Wacana Polisi Tak Lakukan Tilang di Jalan Raya

22/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Wacana Polisi Tak Lakukan Tilang di Jalan Raya
Calon Kapolri mengeluarkan wacana peniadaan tilang di jalan raya oleh polisi saat terjadi pelanggaran lalu lintas dan mengedepankan tilang berbasis elektronik.

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menyampaikan wacana tak lazim. Penindakan tilang di jalan raya yang biasa dilakukan petugas di lapangan kepada pelanggar lalu lintas bakal dihilangkan. Sebagai gantinya penegakan hukum bakal mengedepankan mekanisme teknologi berupa tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Wacana tersebut disampaikan saat  uji kepatutan dan kelayakan di hadapan Komisi III DPR RI, pada Rabu (20/1/2021).

Hindari penyimpangan

Secara lugas disampaikan wacana ini bertujuan menghindari terjadinya penyimpangan saat berlangsungnya tindakan tilang oleh petugas. Dengan mengedepankan mekanisme ETLE bakal mengurangi interaksi petugas dengan pelanggar lalu lintas, mengurangi potensi penyimpangan, serta memperbaiki citra dan perilaku Polisi Lalu Lintas.

“Kemudian, khusus di bidang lalu lintas. Penindakan pelanggaran lalu lintas, secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau biasa disebut ETLE (tilang elektronik),” kata Sigit. “Yang bertujuan untuk mengurangi interaksi dalam proses penilangan guna menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut.” sambungnya.

>>> Daftar Kota Yang Telah Dilengkapi Tilang Elektronik

Foto menunjukkan Calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat Proper and Test di Komisi III, 20 Januari 2021

Polisi keluarkan wacana menghapus tilang langsung di jalan raya

Tugas Polantas

Dengan tiadanya tilang di jalan raya, praktis berkurang tugas yang dijalankan di lapangan, khususnya oleh Polisi Lalu Lintas. Namun bukan berarti tidak ada kegiatan. Sigit menyatakan para Polantas tetap bertugas di lapangan, namun fokus pada pengaturan lalu lintas.

"Saya kedepan diharapkan anggota lalu lintas turun di lapangan kemudian mengatur lalu lintas yang sedang macet, tidak perlu menilang. Ini kita harapkan menjadi ikon perubahan perilaku Polri. Khususnya di sektor pelayanan lini terdepan, yaitu anggota kita di lalu lintas," jelasnya.

Tidak dijelaskan bagaimana teknis peniadaan tilang di atas. Termasuk bagaimana mengatasi pelanggaran yang tidak bisa ditangkap oleh kamera tilang elektronik. Misalnya, mobil tanpa surat alias bodong, pengemudi tidak memiliki atau tidak membawa SIM dan yang lain. Juga tidak dijelaskan potensi tindak kejahatan jalanan yang kemungkinan besar bakal meningkat, atau aspek keselamatan pengendara motor yang merasa aman tidak memakai helm karena tidak ditilang.

Meski demikian, wacana calon Kapolri ini mendapat dukungan dari banyak anggota dewan, bahkan para pengusaha truk yang merasa dirugikan oleh oknum petugas yang melakukan pungli.

>>> Sering Jadi Polemik, Ini Dasar Polisi Berhak Menilang Kendaraan Telat Pajak

Foto menunjukkan polisi sedang mengawasi dan mengatur lalu lintas

Jika wacana terealisasi Polisi Lalu Lintas hanya mengatur lalu lintas, bukan menilang

>>> Simak informasi menarik lainnya seputar otomotif di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top