Warganya Mulai Sambangi Dealer, Penjualan Mobil di China Terus Merangkak

14/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Warganya Mulai Sambangi Dealer, Penjualan Mobil di China Terus Merangkak
Penjualan mobil di China tercatat terus mengalami peningkatan dan berangsur-angsur pulih. Warga China pun disebut mulai kembali menyambangi dealer mobil.

Penjualan mobil di China terus merangkak naik setelah sempat terpuruk karena adanya hantaman virus corona. Ini merupakan tren positif di China yang sudah terjadi dalam enam bulan terakhir. 

Diberitakan Reuters, Rabu (14/10/2020) penjualan mobil di China meningkat 12,8 persen pada September. Periode bulan September dan Oktober ini juga dikenal sebagai puncak peningkatan penjualan di industri otomotif. 

Dealer mobil di China

Dealer mobil di China mulai ramai dikunjungi

>>> China 'Bantu' Peningkatan Penjualan Toyota Secara Global

Warga Mulai Berdatangan ke Dealer

Dikenal dengan istilah 'Golden September, Silver October', pasar otomotif terbesar di dunia ini perlahan-lahan mulai pulih. Warga China juga disebut mulai kembali berdatangan ke dealer setelah sebelumnya lama berdiam diri di rumah demi menekan angka penyebaran virus corona. 

Pada bulan kesembilan tahun 2020, penjualan mobil di sana sudah mencapai 2,57 juta unit. Namun bila dilihat secara year to date masih berselisih 6,9 persen seperti dilansir China Association of Automobile Manufacturers (CAAM). 

"Berdasarkan informasi dari dealer-dealer mobil, momentum meningkatnya penjualan mobil akan terbantu October Golden Week. Penjualannya pun melebihi ekspektasi yang dari dealer-dealer" ungkap analis internasional Shi Ji. 

>>> Tertunda 6 Bulan, Pameran Otomotif di China Akhirnya Dihelat

Pameran Turut Berkontribusi

Tak cuma itu, meningkatnya penjualan mobil di Negeri Tirai Bambu juga terbantu dengan adanya pameran Beijing Auto Show yang digelar belum lama ini. Pameran tersebut sejatinya digelar pada April namun harus ditunda lantaran ada penyebaran virus corona. Walhasil enam bulan setelahnya, pameran otomotif di China itu bisa digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Dealer mobil di China

Pameran Beijing Auto Show digelar saat pandemi belum mereda

Diungkap anggota CAAM, Chen Shihua, banyaknya promo yang ditawarkan serta insentif dari pemerintah setempat untuk industri otomotif juga membantu penjualan mobil melonjak tajam pada September. 

Bila dirinci, peningkatan penjualan mobil ada pada segmen mobil penumpang yang hingga 8 persen pada September. Geely Automobile Holdings Ltd, Great Wall Motor Co Ltd, dan Toyota Motor Corp mnejadi produsen yang paling banyak kebanjiran pesanan lantaran mencatat pertumbuhan hingga dua digit. 

Mobil-mobil ramah lingkungan pun kian diminati. Tercatat penjualannya meningkat 67,7 persen menjadi 138 ribu unit dan ini menjadi bulan ketiga tren positif tersebut berlanjut. Sederet mobil ramah lingkungan yang kian menarik minat warga China antara lain mobil listrik bertenaga baterai, plug-in hybrid, dan hidrogen fuel-cell. 

>>> Pasar Mobil China Berikan Extra Time untuk Mobil Bensin

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Pasar Mobil China Jadi Garis Pertahanan Terakhir Nissan

20/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Nissan yang saat ini masih berjuang mengatasi masalah keuangan akibat skandal Carlos Ghosh andalkan pasar mobil China menjadi garis pertahanan terakhir.

Lihat juga

BMW Group Perluas Pabrik Baterainya di China

19/09/2020

Pasar mobil

3 menit

BMW Group perluas pabrik baterainya di lokasi Tiexi District, Shenyang untuk sekaligus sebagai rumah produksi bagi mobil ramah lingkungan BMW iX3 elektrik.

Lihat juga

Hongqi S9 PHEV Jadi Mobil Termahal Seantero China, Bakal Saingi Bugatti?

01/09/2020

Mobil baru

4 menit

Hongqi mengumumkan akan membuat salah satu mobil termahal lewat hypercar Hongqi S9 PHEV. Dengan kecepatan tingginya, mobil bakal saingan dengan Bugatti.

Lihat juga

Terdampak Corona, Penjualan Mobil di China Baru Menyentuh 2,1 Juta Unit

18/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Penyebaran virus corona memang sempat membuat penjualan mobil di China terpuruk. Tercatat baru 2,1 juta unit mobil yang terjual karena ada hambatan dari corona.

Lihat juga

Pulih di China, Toyota Stop Produksi di Perancis, Portugal, dan Filipina

18/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Beberapa pabrik Toyota di China dinyatakan kembali beroperasi, kini suspensi beralih ke Prancis, Portugal dan Filipina hingga waktu yang telah ditentukan.

Lihat juga