Abu-abu Jadi Warna Mobil Favorit di Inggris, Indonesia Gimana?

20/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Warna abu-abu jadi warna mobil favorit di Inggris di tahun 2020, sementara warna hitam dan putih masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Indonesia?

Warna abu-abu mempertahankan posisinya sebagai warna mobil favorit di Inggris untuk tahun ketiga berturut-turut. Hampir 400.000 mobil yang terdaftar di tahun 2020 memilih warna abu-abu dibandingkan warna lainnya.

>>> Harga Mobil BMW dan MINI di Malaysia Didiskon, Indonesia?

Menjadi Warna Favorit Sejak 2018 Silam

Sebanyak 397.197 mobil abu-abu terdaftar tahun lalu atau sebanyak 24,3 persen dari model baru 2020. Hitam yang merupakan warna mobil favorit di Inggris sebelumnya telah kehilangan posisinya sejak 2019 silam dan tahun lalu kembali berada di urutan kedua. Sementara itu di posisi ke-3 diisi oleh warna putih. Secara total ketiga warna tersebut mendominasi hingga 61,6 persen sebagai warna mobil terfavorit di Inggris.

Gambar menunjukan mobil Warna abu-abu

Mobil berwarna abu-abu menjadi warna mobil favorit

Peringkat 10 besar lainnya tetap tidak berubah sebagai warna mobil terfavorit di Inggris dari tahun lalu, kecuali kuning dan perunggu, yang bertukar tempat dan sekarang masing-masing berada di posisi kesembilan dan kesepuluh. Warna kuning mengalami peningkatan 50 persen dalam pangsa pasarnya, tetapi peningkatan ini hanya setara dengan 6.816 unit mobil.

>>> Langkah Cerdas Melindungi Mobil Setelah Hujan

Apa Warna Mobil Favorit Konsumen Indonesia?

Foto Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition 2020

White is the new black

Lain Britania Raya, lain pula Indonesia. Jika warna abu-abu menjadi favorit di negeri asalnya pemain sepak bola David Beckham tersebut, maka di negerinya Bambang Pamungkas ini warna yang mendominasi sama seperti biasanya, yakni putih dan hitam. Meski hingga artikel ini dibuat belum ada hasil studi akan hal tersebut, setidaknya hipotesis (kesimpulan sementara) kami ini terbukti, sebab kedua warna ini paling sering kami temukan di jalan saat berkendara.

Foto Nissan Magnite

Hero color bukan jaminan laris lho ya!

Kendati demikian, jika diperhatikan mobil-mobil yang dilaunching di Tanah Air dari mulai awal Januari hingga bulan Desember tahun lalu nyaris tidak ada yang menggunakan kedua warna tadi sebagai hero color mobil mereka. Sebagai informasi, hero color adalah istilah untuk warna yang menjadi jagoan pada mobil tertentu, Contoh kelir Flare Garnet Red yang jadi warna yang dijagokan PT Nissan Motor Distribusi Indonesia untuk All-New Nissan Magnite.

2020 Tahun yang Gelap untuk Industri Otomotif Inggris

Mike Hawes, kepala eksekutif Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) mengatakan kepada media Inggris Autoexpress bahwa tahun lalu menjadi tahun yang cukup gelap untuk  industri otomotif. Tahun lalu juga mengubah bagaimana cara konsumen bertransaksi agar tetap aman di tengah pandemi Covid-19.

Gambar menunjukan Daftar warna mobil yang terjual

Daftar warna mobil yang terjual di Inggris

“2020 adalah tahun yang cukup gelap untuk industri otomotif dan memiliki warna abu-abu sebagai warna mobil baru teratas. Sektor ini, bagaimanapun, terus memberikan mobilitas yang berharga, mulai dari van yang mengirimkan barang-barang penting hingga mobil pribadi yang membantu pekerja melakukan pekerjaan mereka, serta menawarkan jalur kehidupan bagi industri, membantu menjaga produksi tetap berjalan." kata Mike Hawes.

“Meski tidak bisa menggantikan pengalaman datang langsung ke dealer mobil. Sektor ini telah mengambil langkah besar untuk memastikan dealer aman dari Covid dengan fleksibilitas untuk mengatur janji pelanggan sehingga pembeli mobil dapat memilih mobil dan warna yang diinginkan di tempat yang aman.” tutupnya.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top