Volkswagen Ingin Kuasai 70% Pasar Mobil Listrik Eropa

07/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Volkswagen Ingin Kuasai 70% Pasar Mobil Listrik Eropa
Dengan sumber daya dan strategi yang dimiliki, Volkswagen (VW) berencana menguasai 70% pasar mobil listrik di Eropa, 50% di Amerika dan 50% di pasar China.

Volkswagen (VW) dikenal sebagai perusahaan mobil di dunia dengan produksi paling tinggi. Dalam hal elektrifikasi juga serius. Saat ini melalui strategi baru yang bernama ACCELERATE Volkswagen berencana mempercepat peralihan produksi mobil konvensional ke mobil bertenaga baterai.

Targetkan 70% Pasar Eropa

Volkswagen berencana meningkatkan pangsa pasarnya untuk mobil listrik (BEV) di tiga pasar penting pada 2030. Di Eropa ditingkatkan hingga dua kali lipat dari semula 35% menjadi 70%.  Kemudian di pasar China dan Amerika masing-masing sebesar 50%.

“Kami meningkatkan kecepatan. Di tahun-tahun mendatang, kami akan mengubah Volkswagen tidak seperti sebelumnya. Sekarang, dengan ACCELERATE kami akan mendorong digitalisasi merek lebih jauh. ” kata Ralf Brandstätter, CEO Volkswagen di laman resmi VW.

Untuk mencapai semua itu, Volkswagen akan meluncurkan minimal satu model baru mobil listrik BEV setiap tahun. Diantaranya, VW ID.4 GTX All Wheel Drive yang bakal diluncurkan paruh pertama 2021, VW ID.5 Sporty pada paruh kedua 2021. Kemudian SUV listrik 7 penumpang VW ID.6 X dan VW ID.6 Crozz bakal diluncurkan di China pada musim gugur 2021, yaitu antara September-November.  Sedangkan untuk dua tahun berikutnya hingga 2025 bakal diluncurkan mobil listrik di bawah VW ID.3 yang harganya lebih terjangkau.

>>> Pabrik Transparent Disiapkan Jadi 'Rumah' Mobil Listrik VW ID.3

Foto CEO Volkswagen, Ralf Brandstätter

VW ingin mendominasi pasar mobil listrik di Eropa

Elektrifikasi Volkswagen tak sekadar menghadirkan model baru, tapi mengembangkan beragam teknologi yang berkaitan. VW akan terus mengoptimalkan penggunaan platform Modular Electric Drive Toolkit (MEB) dengan peningkatan akselerasi, kapasitas pengisian daya, dan jangkauan.

Kembangkan model konvensional

Percepatan ke arah elektrifikasi juga dilakukan Volkswagen untuk model-modelnya yang bermesin konvensional. Model inti seperti Golf, Tiguan, Passat, Tayron dan T-ROC bakal hadir dengan teknologi hybrid di kemudian hari dan dilakukan secara bertahap.

“Kami masih membutuhkan mesin pembakaran untuk sementara waktu, tetapi mereka harus seefisien mungkin, itulah sebabnya generasi berikutnya dari produk inti kami - yang semuanya adalah model dunia - juga akan dilengkapi dengan generasi terbaru dari teknologi hibrida plug-in, dengan jangkauan listrik hingga 100 kilometer. ” jelas Brandstätter.

Sebagai informasi, pasar mobil listrik AS saat ini didominasi model-model buatan Tesla. Sedangkan di pasar China dikuasai SGMW dengan model barunya, Wuling Hongguang MINI EV. Namun dengan sumber daya yang dimiliki, Volkswagen optimis mampu bersaing dengan mereka, bahkan memimpin dalam hal produksi.

"Dari semua pabrikan besar, Volkswagen memiliki peluang terbaik untuk memenangkan perlombaan. Sementara pesaing masih di tengah transformasi listrik, kami mengambil langkah besar menuju transformasi digital," tutup Brandstätter.

>>>  Tertarik mobil VW, cek koleksi dan harganya di sini!

Foto menunjukkan daftar mobil listrik VW ID Family

Volkswagen bakal menghadirkan mobil listrik setiap tahun

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya bisa dibaca disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top