Waktu Tempuh Lebih Singkat, Ini Total Tarif Tol Surabaya Solo

17/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Waktu Tempuh Lebih Singkat, Ini Total Tarif Tol Surabaya Solo
Jalan Tol Trans Jawa menjadi akses tercepat dari Kota Surabaya Jawa Timur menuju Kota Solo Jawa Tengah. Berikut tarif Tol Surabaya Solo per September 2020!

Sejak diresmikannya ruas Wilangan-Kertosono Tol Ngawi-Kertosono pada 20 Desember 2018 silam, akses dari Kota Surabaya Jawa Timur menuju Kota Solo dan Semarang di Jawa Tengah resmi tersambung via tol. Sejak saat itu pengendara kendaraan roda empat atau lebih memiliki opsi jalur yang lebih cepat dibanding jalan nasional non tol.

Bila biasanya dari Surabaya ke Solo atau sebaliknya ditempuh 4-5 jam lewat jalan non tol kini bisa ditempuh 2,5-3 jam lewat tol. Tentu saja, ada harga yang harus dibayar mengingat jalan tol bukan jalan gratisan.

Tarif Tol Surabaya Solo

Secara pembagian dari Surabaya ke Solo pengendara bakal melewati 4 ruas tol yaitu Surabaya-Mojokerto (36 km), Kertosono-Mojokerto (40 km), Ngawi-Kertosono (87 km), dan Solo-Ngawi (90 km). Total panjang sekitar 250 km dihitung dari Gerbang Tol Warugunung (Surabaya) hingga Gerbang Tol Ngemplak (Solo).

>>> Cuma Kendaraan Ini yang Boleh Melintas di Jalan Tol

Foto menunjukkan Gerbang Tol Warugunung Surabaya

Pastikan saldo uang elektronik mencukupi

Secara keseluruhan tarif Tol Surabaya Solo saat ini atau per September 2020 adalah Rp 239.500. Rinciannya sebagai berikut:

  • Surabaya-Mojokerto; (masuk GT Warugunung) Rp 30.500
  • Kertosono-Mojokerto; Rp 46.000
  • Ngawi-kertosono; Rp 88.000
  • Solo-Ngawi; (keluar GT Ngemplak) Rp 75.000

Tarif di atas berlaku untuk kendaraan Golongan I (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus). Untuk Golongan II - V sudah tentu lebih mahal. Sebagai gambaran yaitu kendaraan Golongan V, tarif tol untuk truk 5 gandar ini mencapai Rp 539.000. Rinciannya:

  • Surabaya-Mojokerto; (masuk GT Warugunung) Rp 75.500
  • Kertosono-Mojokerto; Rp 138.000
  • Ngawi-kertosono; Rp 176.000
  • Solo-Ngawi; (keluar GT Ngemplak) Rp 150.000

Siapkan saldo uang elektronik

Dengan mengetahui tarif di atas, Anda bisa memutuskan mau lewat jalan tol yang lebih cepat atau jalan biasa yang memakan waktu lebih banyak. Tidak ada yang lebih unggul karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kalau Anda memutuskan lewat tol, pastikan saldo uang elektronik Anda mencukupi supaya tidak timbul hambatan di tengah perjalanan, terutama saat akan melakukan pembayaran di gardu tol. Cek sebelum masuk tol, jika kurang isi ulang di outlet pengisian seperti minimarket atau ATM.

>>> Sudah Tau Belum Mengapa Lewat Jalan Tol Harus Bayar?

Foto menunjukkan Simpang Susun Krian Tol Surabaya-Mojokerto

Waktu tempuh Surabaya - Solo lebih cepat lewat tol

>>> Temukan tips dan trik menarik lainnya seputar mobil disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2020 Terbaru

16/09/2020

Pengemudian

6 menit

Tarif Tol Trans Jawa mulai dari Merak hingga Surabaya per September 2020 tembus hingga Rp 727.000. Sementara dari Merak hingga ke Probolinggo Timur tarifnya Rp 805.500.

Lihat juga

Tarif Tol Cipularang dan Padaleunyi Batal Naik

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Kementerian PUPR memutuskan tarif Tol Cipularang dan tarif Tol Padaleunyi tak jadi naik dan kembali ke tarif awal. Keputusan berlaku mulai 7 September 2020.

Lihat juga

Tanpa Diskon, Segini Besaran Tarif Tol Jakarta-Bandung

07/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Tarif baru Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi sudah ditetapkan dan ada diskon untuk Gol I. Berikut simulasi tarif Tol Jakarta Bandung jika dihitung tanpa diskon!

Lihat juga

20 Pilihan Lelang Mobil Surabaya Harga Dibawah Rp 50 Juta

16/09/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa pilihan mobil bekas berkualitas dari lelang mobil Surabaya di JBA Indonesia yang bisa Anda pilih. Mobil-mobil ini menarik karena tergolong tahun muda tapi harga penawarannya di bawah Rp 50 juta.

Lihat juga

Tol Solo-Ngawi, Satu-Satunya Tol Penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur

24/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dengan panjang mencapai 91 Km, Jalan Tol Solo-Ngawi menjadi satu-satunya penghubung dua provinsi besar, Jawa Tengah dan Jawa Timur melalui jalan bebas hambatan.

Lihat juga
 
back to top