Walau Bekas, Ford GT 2018 Ini Terjual Rp 17,5 Miliar

28/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Walau Bekas, Ford GT 2018 Ini Terjual Rp 17,5 Miliar
Ford GT 2018 ini menjadi Ford GT termahal di dunia. Harganya tembus lebih dari Rp 17 miliar saat di lelang di balai lelang Barrett-Jackson. Tingginya harga itu karena mobil tersebut masih dalam kondisi yang amat istimewa.

Umumnya mobil yang sudah dalam kondisi bekas pakai memiliki harga jual lebih rendah dibanding nilai saat barunya dulu. Namun untuk beberapa pengecualian, harga sebuah mobil bekas malah bisa cenderung semakin melonjak tinggi.

Contohnya dari satu unit Ford GT lansiran tahun 2018 ini. Mobil tersebut baru saja mendapat predikat Ford GT termahal di dunia yang berhasil terjual dalam lelang di Barrett-Jackson beberapa waktu lalu. Ini karena supercar itu ternyata bukan sembarangan Ford GT 2018.

>>> Kenang Kesuksesan Musim Balap 1966, Ford Rilis GT Heritage Edition

Kondisinya Istimewa dan Ada Aksesoris Tambahan Original

Ford GT 2018 Barrett-Jackson

Saat lelang berhasil ditawar Rp 17,5 miliar

Ford GT 2018 tersebut berhasil terjual di penawaran tertinggi USD 1.210.000 atau kira-kira Rp 17,5 miliar. Angka penawaran yang amat tinggi ini lantaran mobil tersebut dalam kondisi istimewa. Ditambah Ford memang menjual model GT ini dalam 1.350 unit saja di seluruh dunia. Semua unit yang keluar dari pabrik pun mendapat seleksi ketat dari pabrikan berlambang Blue Oval itu.

Sementara unit Ford GT 2018 ini baru menunjukkan 1.373 kilometer pada odometernya. Selain itu mobil juga sudah mendapatkan paket aksesoris tambahan. Seperti velg aluminium Satin Graphite 20 inci, interior Dark Energy, bahkan masih berlaku garansi resmi dari Ford sampai April 2021.

Bahkan dikutip dari Autoevolution, Rabu (28/10/2020), unit yang dilelang para penawar tertinggi akan mendapatkan pula sejumlah perangkat tambahan lain. Seperti cover setir dan cover jok original, buku manual, aki cadangan, pengunci baut roda, fuel filler, sampai tool kit standar.

>>> Jangan Main Langsung Bayar, Ikuti Dulu Tips Beli Mobil Lelang Subaru Ini

Mobil Ford Terkencang yang Pernah Dibuat

Ford GT V6 2018

Bodinya pakai bahan serat karbon

>>> Review Ford GT 2017, Mahakarya Ford di Dunia

Hal istimewa lainnya dari Ford GT termahal di dunia ini adalah mobil tersebut menggunakan mesin V6 Twin-Turbo. Mesin itu mampu melesatkan kendaraan dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 3 detik. Sementara kecepatan tertingginya mencapai 348 km/jam. Selain itu khampir keseluruhan bodi mobil ini terbuat dari serat karbon yang membuat bobot mobil lebih ringan dari GT lainnya yang pernah diproduksi Ford. Tak heran kalau Ford GT V6 menjadi mobil tercepat Ford yang pernah diproduksi sampai saat ini.

Yang unik dari kisah terjualnya Ford GT 2018 ini di acara lelang adalah si pemilik sebelumnya harus rela menunggu hingga 2 tahun sebelum akhirnya menjual kembali mobil tersebut. Keputusan ini ia lakukan karena ada kontrak perjanjian yang harus dipatuhi setiap pembeli Ford GT. Yakni mobil tersebut tidak akan dijual minimal dalam 24 bulan ke depan setelah dibeli. Bahkan tokoh otomotif, John Cena pernah terkena gugatan karena melanggar klausul ini akibat membeli Ford GT di tahun 2017 lalu menjualnya setahun kemudian.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top