Volvo XC90 Armored: SUV Tahan Peluru Terbaru Dari Volvo

27/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Volvo XC90 Armored: SUV Tahan Peluru Terbaru Dari Volvo
Pasar mobil tahan peluru atau armored car terbukti masih menjanjikan. Buktinya, Volvo baru-baru ini memberanikan diri untuk terjun ke segmen armored car dengan memperkenalkan Volvo XC90 Armored.

Beberapa produsen mobil mewah memiliki varian armored car atau mobil tahan peluru yang ditujukan untuk konsumen dengan kebutuhan spesial, seperti para pemimpin negara atau petinggi perusahaan yang membutuhkan perlindungan maksimal dari serangan atau teror yang menggunakan senjata api. Salah satu produsen mobil mewah yang menyediakan varian armored car adalah Mercedes-Benz Guard, Range Rover Sentinel atau BMW Security Vehicles. Namun kini, Volvo siap mengikuti jejak para produsen mobil mewah tersebut dengan menghadirkan Volvo XC90 Armored.

Foto Volvo XC90 Armored

Tersedia opsi light armored  yang hanya menambah 250 kg dengan hanya memberikan perlindungan dari senjata api ringan

>>> Baca juga:

Volvo menggandeng perusahaan penyedia armored car asal Jerman, Trasco-Bremen untuk mengembangkan armored car berbasis SUV premium terbaru mereka, XC90. Baik Volvo atau Trasco-Bremen memilih untuk menggunakan Volvo XC90 dari varian T6 AWD Inscription, lantaran dinilai memenuhi standar ideal untuk armored car, mulai dari dimensi bodi dan interior, performa hingga kemampuan jelajah di medan buruk.

Foto Volvo XC90 Armored tampak frontal samping

Pada bodi, Volvo XC90 Armored menggunakan lapisan baja tahan peluru hingga ketebalan 10 mm dan lapisan material komposit tahan peluru dan ledakan lainnya pada interior, ruang mesin dan tangki bahan bakar 

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Menurut beberapa sumber, Volvo XC90 Armored akan dibekali lapisan tahan peluru yang mengacu pada stadarisasi VPAM BRV 2009/ERV 2010, dengan rating proteksi level VR8/VPAM 8. Level proteksi tersebut mampu menahan terjangan peluru kaliber senapan laras panjang hingga berukuran 7.62x51 mm dari segala arah/360 derajat atau bahan peledak yang setara dengan 15 kg TNT dari jarak 2 meter. Meski pihak Volvo merahasiakan spesifikasi dari material pelindung yang digunakan, namun kabarnya akan mengunakan kombinasi dari beberapa material, seperti ballistic steel (baja tahan peluru) serta material komposit lainnya seperti karbon kevlar dan kaca berbahan polycarbonate, layaknya material tahan peluru yang digunakan pada armored car pada umumnya.

Foto kaca anti peluru pada Volvo XC90 Armored

Volvo XC90 Armored juga menggunakan kaca anti peluru dan ledakan dengan bahan polycarbonate degan ketebalan hingga 50 mm

Lapisan anti peluru tersebut akan menambah bobot Volvo XC90 Armored hingga sekitar 1,4 ton. Sehingga SUV tahan peluru yang sudah bisa dibeli pada akhir tahun 2019 ini memiliki bobot kosong yang mencapai 3,7 ton. Untuk menyesuaikan dengan penambahan bobot yang sangat signifikan tersebut, Volvo membekali piranti suspensi dan rem dengan spesifikasi heavy duty. Harga yang ditawarkan untuk Volvo XC90 Armored mulai dari 450.000 Poundsterling atau sekitar Rp 8 milyar, tergantung opsi perlidungan dan material tahan peluru yang akan digunakan.

>>> Artikel berita seputar otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

 
back to top