Waze Uji Coba Fitur Baru di Apple CarPlay yang Lebih Baik dari Google Maps

23/11/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Waze Uji Coba Fitur Baru di Apple CarPlay yang Lebih Baik dari Google Maps
Perang antara Google Mpas dan Waze sepertinya tidak pernah berakhir. Selalu saja ada hal baru yang coba ditawarkan satu diantara keduanya untuk jadi yang terbaik. Kini Waze pun menantang Google Maps dari para pengguna Apple CarPlay.

Seiring perkembangan teknologi informasi, sejumlah fitur yang tersemat pada kendaraan bermotor pun turut berkembang. Bahkan boleh dibilang mobil-mobil modern kini semakin 'pintar' lantaran beragam sensor telah tertanam pada kendaraan roda empat tersebut. Baik untuk sekedar menghibur pengemudi maupun penumpang selama perjalanan, hingga fitur yang bisa memproteksi dari risiko cedera parah ketika terjadi kecelakaan.

Dan satu dari sekian banyak teknologi yang disuntikkan pada mobil adalah ketersediaan fitur Apple CarPlay. Apple yang sebelumnya hanya fokus pada pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, melalui CarPlay juga merambah ke industri otomotif. Dengan teknologi ini pulalah memungkinkan penggunanya bisa mengakses banyak aplikasi digital seperti memutar musik atau video hingga peta navigasi.

Sayangnya pengguna Apple CarPlay harus bersabar, karena untuk apliksi peta digital dengan fitur terlengkap dan terbaru cuma bisa memanfaatkan navigasi buatan Google. Tidak seperti Google Maps yang sudah disediakan versi dashboard support, maka untuk Waze hal tersebut belum bisa dilakukan.

>>> Waze Sempat Tak Bisa Diakses Pengemudi Selama 1 Jam

Waze Sediakan Versi Terbaru untuk Apple CarPlay

Waze di headunit Apple CarPlay

Waze mulai rilis versi beta dashboard support untuk CarPlay

Dikutip dari Autoevolution, Senin (23/11/2020), versi dashboard support untuk Waze di Apple CarPlay selama ini tidak bisa dilakukan Pihak Apple baru mengizinkan Google Maps sebagai aplikasi pihak ketiga yang dapat terpasang di CarPlay. Waze pun baru mengumumkan jika akhirnya mereka saat ini sudah dalam tahap pengujian untuk aplikasi yang bisa hadir di CarPlay.

Tapi kalau mau mencoba versi dashboard support Waze untuk CarPlay, pengguna baru bisa mengunduh versi Beta dari aplikasi tersbeut. Namun tidak dijelaskan kapan aplikasi tersebut akan benar-benar bisa berjalan seutuhnya seperti ketika Anda mengakses Waze melalui ponsel.

>>> Bisa Anda Coba, Manfaatkan Aplikasi Waze untuk Atasi Aturan Ganjil Genap

Janjikan Fitur Lebih Lengkap dari Google Maps

Google Maps di Apple CarPlay

Waze mengklaim akan memberikan pengalaman lebih lengkap bagi para penggunanya

>>> Review Mercedes-Benz V-Class 2019: MPV Super Mewah ‘Auto Kaya’

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, namun Waze mengumumkan jika aplikasi yang akan terpasang di Apple CarPlay ini bakal dilengkapi informasi lebih lengkap. Pengguna bukan cuma bisa melihat peta atau menentuka rute ke satu titik lokasi tertentu. Melalui Waze, para pengguna CarPlay nantinya dapat menghindari lalu lintas yang padat, mengukur batas kecepatan kendaraan, sampai menghindari bahaya lain di jalan yang memungkinkan bisa memperlambat untuk tiba di lokasi yang telah ditentukan.

Sayangnya Waze masih tetap bungkam kapan versi utuh dari aplikasi untuk CarPlay itu tersedia. Tapi jika Anda ingin mencobanya, bisa pengunduh Waze versi 4.68.90. Nantinya pihak Waze akan menawarkan apakah Anda ingin mencoba menguji versi beta untuk dashboard support untuk terpasang di headunit yang support Apple CarPlay.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Waze Punya Navigasi Suara dari Pembalap F1

16/11/2020

Pasar mobil

5 menit

Suara dari pembalap F1 Sergio Perez dijadikan fitur baru pada navigasi di aplikasi Waze. Suara ini nantinya akan memberikan arahan kepada para penggunanya untuk melewati rute jalan menuju lokasi yang telah ditentukan, infomrasi jika ad akemacetan lalu lintas, sampai informasi kecepatan kendaraan.

Lihat juga

Cara Mengetahui Lokasi Tilang Elektronik Pakai Aplikasi Waze

03/03/2020

Pengemudian

5 menit

Lokasi tilang elektronik terus bertambah, yang tentunya diharapkan turut meningkatkan kesadaran pengguna jalan untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Karena jika terekam kamera CCTV serta terbukti melanggar peraturan lalu lintas, Anda tak mungkin lagi mengelak.

Lihat juga

Tampilan Perdana Google Maps dan Waze Pada iOS 12 Apple CarPlay

23/09/2018

Pengemudian

Dengan iOS 12 baru, Apple menambahkan dukungan untuk layanan pemetaan atau navigasi dari pihak ketiga, yaitu Google Maps. Penambahan ini membuat pengguna Apple CarPlay bisa menggunakan navigasi asli Google tersebut.

Lihat juga

Update Google Maps Terbaru Sudah Tersedia untuk Apple CarPlay

26/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Bagi pemilik Apple CarPlay maupun iPhone kini sudah bisa mengunduh versi Google Maps terbaru 5.55. Namun jangan kaget kalau mengalami sedikit masalah ketika akan menjalankan aplikasi tersebut untuk pertama kalinya setelah diunduh.

Lihat juga

Android Auto dan Apple CarPlay Lebih Berbahaya Dari Pengemudi Mabuk

23/03/2020

Pengemudian

3 menit

Seiring perkembangan zaman, teknologi mobil semakin maju dengan hadirnya berbagai fitur yang memberikan kenyamanan ketika berkendara. Tapi, bagaimana jadinya jika teknologi tersebut justru jadi hal berbahaya?

Lihat juga
 
back to top