Volume Kendaraan Turun 20% Selama 3 Hari PSBB Ketat Jakarta

17/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Volume Kendaraan Turun 20% Selama 3 Hari PSBB Ketat Jakarta
Selama tiga hari diberlakukannya PSBB Ketat di Jakarta menurut pihak kepolisian volume kendaraan di DKI Jakarta diklaim mengalami penurunan 20 persen.

Selama tiga hari pelaksanaan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat, volume kendaraan di DKI Jakarta diklaim mengalami penurunan. Seperti diketahui PSBB di Jakarta ini dimulai sejak awal pekan ini, Senin 14 September 2020.

>>> Sanksi Tak Pakai Masker saat Naik Mobil pada Masa PSBB Jakarta

Gambar menunjukan cek poin PSBB Jakarta

Terjadi penurunan jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta

Penurunan Ini Sejalan dengan Tujuan PSBB Ketat Jakarta

“Hasil koordinasi dari Menteri Perhubungan, dilihat dari kendaraan masuk sejak pagi. Dihitungnya dari pintu masuk tol saja ada sekitar 16-20 persen penurunan kendaraan yang masuk,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Rabu (16/9) seperti dikutip dari NTMC Polri.

“Termasuk contoh di Terminal Grogol, dari Asosiasi Terminal Grogol menyampaikan ada penurunan sekitar 75 persen penumpang di sana, termasuk kendaraan, karena memang sepi,” jelas Yusri.

Penurunan ini dinilai telah sejalan dengan tujuan penerapan PSBB ketat Jakarta, yakni mengurangi mobilitas warga di luar rumah. Sehingga, ia berharap kebijakan ini dapat menekan pertumbuhan kasus corona di DKI, yang masih menunjukkan kenaikan signifikan.

“Ini salah satu upaya untuk memutus mata rantai (penularan COVID-19)” tutup Yusri.

PSBB di Jakarta berlangsung untuk kedua kalinya. Sebelumnya, PSBB berlaku pada April dan berakhir Juni lalu, kemudian memasuki masa PSBB Transisi.

Namun, sejak Agustus hingga awal September, kasus corona di Jakarta justru mengalami kenaikan signifikan. Bahkan, mengancam ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang semakin menipis. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun akhirnya memutuskan menarik rem darurat.

>>> Cara Merawat Bodi Mobil saat PSBB

Gambar menunjukan aturan Ganjil genap

Sistem ganjil genap di Jakarta ditiadakan

PSBB Ketat Jakarta Dimulai, Sistem Ganjil Genap Ditiadakan

Selain dirikan Pos Pemeriksaan PSBB Jakarta, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo juga mengatakan pihak kepolisian juga akan kembali menonaktifkan kebijakan ganjil genap di daerah Jakarta yang dimulai awal pekan ini (14/9).  Artinya selama selama dua pekan mulai 14 sampai 25 September 2020 pada pengetatan PSBB tidak ada aturan ganjil genap di Jakarta.

“Iya Gage tidak berlaku,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Senin (14/9/2020).

>>> Baca informasi lainnya terkait PSBB Jakarta di sini!

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top