Waspada! Ini Titik Rawan Macet saat Libur Cuti Bersama

23/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Waspada! Ini Titik Rawan Macet saat Libur Cuti Bersama
Mengantisipasi macet saat libur cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, Polda Metro Jaya petakan sejumlah titik rawan yang mungkin berguna untuk Anda.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memetakan dan mengantisipasi kemacetan libur panjang dan cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW di sejumlah titik rawan. Bagi Anda yang ingin menghindari macet saat libur cuti bersama sebaiknya perhatikan informasikan yang diberikan oleh Dirlantas ini.

>>> Tekan Penyebaran Covid-19, Satlantas Polrestabes Bandung Masih Tutup Sejumlah Ruas Jalan

Gambar menunjukan Polisi di jalan tol

Cawang dan Cikarang Barat bisa jadi rawan macet

Cawang Bisa Menjadi Titik Padat Lalu Lintas

“Titik rawan kemungkinan nanti ada di Cawang, terus Km 10 yang kenaikan elevated (Tol Jakarta-Cikampek), kemudian Cikarang Barat, termasuk juga di Cikarang Utama untuk wilayah Polda Metro ya,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, di Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2020) seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

Selain di ruas jalan tol, Polda Metro Jaya juga mengantisipasi kemacetan di rest area Jalan Tol Jakarta-Cikampek. “Tentu nanti termasuk rest area Km 19, kemudian justru arus baliknya yang kita perkirakan cukup padat, pertemuan dari arah Bandung dan dari arah di Km 62, kemudian juga di rest area dan juga sebagainya, tentu akan kita perkuat di sana,” tambahnya.

>>> Ragam Promo Menarik untuk Mobil Baru di Auto2000 Digiroom

Gambar menunjukan Jalur ke puncak

Jalan menunju ke puncak diyakini juga akan padat

Puncak Arus Mudik Libur Panjang 

Lebih lanjut, Dirlantas memperkirakan puncak arus mudik libur panjang terjadi pada Selasa (27/10) malam hingga Rabu (28/10) pagi. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (1/11).

“Tanggal 28, 29, 30, 31 (Oktober) hari mulai Rabu-Minggu kita akan melaksanakan libur panjang minggu depan, puncak arus mudik liburan kemungkinan Selasa (27/10) malam sampai Rabu (28/10) pagi. Kemudian arus baliknya hari Minggu (1/11) sampai dengan Senin (2/11) Subuh itu arus balik liburan,” jelasnya.

Dirlantas menyebut akan menyiapkan 15 pos pengamanan di sejumlah titik. Selain itu, pihaknya menyiapkan skenario penanganan arus lalu lintas saat libur panjang.

“Kemudian kami sudah menyiapkan skenario contraflow maupun one way. Tentu saja ini akan dikoordinasikan dengan pihak Korlantas karena sangat terhubung dengan Polda Jabar untuk pengamanan di jalan tolnya termasuk juga skenario-skenario misalnya apabila penutupan elevated dan sebagainya tapi ini sifatnya situasional nanti kita lihat perkembangan situasi di lapangan,” tandasnya.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top