Wacana Pajak Mobil Baru 0% Bikin Pabrikan di Indonesia Deg-degan

16/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Wacana Pajak Mobil Baru 0% Bikin Pabrikan di Indonesia Deg-degan
Kementerian Perindustrian telah merilis wacana pajak mobil baru 0% saat pemprov Jakarta tengah menerapkan PSBB. Rupanya ini sempat membuat pabrikan deg-degan.

Wacana pajak mobil baru 0% yang dikemukakan Kementerian Perindustrian belum lama ini rupanya membuat pabrikan ikut merasa khawatir. Santer dikabarkan ada sebagian masyarakat yang mulai menahan membeli mobil baru karena ada wacana tersebut. 

Rasa kekhawatiran tersebut wajar adanya mengingat wacana pajak 0% muncul berbarengan dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara ketat di Ibu Kota Jakarta.

Penjualan Daihatsu

Penjualan Daihatsu justru mengalami peningkatan

>>> Pabrikan Butuh Kepastian Soal Pajak 0% di Indonesia

Wacana Pajak 0% Bikin Pabrikan Was-was

Kedua kombinasi tersebut dianggap berpotensi membuat penjualan mobil kembali merosot. 

"Waktu kita sedang deg-degan PSBB lagi, minggu ketiga ada cerita baru yaitu relaksasi pajak. Dua isu tersebut harus jawab berdasarkan fakta," ujar Marketing and CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/10/2020). 

Rupanya rasa khawatir akan penurunan penjualan mobil tak dirasakan oleh Daihatsu. Tercatat sepanjang bulan kesembilan tahun 2020, penjualan Daihatsu mengalami peningkatan dibandingkan pada Agustus. 

"Kalau saya katakan September meskipun ada 2 isu besar PSBB dan pajak 0%, hingga kegiatan showroom dibatasi, tetapi fakta dan datanya market naik 15 persen," tutur Hendrayadi. 

Sekadar informasi, industri otomotif Tanah Air sejak awal tahun hingga YTD Sep-2020, capaian whole sales ada di kisaran 372 ribu unit dan retail sales sekitar 407 ribu unit.

Sedangkan untuk Daihatsu sendiri hingga September 2020 telah menjual 73.488 unit mobil secara retail dan wholesales sebesar 69.182 unit. 

>>> Menaksir Harga LCGC Kalau Pajak 0% Jadi Diterapkan

Daihatsu Ikut Pemerintah

Wacana pajak mobil baru 0% sendiri dibuat untuk merangsang daya beli masyarakat yang tengah lesu akibat terdampak Covid-19. Diharapkan pemerintah bisa memangkas sejumlah pajak yang melekat pada mobil baru seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), Bea Balik Nama (BBN), dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Bila pajaknya turun, otomatis harga mobil juga bisa dipangkas. 

Pajak mobil baru

Pajak 0% persen belum disahkan

Memang tak disebutkan secara merinci pajak apa yang diusulkan untuk dipangkas. Namun bila melihat pernyataan asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bahwa delapan daerah telah menyetujui pemangkasan pajak, mungkin sasarannya adalah BBN dan PKB. 

Sayangnya hampir sebulan bergulir, wacana pajak 0% untuk mobil baru itu tak kunjung disahkan. Dikhawatirkan bila semakin lama dibiarkan bergulir, masyarakat justru menahan untuk membeli mobil sembari menunggu kebijakan disahkan. 

"Pada dasarnya kami percaya keputusan yang diambil pemerintah sudah memikirkan segala dampaknya. Satu keputusan akan impact ke sektor yang lain. Kami sebagai pemain percaya bahwa keputusan yang diambil pasti sudah dipikirkan masak-masak," pungkas Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra. 

>>> Apa Itu Pajak Progresif Kendaraan? Begini Cara Menghitungnya

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Berkat Insentif Pajak, Penjualan Mobil Bekas Malaysia Melonjak Tajam

12/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Adanya insentif pajak rupanya turut mempengaruhi penjualan mobil bekas Malaysia. Penjualannya meningkat tajam bahkan sudah hampir pencapaian tahun lalu.

Lihat juga

Pajak Mobil Baru 0% Belum Pasti, Penjualan Jadi Ikut Mandek

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Wacana pajak mobil baru 0% sudah terlanjur beredar luas di masyarakat. Hal itu sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap mandeknya penjualan mobil di RI.

Lihat juga

Konsumen Tahan Bayar DP Gara-gara Wacana Pajak Mobil Baru 0%?

27/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Kementerian Perindustrian tengah mengusulkan wacana pajak mobil baru 0%. Kabarnya dengan adanya wacana ini ada konsumen yang menahan bayar DP, benarkah?

Lihat juga

Langkah Lengkap Bayar Pajak Kendaraan Online

05/10/2020

Pengemudian

8 menit

Bayar pajak kendaraan online bisa dilakukan di rumah saja tanpa perlu ke kantor Samsat. Anda tinggal mengunduh aplikasi Samsat Online Nasional, dan lakukan pembayaran secara daring.

Lihat juga

Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Tanpa KTP Pemilik Sebelumnya

07/05/2020

Jual beli

3 menit

Ada banyak kasus dimana pembelian mobil bekas tanpa disertai KTP pemilik sebelumnya. Berikut cara bayar pajak mobil tanpa KTP yang bisa Anda terapkan saat ini.

Lihat juga