Warga Depok, Kalau Punya Mobil Tak Punya Garasi Bakal Didenda Rp20 Juta

10/01/2020

Pasar mobil

5 menit

Warga Depok, Kalau Punya Mobil Tak Punya Garasi Bakal Didenda Rp20 Juta
Bagi warga Kota Depok, kini sudah ada Perda yang mengatur larangan parkir di bahu jalan bagi yang punya mobil tak punya garasi. Kalau peraturan ini dilanggar, maka ada denda maksimal Rp20 juta.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok baru saja mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) terbaru tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan. Ada banyak hal baru yang diatur dalam Perda ini, diantaranya tentang larangan parkir di bahu jalan.

>>> Mulai Juli 2018 Lakukan Pelanggaran Parkir di Surabaya Mobil Bakal Digembok Paksa

Pradi Supriatna, Wakil Walikota Depok menyebutkan, dalam Perda tersebut juga daitur mengenai kepemilikan garasi bagi warga yang mempunya kendaraan pribadi. Dalam Perda ini akan diberlakukan larangan parkir di bahu jalan untuk warga yang punya mobil tak punya garasi.

Bagi yang Melanggar Denda Rp20 Juta

larangan parkir di bahu jalan Kota Depok

Akan ada denda maksimal Rp20 juta bagi yang masih parkir di bahu jalan

>>> Promo mobil baru paling menarik dan paling murah ada disini, ayo jangan sampai kehabisan!

Masih menurut Pradi, dalam Perda yang merupakan revisi Perda Nomor 2 Tahun 2012 itu diatur bagaimana seluruh warga Depok dilarang untuk menggunakan bahu jalan sebagai tempat parkir. Jika melanggar maka akan ada denda maksimal Rp20 juta.

"Jadi masyarakat Kota Depok yang memiliki mobil atau hendak memiliki mobil, maka wajib menyediakan garasinya terlebuh dulu," ucap Pradi.

Akibat Keluhan dari Warga

mobil parkir di bahu jalan

Mobil yang parkir di bahu jalan meresahkan warga Depok

>>> Ada banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini yang bisa Anda beli, tapi jangan sampai parkir di bahu jalan ya!

Ia juga menyebutkan, munculnya Perda baru ini lantaran banyaknya masukan dari warga Depok sendiri. Masyarakat mengeluhkan mobil-mobil yang sering parkir di badan jalan dan terkadang menimbulkan kemacetan.

"Banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi mobil parkir di pinggir jalan. Jadi Perda ini memang akan mengatur perihal ketertiban umum. Karena badan jalan adalah fasilitas umum bukan untuk lahan parkir," katanya.

Bahkan ia menyebut, usulan merevisi Perda Nomor 2 Tahun 2012 ini sudah diajukan ke DPRD Kota Depok sejak Juli 20129 lalu. Namun baru sekarang Perda tersebut akhirnya disahkan. Dan selanjutnya akan mulai dibahas mengenai pelaksanaannya di lapangan.

>>> Berita otomotif lainnya klik disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top