Volkswagen Taigo 2022, Jadi "Coupé Crossover" Terbaru Untuk Pasar Eropa

21/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen Taigo 2022 siap menemani Volkswagen T-Cross untuk mendominasi segmen pasar SUV crossover subkompak dengan karakter sport coupe di kawasan Eropa

Produk kembar memang sudah menjadi tradisi lama para pabrikan mobil di seluruh dunia. Contohnya  kolaborasi dua merek dengan produk sama namun beda nama seperti Daihatsu Terios dan Toyota Rush. Atau contoh lainnya adalah satu produk yang sama diberi dua nama berbeda seperti Volkswagen Nivus (pasar Amerika Selatan) dan Volkswagen Taigo (pasar Eropa). Nah, kali ini kupasan tentang Volkswagen Taigo yang menemani Volkswagen T-Cross sebagai pilihan bagi konsumen di benua biru.  

>>> Bakal Debut di Shanghai, Volkswagen Rilis Teaser VW ID.6

SUV Crossover Subkompak

Menilik portofolio produk Volkswagen, maka Volkswagen Taigo diposisikan sebagai "coupé crossover", sedangkan  Volkswagen T-Cross ditempatkan sebagai crossover dengan postur tinggi. Dalam bahasa awam, bagi konsumen yang ingin crossover berkarakter sporty silakan pilih Taigo. Sedangkan konsumen yang ingin SUV gagah, sudah tersedia T-Cross. Beberapa waktu lalu, sosok Volkswagen Taigo “tertangkap” oleh Autoevolution sedang berkeliaran di Jerman tanpa kamuflase sama sekali.

gambar vw taigo

Di pasar Amerika Selatan namanya Nivus, di pasar Eropa namanya menjadi Taigo

Alhasil terdapat banyak panel body cladding yang terpasang pada over fender dan bagian bawah pintu untuk menegaskan bahasa tubuh Volkswagen Taigo sebagai SUV sejati. Untuk fascia depan terlihat DRL LED yang menganut siluet L dan terhubung antara bagian kiri kanan  dengan panel  chrome. Sedangkan pada fascia belakang  terdapat light bar selebar bodi yang menghubungkan kedua lampu belakang  LED. Tidak ketinggalan  fitur standar berupa  sunroof dan  velg alloy  bi-tone  dengan model double 5-spoke. 

Platform Baru

Volkswagen Taigo menganut varian A0 dari platform MQB sehingga bisa saling berbagi komponen seperti dashboard, digital instrument cluster, touchscreen infotainment, steering wheel, dan tuas rem tangan dengan Volkswagen Polo (spek pasar Eropa). Namun, sistem HVAC untuk Taigo menganut tombol biasa, sedangkan perangkat sejenis pada Polo sudah memakai tombol sentuh.

gambar platform

Platform A0 MQB didayagunakan Volkswagen untuk pengembangan berbagai model terbaru

Volkswagen melengkapi Taigo dengan  sistem infotainment layar sentuh 10 inci, digital gauge  10,25 inci, driver-assist system plus fitur keselamatan yang mencakup  autonomous emergency braking,  pedestrian monitoring, adaptive cruise control, lane assist, dan hill-start assist. 

Varian

Serupa dengan Volkswagen T-Cross, nantinya Volkswagen Taigo 2022 akan tersedia dalam empat pilihan varian. Selain  varian base trim level, konsumen di Eropa dapat memilih varian  Life (mid-range), varian Style (design focus) hingga varian Active (top of the line). Pada sektor mesin, Volkswagen Taigo 2022 didukung mesin bensin TSI 3 silinder 1,0 liter turbo dengan  gasoline particulate filter dan pilihan 94 HP dan 108 HP.

gambar mesin tsi

Mesin TSI memadukan efisiensi  dan performa dengan optimal

Konsumen juga dapat memilih transmisi manual 5-speed, manual 6-speed, dan otomatis DSG 7-speed. O iya bagi konsumen yang berkarakter “power hungry” silakan pilih Volkswagen Taigo 2022 dengan mesin TSI 1,5liter OPF 148 hp 250 Nm plus transmisi otomatis DSG. Belum ada informasi harga Volkswagen Taigo 2022, namun diperkirakan akan lebih mahal daripada  T-Cross yang ditawarkan mulai dari € 19.300 atau setara US$ 23.500 di Jerman.

>>> Mobil Listrik VW ID.6 Crozz Siap Mengaspal, Sayang Tak Masuk Indonesia

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

 
back to top