelah pengumuman.

>>> Melewatkan Le Mans 24 jam? Simak hasilnya di sini

Menurut ACO, regulasi hypercar WEC dibuat untuk membangun kelas tertinggi dengan tingkat persaingan setara, dan membatasi keuntungan performa yang bisa didapat melalui investasi besar, dan menarik minat tim atau pabrikan menurunkan masing-masing dua mobil dalam lima tahun.

Toyota GR Super Sport warna putih

Penampakan mobil konsep Toyota GR Super Sport

Dalam presentasi yang juga berbarengan dengan akhir pekan Le Mans 24 jam, WEC menggunakan terminologi “hyper sport” untuk kategori ini, namun untuk nama resminya belum dipastikan.

Salah satu poin teknis penting dalam regulasi hypercar WEC adalah bobot mobil yang turun jadi 1100kg, dan perubahan tenaga mesin jadi 760 dk agar mobil pengganti LMP1 itu dapat menuntaskan satu lap La Sarthe dalam waktu 3 menit 30 detik.

>>> Temukan mobil favorit Anda dengan harga terbaik di sini

Sistem hybrid memang tidak diwajibkan, namun bagi mobil yang memilih konsep ini tidak boleh menggunakan motor listrik bertenaga lebih dari 273 dk, BoP ala GTE juga diterapkan agar mobil hybrid dan non-hybrid memiliki performa setara.

Selain itu, ada juga pengkuruan tertentu untuk sistem hybrid untuk menetapkan keuntungan mobil penggerak empat roda ketimbang mobil penggerak dua roda. Tim serta pabrikan juga diberikan fleksibilitas terhadap mesin, di mana hypercar prototype diperkenankan membuat desain khusus, atau turunan dari mobil jalanan yang telah dimodifikasi.

>>> Simak berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Sementara itu, hypercar berbasis mobil jalanan akan menggunakan versi yang berbasis mobil aslinya, atau yang telah didesain pabrikan. Untuk menjaga tingkat kompetisi, FIA dan ACO juga menetapkan regulated power curve dan pemasok bahan bakar tunggal. Beralih ke desain mobil, para pabrikan diberi kebebasan untuk merancang body dan underbody mobil, selama itu tidak mempengaruhi keselamatan balapan.

Aston Martin Valkyrie AMR Pro dipamerkan di Geneva Motor Show

Salah satu mobil yang telah dipastikan berlaga pada musim perdana Hypercar, Aston Martin Valkyrie

“Ada banyak sekali kerja keras dari banyak orang, dan hari ini kami dapat menghadirkan regulasi hypercar WEC 2020,” ungkap Presiden komisi Endurance FIA, Richard Mille.

“Prinsip regulasi ini adalah persaingan yang terjamin antara kompetitor, anggaran yang terkontrol, serta mobil balap menakjubkan. Ketoga poin ini akan dipenuhi regulasi hypercar. Ada banyak sekali ketertarikan dari pabrikan, dan fans dapat mengidentifikasi dengan mudah mobil-mobil baru yang akan hadir di trek pada awal musim 2020-2021.”

Ingin tahu mobil apa saja yang kemungkinan terlibat di kelas baru WEC dengan hadirnya regulasi hypercar WEC? Simak terus Cintamobil.com untuk menemukan update terbarunya.

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top