Volkswagen Mulai Pengujian VW ID3 Tempuh Jarak 20 Ribu Km

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Volkswagen Mulai Pengujian VW ID3 Tempuh Jarak 20 Ribu Km
Volkswagen memulai pengujian VW ID3 di jalan raya Jerman sepanjang 20 ribu kilometer. Ditargetkan misi listrik tersebut bisa selesai dalam waktu dua bulan.

Perkembangan mobil listrik di Jerman terus meningkat. Seiring meningkatnya permintaan, beragam model bermunculan menawarkan berbagai kelebihan. Tidak hanya dari sisi desain, para produsen juga bersaing dalam hal kemampuan.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Volkswagen (VW). Sebagai salah satu produsen mobil paling top di dunia, VW tak mau tertinggal. Salah satu mobil listrik listrik andalannya, ID.3 kini tengah dibuktikan kehandalannya. ID3 diuji coba dipakai untuk waktu yang lama serta menempuh jarak yang cukup panjang secara maraton.

Menempuh jarak 20.000 km

Foto menunjukkan Uji coba  VW ID.3 Pro S di Jerman

Volkswagen melakukan pengujian VW ID3 Pro S di jalan raya Jerman

Dalam rilisnya disebutkan, pengujian VW ID3 ini menggunakan model pra produksi yaitu ID.3 Pro S dengan joki seorang spesialis uji coba jarak jauh, Rainer Zietlow, ditemani rekan pengemudi Dominic Bruner. Rainer bakal menempuh perjalanan sepanjang 20 ribu km, dimulai 28 September 2020 pukul 2 siang dari hotel paling selatan Jerman dekat Oberstdorf.

Ditargetkan perjalanan selesai di tempat parkir mobil paling utara Jerman, sebelah barat List di pulau Sylt. dan mengingat jarak 20 ribu bukan jarak yang pendek, Raine bakal membawa mobil ini berkeliling ke banyak tempat di Jerman. Institute of Transport Logistics (ITL) di Technical University of Dortmund telah menghitungkan rute yang paling efisien agar mobil bisa menjangkau sebanyak mungkin area di Jerman.

Raine dan timnya akan melaporkan pengalaman mereka secara online di laman www.id3-deutschlandtour.com, serta memberikan update harian, foto dan video yang direkam dari jalanan.

Uji Coba Perdana

Volkswagen menuturkan, untuk mobil pra produksi tes jalan raya VW ID.3 Pro S di atas merupakan uji coba eksternal perdana. Dengan baterai berkapasitas 77 kWh (bersih), tes dimulai dengan kapasitas baterai penuh. Sepanjang perjalanan mobil bakal berhenti di sekitar 650 stasiun pengisian cepat dengan kapasitas pengisian lebih dari 60 kW.

Uji coba juga dilakukan untuk menguji kualitas pengisian jarak jauh We Charge milik Volkswagen serta kualitas infrastruktur elektrifikasi di Jerman. Sebagai informasi VW ID.3 Pro S dengan baterai berkapasitas 77 kWh ini menawarkan jangkauan hingga 549 km dalam siklus WLTP. Mobil rencananya akan dipasarkan pada musim semi 2021, yakni antara bulan Maret dan Mei.

>>> Volkswagen ID.R Cetak Rekor Lagi, Kali ini di Bilster Berg

>>> Pilihan Mobil baru dan bekas VW bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Volkswagen Group Berencana Merombak Strategi Supercar

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Perkembangan mobil listrik dan otonom di masa depan membuat Volkswagen Group berencana merombak strategi supercar yang melibatkan Lamborghini, Bugatti & Ducati.

Lihat juga

Meluncur di Beijing Auto Show, Van Ini Tiru Mobil Klasik Volkswagen

30/09/2020

Mobil baru

2 menit

Beijing Auto Show 2020 memperkenalkan berbagai mobil unik. Diantaranya Songsan Summer yang disebut ‘terinspirasi’ dari salah satu mobil klasik Volkswagen.

Lihat juga

Volkswagen ID.R Cetak Rekor Lagi, Kali ini di Bilster Berg

27/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen menciptakan ID.R sebagai mobil pencetak rekor. Setelah memegang waktu tercepat mulai dari Pikes Peak sampai Goodwood, mobil balap listrik itu kembali menorehkan rekor di Sirkuit Blister Berg, Jerman.

Lihat juga

Mobil Listrik Volkswagen ID.4 Masih Gunakan Rem Tromol, Kenapa?

26/09/2020

Mobil baru

2 menit

Dengan harganya yang mencapai Rp 600 jutaan, ternyata mobil listrik Volkswagen ID.4 masih menggunakan rem tromol, bukannya rem cakram. Ternyata ini alasannya.

Lihat juga

Volkswagen Hadirkan ID.3 R, Siap Debut 2024?

01/07/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah diberi lampu hijau oleh para petinggi Volkswagen, hatchback listrik VW ID.3 akan mendapatkan varian performa tinggi R yang dirumorkan hadir tahun 2024 mendatang.

Lihat juga
 
back to top