Volvo Klaim Punya Fitur Canggih Pertama di Dunia, Apa Itu?

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Volvo Klaim Punya Fitur Canggih Pertama di Dunia, Apa Itu?
Pabrikan asal Swedia Volvo mengklaim punya fitur canggih yang pertama di dunia. Fitur tersebut memungkinkan pengendara bisa menghirup udara lebih sehat.

Bila bicara tahun 1980-an, AC pada mobil mungkin hanya berfungsi menyalurkan udara sejuk ke dalam kabin. Namun semakin ke sini, sistem AC kian berkembang menjadi canggih. 

Saat ini ada juga fitur Automactic Climate Control yang telah diusung oleh beberapa model mobil. Fitur ini memungkinkan mobil menjaga suhu konsisten dan bisa menyesuaikan dengan kondisi sesuai zona mengikuti kebutuhan pengendara di dalamnya. Lebih canggih lagi, bahkan sistem climate control juga bisa diperintah melalui suara.

>>> Dampak Covid-19, Volvo Sulit Jual 800.000 Mobilnya Tahun Ini

Fitur Canggih Volvo Bikin Udara Kabin Mobil Lebih Bersih

Tentunya menyesuaikan suhu udara di dalam mobil saja tidak cukup. Di zaman seperti sekarang, kebersihan dalam kabin mobil juga turut menjadi konsen para pengendara. Volvo pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan itu. 

Fitur canggih Volvo

Udara dalam kabin diklaim lebih sehat dan bersih

Melansir Carbuzz, Rabu (16/9/2020), pabrikan asal Swedia itu baru saja mengenalkan teknologi terbarunya yang bisa membuat pengendara dan penumpang di dalamnya bisa menghirup udara bersih. 

Sistem ini dinamakan Advanced Air Cleaner. Fitur canggih Volvo yang satu ini mengusung sensor indikator kualitas udara PM 2.5. 

Filter canggih Volvo yang membuat udara dalam mobil bersih ini diklaim bisa menghilangkan 95 persen partikel PM 2.5 berbahaya dari dalam kabin mobil berkat implementasi filter dan ionisasi berbasis serat sintetis. 

Fitur canggih ini tersedia pada keseluruhan Volvo seri 60 dan 90 yang dibangun pada platform Scalable Product Architecture (SPA). Ini artinya Volvo S60 sedan dan SUV XC90 juga ikut menggunakan teknologi ini di dalam kabin mobilnya. 

Fitur canggih Volvo

Tersedia di seri 60 dan 90

>>> Review Volvo XC40 2019: Masa Depan Dunia Otomotif Sudah Hadir

Fitur Canggih yang Bisa Kurangi Alergi

Selain membuat udara di kabin mobil lebih bersih, keuntungan lain dari fitur canggih Volvo ini adalah bisa meningkatkan kewaspadaan pengendara. 

Fitur canggih Volvo

Terhubung ke ponsel

Sistem telah terhubung dengan aplikasi Volvo On Call, dengan begitu pengendara bisa menjadwalkan untuk membersihkan udara di dalam mobil sebelum melakukan perjalanan. 

"Dengan teknologi Advance Air Cleaner, Anda bisa memastikan udara yang dihirup di dalam mobil Volvo itu lebih bersih dan sehat," jelas Senior Technical Expert Anders Lofvendahl menanggapi sistem tersebut. 

Misi Volvo menghadirkan kualitas udara bersih di dalam mobilnya semakin meluas kepada tim The Noses. The Noses sendiri bertugas untuk menguji masing-masing komponen saat mengeluarkan bau yang tak diinginkan. Ini sekaligus dapat mengurangi risiko para penderita alergi utamanya terhadap udara. 

>>> Volvo XC90 Generasi Ketiga Dapatkan Varian Elektrik, Rilis 2022

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top