Waspada, Ada Temuan Suku Cadang Mobil dari China Sebarkan Covid-19

08/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Waspada, Ada Temuan Suku Cadang Mobil dari China Sebarkan Covid-19
Sebuah temuan kasus jika Covid-19 menyebar melalui salah satu kemasan suku cadang mobil dari China. Laporan ini menyusul adanya temuan sampel kemasan suku cadang yang positif terinfeksi virus.

Pandemi Covid-19 memang belum benar-benar berakhir. Sejumlah negara di Eropa pun terpaksa kembali memberlakukan lockdown karena angka pasien yang terinfeksi virus ini kembali meningkat. Bahkan China sendiri yang mengklaim sudah mulai beraktifitas normal lantaran Covid-19 telah mereda, belum lama ini kembali dihebohkan atas temuan kasus baru.

Kantor Berita Xinhua awal pekan ini waktu setempat melaporkan jika ada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan suku cadang mobil kembali mendapat temuan kasus Covid-19. Bahkan dicurigai, suku cadang mobil dari China yang dipasarkan perusahaan tersebut menjadi mediator penyebaran virus mematikan tersebut.

>>> Honda Luncurkan Filter Udara Kurumaku untuk Bunuh Virus dan Bakteri

Terdeteksi Pada Kemasan Ban Mobil

Toko Ban Mobil

Virus ditemukan menempel pada kemasan ban mobil

Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di Kota Jincheng, Provinsi Shanxi, Cina turut melaporkan jika ada temuan kasus virus corona terbaru. Dan virus ini terdeteksi menyebar melalui kemasan ban mobil yang dipasarkan sebuah perusahaan.

Menindaklanjuti laporan ini, sejumlah sampel kemasan ban mobil tersebut pun diperiksa pihak terkait. Hasilnya menunjukkan jika pada kemasan positif terdapat Covid-19. Alhasil, perusahaan yang memasakan suku cadang mobil dari Negeri Tirai Bambu itu melakukan screening terhadap personel dan karyawannya yang mungkin sudah melakukan kontak dengan kemasan ban mobil yang terinfeksi.

Pendeteksian jaringan orang yang sudah melakukan kontak terhadap barang ini juga terus dilakukan hingga ke toko-toko yang menjual ban tersebut. Hasilnya, di salah satu toko ditemukan kemasan ban mobil yang juga positif terinfeksi Covid-19.

>>> Bahaya Menggunakan Ban Gundul

Disinyalir Akibat Satu Karyawan yang Terinfeksi Covid-19

Mengganti Ban Mobil

Karyawan itu bekerja di bagian penjualan ban mobil

>>> Review DFSK iX5 2018: SUV Kompak Anyar Mewah dari Cina

Tim pengendalian dan penceghan penyakit di kota ini pun kabarnya terus melakukan uji sample terhadap semua pihak yang menjual produk ban tersebut. Alhasil, tiga sampel ditemukan juga positif Covid-19. Ketiga sampel ini ditemukan di Kota Cangzhou di Provinsi Hebei, di Yantai, dan di Linyi Provinsi Shandong.

Sementara di perusahaan yang menjual suku cadang itu telah dilakukan uji asam nukleat terhadap seluruh karyawannya di semua lini bagian. Dan dicurigai, virus corona ini menyebar melalui satu karyawan yang memang didiagnosis positif Covid-19. Ia juga terbukti melakukan kontak dengan beberapa paket suku cadang mobil yang dipasarkan oleh perusahaan tersebut.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Situasi COVID-19 Belum Kondusif, F1 GP Australia 2021 Terancam Batal

06/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Setelah musim lalu batal di detik-detik akhir, seri pembuka F1 Musim 2021, GP Australia, terancam kembali batal digelar karena situasi COVID-19 belum kondusif.

Lihat juga

Penjualan Mobil Bekas Melonjak Tajam di Tengah Pandemi Covid-19

16/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Situasi sulit akibat pandemi Covid-19 justru menyebabkan terjadinya lonjakan jual beli mobil bekas. Mengapa bisa demikian penjualan mobil bekas meningkat?

Lihat juga

Uber Ingin Pengemudi Jadi Prioritas Utama Penerima Vaksin COVID-19

15/12/2020

Pasar mobil

2 menit

Penyedia layanan taksi online di Amerika, Uber, menyebutkan bahwa mereka sedang berusaha memprioritaskan pengemudinya untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Lihat juga

Cegah Covid-19, Tata Motors India Bungkus Mobil Baru Pakai Plastik

12/12/2020

Pasar mobil

2 menit

Tata Motors India gunakan gelembung plastik untuk membungkus mobil baru, menghindari kontak fisik karyawan dan pelanggan serta mencegah peyebaran COVID-19.

Lihat juga

Buka Tutup Jendela Bisa Pengaruhi Penularan COVID-19 dalam Mobil

08/12/2020

Pasar mobil

2 menit

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan adanya pengaruh signifikan antara pengaturan jendela yang dibuka dan ditutup terhadap penularan COVID-19 dalam mobil.

Lihat juga
 
back to top