CintaMobil TV: Kelebihan dan Kekurangan Volkswagen Tiguan Allspace Dibanding CR-V Turbo

08/04/2021

Pasar mobil

3 menit

CintaMobil TV: Kelebihan dan Kekurangan Volkswagen Tiguan Allspace Dibanding CR-V Turbo
VW Tiguan Allspace adalah salah satu jenis kendaraan SUV unggulan yang diproduksi di Indonesia. Berikut kelebihan dan kekurangan Volkswagen Tiguan Allspace dibanding kompetitornya, CR-V Turbo.

Sejak diluncurkan dalam ajang GIIAS pada 2019 lalu, tak diragukan lagi, Volkswagen Tiguan Allspace berhasil mencuri perhatian para konsumen berkat keunggulan fitur dan desainnya yang menarik. Kendati demikian, SUV Jerman ini harus bersaing head-to-head dengan salah satu kompetitornya asal negeri sakura, yakni Honda CR-V Turbo. Selain dibekali dengan mesin berkapasitas kecil dan irit bahan bakar, keduanya juga merupakan SUV-7 penumpang. 

Untuk CR-V Turbo tipe prestige, harganya sekitar Rp 540 juta dalam kondisi on the road, sementara mobil VW Tiguan Allspace memiliki selisih harga Rp 85 juta lebih mahal, tepatnya senilai Rp 625 juta yang juga dalam kondisi on the road.  Dengan selisih harga Rp 85 juta, lantas apa saja kelebihan dan kekurangan VW Tiguan Allspace jika dibandingkan dengan CR-V Turbo? Berikut informasi yang sudah dirangkum oleh tim Cintamobil TV yang bisa Anda simak sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Eksterior Volkswagen Tiguan Allspace

VW Tiguan Allspace punya desain yang lebih fresh dan cukup unik dibandingkan kendaraan SUV lainnya seperti CR-V Turbo. Mengusung tema “Allspace”, mobil ini memiliki dimensi lebih panjang dibandingkan varian Tiguan basic, yakni 4.486 mm, dengan lebar 1.839 mm, dan tinggi 1.632 mm.  

Eksteriornya tampak elegan dengan berhiaskan aksen krom di bagian grille, logo kendaraan, hingga headlamp. Jika dilihat dari depan, Tiguan memiliki headlamp dan foglamp yang sudah full LED. Teknik pencahayaannya mengadopsi teknologi Dynamic Cornering Lights, yang memungkinkan sorot lampu mengikuti arah putaran kemudi. Selain visibilitasnya lebih jauh, pancaran sinar headlamp Tiguan Allspace juga merata dari satu sudut ke sudut lainnya. 

Mobil VW Tiguan

Mobil VW Tiguan Allspace punya tampilan yang mewah dan elegan 

Tak hanya itu, Tiguan Allspace pun dilengkapi dengan empat kamera 360 derajat, di bagian depan, kiri, kanan, dan belakang untuk memudahkan Anda saat berada di jalanan terbatas. Tujuh buah sensor juga dapat ditemukan di sekeliling mobil ini untuk memfasilitasi fitur parkir otomatis. 

Beralih ke bagian samping. Jika diperhatikan, warna spion Tiguan Allspace sedikit berbeda, cenderung lebih terang dari warna utama bodi secara keseluruhan, dan itu menjadikannya unik. Terdapat sein dan LED, serta pelek berukuran 18 inci dengan tampilan multi spoke dan dual tone, membuat desain eksterior Tiguan tampak sporty. Di bagian buritan, selain lampu belakang yang juga sudah full LED, Tiguan Allspace pun dibekali fitur Easy Open untuk kemudahan akomodasi yang memungkinkan pengendara membuka bagasi secara elektrik dengan melakukan sapuan kaki dari sisi bawah pintu bagasi.

Interior Volkswagen Tiguan Allspace

Secara keseluruhan format Tiguan Allspace sama dengan CR-V Turbo, memiliki jok baris ketiga untuk maksimal tujuh penumpang. Akses masuk atau keluar mobil bisa dilakukan otomatis tanpa menggunakan anak kunci berkat fitur Keyless Entry. Tekan tombol pada gagang pintu mobil untuk mengunci, sedangkan untuk membuka pintu mobil, Anda hanya perlu menggenggam gagang pintunya.

interior mobil VW

Mobil VW Tiguan Allspace bagian interior 

Masuk ke bagian interior mobil, Tiguan Allspace menawarkan tata ruang yang cerdas. Kabin mobil hingga ruang kaki cukup lega untuk ukuran SUV. Berbeda dengan CR-V, tampilan dashboard Tiguan Allspace ini berbasis driver-oriented yang membuat Anda merasa nyaman mengoperasikannya. Lingkar setir mengusung mode flat bottom steering, dengan beragam tombol fungsi. Setirnya berbalut kulit sehingga lebih nyaman dicengkram. Lampu dan wiper-nya pun sudah mode otomatis.

Di bagian depan setir, terdapat panel instrumen 12.3 inci full digital yang menampilkan berbagai informasi multifungsi untuk pengendara. Ada pula head unit berukuran 8 inci dengan layar sentuh yang dapat mengatur segala jenis fitur sesuai keinginan Anda. Jelas lebih atraktif dibandingkan kepunyaan CR-V Turbo. Soal kompartemen, mobil ini menyediakan banyak boks penyimpanan. Berguna bagi Anda yang suka membawa barang-barang berharga. 

Interior VW

Bagian interior VW Tiguan Allspace 

Jok untuk pengendara dan penumpang terbuat dari kulit dan cukup empuk. Jok pengendara dapat diatur secara elektrik, sementara jok penumpang bisa disesuaikan secara manual dengan tuas. Kursi tengah baris kedua cukup lega dan dapat memuat tiga orang dewasa. Baris kedua juga dilengkapi dengan beberapa folding table dan cup holder. Menjadikan Tiguan Allspace layak dilirik untuk Anda yang hobi bepergian bersama keluarga. Namun, sayangnya, kursi di baris ketiga sangat sempit dibandingkan CR-V Turbo, lalu head room-nya juga mentok, sehingga orang dewasa sulit untuk duduk dengan nyaman di sana. 

Beralih ke bagasi. Sebenarnya, saat jok baris ketiga diaktifkan, space bagasi tidak begitu luas, jika dibandingkan CR-V. Namun, kalau jok baris ketiga direbahkan, maka ruang penyimpanannya bisa cukup mumpuni.  Di bawah lantai bagasi ada ban cadangan dan beberapa tool kit yang dapat digunakan saat darurat.

>>> Kelebihan - Kekurangan dan Harga Volkswagen Golf Bekas Mk7

Performa Mesin Volkswagen Tiguan Allspace

Selain fitur yang berlimpah, VW Tiguan Allspace juga menawarkan rasa berkendara yang lebih nyaman dibandingkan CR-V Turbo. Kedua SUV-7 penumpang ini sama-sama menggunakan mesin turbo. Bedanya, Tiguan menggunakan mesin turbo berkapasitas 1.4 liter sementara CR-V menggunakan mesin turbo berkapasitas 1.5 liter.

Namun, tak disangka, untuk putaran bawah, Tiguan Allspace terasa lebih enak. Namun, untuk putaran menengah ke atas, CR-V lebih unggul mengingat tenaganya lebih besar. Tiguan Allspace menghasilkan tenaga hingga 152 dk dengan torsi 250 Nm yang diakomodasi oleh transmisi DSG (Direct Shift Gearbox) dual clutch, sehingga perpindahannya sangat cepat dan responsif serta halus.

VW Tiguan Allspace

Tampilan mewah Volkswagen Tiguan Allspace 

Sementara CR-V menghasilkan tenaga 190 dk dengan torsi 240 Nm yang disalurkan oleh transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Besarnya tenaga yang dihasilkan juga berbanding lurus dengan akselerasi. Harus diakui bahwa akselerasi CR-V untuk 0-100 km/jam lebih cepat satu detik yakni 8,9 detik dibandingkan Tiguan Allspace yang menghabiskan waktu 9,9 detik.

Bicara performa mesin, maka tak jauh-jauh dari masalah kekedapan kabin. Untuk kekedapan kabin, Tiguan Allspace jauh lebih baik dibanding CR-V.  Road noise atau drill ban mobil CR-V terdengar lebih berisik daripada Tiguan Allspace yang lebih senyap.

Fitur dan Teknologi Volkswagen Tiguan Allspace

Fitur-fitur yang dimiliki VW Tiguan Allspace tergolong lengkap. Keunikannya dibandingkan CR-V, Tiguan Allspace menghadirkan fitur mode custom yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengendara. Hal ini memungkinkan pengendara beradaptasi dengan cuaca serta medan yang bakal dilaluinya. Terdapat lima mode berkendara yang ditawarkan Tiguan Allspace, yakni normal, comfortable, sporty, individual, dan eco. Selain itu,, disisipkan pula fitur-fitur assistance seperti Cruise Control dan Speed Limit yang ditampilkan  melalui layar panel instrumen. Canggih, bukan?

Untuk urusan suspensi, Tiguan Allspace mampu bersaing dengan CR-V Turbo. Pasalnya, mobil ini memiliki fitur Dynamic Chassis Control yang dapat mengatur suspensi melalui mode berkendara sesuai dengan situasi. Ada tiga mode suspensi, yaitu mode comfort yang memberikan suspensi empuk, mode normal, dan mode sport dengan suspensi agak kaku bagi Anda yang ingin buru-buru.

Bagian mobil VW

Tiguan Allspace warna silver 

Tiguan Allspace juga memiliki fitur pengaturan AC tiga zona atau 3-zone Climatronic pada mobil ini memungkinkan pengendara mendapatkan suhu AC yang ideal untuk dirinya. Fitur unggulan Tiguan Allspace lainnya adalah Park Assist. Fitur Park Assist dapat membantu Anda memarkirkan mobil secara otomatis bahkan di ruang sempit sekalipun. 

Selain itu, Tiguan Allspace juga menawarkan fitur keamanan dengan menyediakan sabuk pengaman 3 titik di setiap baris, serta 6 airbag. Ada pula fitur-fitur tambahan seperti Tire Pressing, rem ABS, Electronic Stability Control (ESC) dan Brake System.

Konsumsi Bahan Bakar Volkswagen Tiguan Allspace

VW Tiguan Allspace 2019

Mobil VW Tiguan Allspace 2019

Ketika diuji untuk melintasi rute dalam kota dan rute tol dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, Tiguan Allspace terbukti lebih irit dalam mengonsumsi bahan bakar dibandingkan CR-V. Untuk rute dalam kota, Tiguan Allspace dapat menghabiskan 11,4 km/l dan rute  tolnya 16 km/l dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam. Sementara CR-V bisa menghabiskan 10 km/l untuk rute dalam kota dan 15 km/l untuk rute tol. 

Kekurangan Volkswagen Tiguan Allspace

Terlepas dari kehadiran fitur-fitur yang mumpuni, ternyata Volkswagen Tiguan Allspace juga memiliki kekurangan yang patut Anda ketahui. Pertama, mobil ini tidak memiliki panoramic sunroof jika dibandingkan dengan CR-V. Kedua, jok baris ketiga sangat sempit dan tidak nyaman diduduki oleh penumpang dengan badan yang cukup tinggi. Terakhir, ruang bagasi dinilai cukup sempit daripada CR-V, sehingga Anda tidak bisa membawa banyak barang sekaligus. 

Itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Volkswagen Tiguan Allspace jika dibandingkan dengan CR-V Turbo.

>>> Lelucon April Fools’ Day Volkswagen Tuai Kritikan Pedas

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top