VW Makin Serius Garap Mobil Listrik di China

31/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
VW Makin Serius Garap Mobil Listrik di China
Produse mobil Volkswagen (VW) menunjukkan keseriusannya menggarap pasar mobil listrik di China dengan menggelontorkan investasi baru senilai 2 miliar Euro.

Pulihnya China dari pandemi virus Corona (COVID-19) jadi momen penting bagi Volkswagen (VW). Produsen mobil Jerman yang menjadi penguasa pasar otomotif China langsung memanfaatkan untuk kepentingan bisnisnya.

Tambah investasi 2 miliar Euro

Yang terbaru VW menunjukkan keseriusannya menggarap pasar mobil listrik dengan meningkatkan kepemilikan sahamnya di Jianghuai Automobile Co., Ltd. (JAC) dari sebelumnya hanya 50% menjadi 75%. VW menggelontorkan investasi sebesar 1 miliar Euro untuk kepentingan ini.

Selanjutnya, Volkswagen mengakuisisi 26 persen saham di produsen baterai Gotion High-Tech Co., Ltd. dengan investasi sama besarnya, yaitu 1 miliar Euro. VW pun menjadi pemegang saham terbesar perusahaan. Total investasi yang digelontorkan Volkswagen (VW) untuk dua keperluan di atas sebesar 2 miliar Euro atau sekitar Rp35 triliun.

>>> VW Borong Penghargaan Automotive Brand Contest 2020

Foto menunjukkan Penandatanganan investasi VW di China

VW menambah investasi 2 miliar Euro untuk proyek mobil listrik

Dalam keterangan resminya, (29/5/2020) CEO Volkswagen AG, Herbert Diess, menuturkan

“Bersama dengan mitra yang kuat dan andal, Volkswagen memperkuat strategi elektrifikasi di China. Segmen mobil listrik berkembang pesat dan menawarkan banyak potensi untuk JAC Volkswagen. Kami secara aktif mendorong pengembangan sel baterai di Tiongkok melalui investasi strategis kami di Gotion.”

 

“Saya senang dengan tonggak strategis ini dalam hubungan timbal balik dan tepercaya kami karena Volkswagen mengambil peran strategis dalam perusahaan milik negara untuk pertama kalinya, serta berinvestasi langsung dalam pemasok baterai China. Investasi ini membentuk karakter Volkswagen di China, menjadikannya perusahaan mobilitas yang lebih lokal dan lebih berkelanjutan. Dengan membuka pasar, China memberi Volkswagen peluang bisnis baru,” kata CEO Volkswagen Group China, Stephan Wöllenstein.

>>> Kelebihan - Kekurangan dan Harga Volkswagen Golf Bekas Mk7

Keuntungan strategis Volkswagen (VW)

Peningkatan investasi di kedua perusahaan di atas memberi keuntungan strategis bagi masa depan bisnis VW di China, khususnya di bidang elektrifikasi kendaraan.

  • Pertama; Dengan memiliki saham sebesar 75% di JAC, VW mendapatkan kontrol manajemen untuk membuka jalan bagi lebih banyak model dan infrastruktur listrik.
  • Kedua; Dengan menjadi pemilik saham terbesar di Gotion, VW telah mengamankan pasokan baterai di masa depan untuk memenuhi permintaan jika sewaktu-waktu membutuhkan. Kesepakatan baru ini tidak akan mempengaruhi kontrak yang sedang berlangsung antara VW dengan pemasok baterai yang lain.

Foto menunjukkan deretan Mobil listrik Volkswagen

Penambahan investasi di China menjadi langkah strategis bagi VW menggarap mobil listrik

>>> Simak juga berita otomotif terkini lainnya di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

VW Borong Penghargaan Automotive Brand Contest 2020

06/05/2020

Event - Promosi

3 menit

Volkswagen (VW) mendominasi Automotive Brand Contest 2020 dengan meraih lima penghargaan terbaik untuk 3 model unggulannya, ID.3, Golf, dan ID.SPACE VIZZION.

Lihat juga

Rayakan Hari Desain Sedunia, VW Gelar Kontes Desain ID.3 Versi Tahun 2050

28/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Volkswagen (VW) menggelar kontes desain mobil listrik VW ID.3 untuk tahun 2050 dalam rangka merayakan World Design Day atau Hari Desain Sedunia, 27 April.

Lihat juga

Suksesor Polo, Teaser VW Nivus Beredar di Internet

17/04/2020

Mobil baru

3 menit

Volkswagen akan menghadirkan crossover kompak baru dalam waktu dekat. Dibuat untuk pasar Amerika Selatan, VW Nivus akan jadi pengganti Polo Hatchback sebagai line-up termurah pabrikan Jerman itu.

Lihat juga
 
back to top