Waze Sempat Tak Bisa Diakses Pengemudi Selama 1 Jam

21/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Waze Sempat Tak Bisa Diakses Pengemudi Selama 1 Jam
Para pengguna Waze sempat mengalami kesulitan untuk mengakses aplikasi tersebut karena hanya muncul pesan error. Bahkan kesulitan ini dialami pengguna di Amerika dan Eropa.

Waze merupakan aplikasi navigasi digital yang begitu populer. Kalau Google punya Google Maps, dan Apple memiliki Apple Maps, maka Waze bisa digunakan pada perangkat berbasis Android maupun Apple. Tak heran kalau aplikasi ini bisa diunduh dan berjalan pada ponsel maupn tablet bersistem operasi Android, beragam tipe iPhone, hingga ke head unit mobil dengan fitur Android Auto atau Apple CarPlay.

Waze banyak disukai karena aplikasi ini selalu menunjukkan situasi kondisi lalu lintas secara real time termasuk komentar dari pengguna jalan lainnya jika terdapat kejadian di beberapa lokasi. Dengan fitur tersebut maka pengguna Waze bisa mengambil rute alternatif jika misalkan pada jalur yang mereka ambil terjadi rintangan yang menyebabkan kemacetan.

>>> Waduh, Samsung Galaxy S20 Tidak Bisa Connect Android Auto

Waze Sempat Error Sekitar 1 Jam

Waze Error

Pengguna keluhkan hanya muncul pesan "Uh-oh!" atau "Something went wrong. Try again"

Namun pengguna aplikasi peta digital itu pada Selasa, 20 Oktober 2020 mengeluhkan jika Waze tidak bisa diakses selama lebih kurang 1 jam. Dikutip dari Autoevolution, Rabu (21/10/2020), para pengguna mengeluhkan, saat mengakses aplikasi ini muncul notifikasi berupa pesan "Uh-oh!" lalu diikuti tulisan "Something went wrong. Try again".

Para pengguna mengaku sudah mencoba untuk menonaktifkan perangkat mobilenya sesaat lalu kemudian menyalakannya lagi. Tetapi pesan tersebut masih juga muncul. Bahkan ada yang mencoba untuk merestart aplikasi tersebut dengan menghapusnya lalu mengunduhnya ulang. Tetapi hasil yang didapat sama saja.

Pesan aneh ini diketahui akan muncul saat pengguna membuka aplikasi tersebut lalu menentukan tujuan lokasi baru untuk mencari rute paling cepat. Dan dikabarkan, keluhan pengguna Waze ini pun bukan cuma terjadi di Amerika Serikat (AS), namun juga beberapa negara lain di Eropa.

>>> Pembaruan iOS 14, Fitur Apple CarKey Siap Dipakai di BMW Terbaru

Belum Ada Tanggapan dari Pihak Waze

Waze on Android Auto

Waze banyak dipakai pengguna Android Auto maupun Apple CarPlay

>>> Review Hyundai Tucson 2021: Transformasi Agresif Bergaya Futuristik

Diperkirakan, keluhan tidak bisa diaksesnya Waze terjadi selama lebih kurang 1 jam sejak pukul 14.57 waktu setempat. Namun selepas dari itu, masih cukup banyak pengguna yang mengeluhkan jika beberapa kali aplikasi ini kehilangan konektifitas meskipun pesan error tersebut sudah hilang.

Ditenggarai problem atas aplikasi mobile tersebut menimpa para penggunanya di AS dan Eropa. Wilayah paling terpengaruh antara lain di Boston, New York, Washington, Paris, dan Belanda. Sayangnya belum ada tanggapan spesifik dari perusahaan penyedia aplikasi tersebut atau pihak terkait lainnya atas keluhan para penggunanya itu.

Sejumlah forum online akhirnya mencoba memberikan solusi untuk bisa menggunakan Waze namun dalam mode offline sehingga tak membutuhkan koneksi internet. Yaitu dengan cara menyetel rute yang akan di tempuh guna mencapai lokasi tertentu, lalu saat pengguna sudah mulai bergerak, ubah aplikasi ke mode offline.

Saat tak ada koneksi internet, tentunya aplikasi ini masih bisa berfungsi demi menentukan rute jalan yang telah dipilih sebelumnya. Tapi informasi data lalu lintas dan laporan dari pengguna Waze lain tidak bisa didapatkan.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top