Volkswagen Incar 90% Pasar Mobil Listrik di Norwegia

13/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Volkswagen Incar 90% Pasar Mobil Listrik di Norwegia
Berkompetisi di negara dengan populasi mobil listrik terbesar di dunia, Volkswagen mengincar 90 persen penjualan mobil listrik di Norwegia pada 2021 mendatang.

Mobil listrik tengah ngetren di dunia saat ini di berbagai negara. Namun tak ada yang seberhasil Norwegia. Langkah serius pemerintah telah berhasil meningkatkan populasi mobil listrik secara signifikan.

Lebih laris dibanding mobil BBM

Dikutip dari Reuters, (7/10/2020), importir lokal mobil Volkswagen Norwegia menyebut, tahun depan (2021) mobil listrik kemungkinan besar bakal menguasai 90 persen penjualan mobil di Norwegia. Dan diyakini pada 2023 mobil listrik bakal benar-benar menggantikan mobil konvensional baik mesin diesel maupun bensin.

Sebagai gambaran, pada bulan September 2020 registrasi mobil listrik menguasai 61,5 persen dari seluruh registrasi mobil baru. Persentase tersebut meningkat 42,4 persen dibanding September 2019.

>>> Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen

Foto menunjukkan VW ID.3 tampak dari samping

Penjualan mobil listrik di Norwegia paling laris di dunia

Volkswagen incar 90 persen pasar

Secara, dengan target pemerintah menjadikan Norwegia sebagai negara pertama yang mengakhiri penjualan mobil berbahan bakar fosil pada 2025, negara ini menjadi pasar menggiurkan bagi produsen mobil listrik di seluruh dunia. Tak terkecuali Volkswagen (VW).

Raksasa otomotif Jerman tersebut bersama grupnya mengincar 90 persen pasar mobil listrik di Norwegia tahun 2021 mendatang. Terdengar muluk-muluk, tapi itu sangat realistis.

Debut Volkswagen ID.3 bulan lalu misalnya, telah menjadi bukti mobil listrik buatan VW diterima pasar. Dilansir dari situs mobil listrik Insideevs, sepanjang September penjualan VW ID.3 berhasil melampaui Tesla Model 3 yang selama ini menguasai pasar. Bahkan tidak hanya Model 3 saja, penjualan VW ID.3 juga lebih banyak dibanding gabungan Tesla Model 3, Model S, dan Model X.

Volkswagen ID.3 terjual sebanyak 1.989 unit. Sementara Tesla terjual sebanyak 1.439 unit, terdiri dari Model 3 sebanyak 1.116 unit, gabungan Model S dan Model X sebanyak 323 unit.

Model lain yang diungguli VW ID.3 yaitu Geely Polestar 2. Di bulan September mobil listrik buatan China itu terjual sebanyak 937 unit, disusul MG ZS EV sebanyak 672 unit dan Audi e-Tron sebanyak 542 unit.

>>> Volkswagen ID.R Cetak Rekor Lagi, Kali ini di Bilster Berg

Foto menunjukkan Produksi VW ID.3 di pabrik

VW ID.3 diproduksi dengan kontrol ketat

Sebagaimana disebut di depan, pemerintah Norwegia sangat serius dengan proyek elektrifikasi kendaraan bermotor. Salah satunya dengan memberi tarif pajak sebesar 0 untuk mobil listrik full electric. Kebijakan ini sudah berlaku sejak tahun lalu. Dan tahun ini diperpanjang lagi.

“Hal ini membuat kami yakin untuk mengatakan bahwa kami dapat mencapai 90% penjualan mobil listrik tahun depan,” kata Harald A. Moeller AS, importir mobil Volkswagen Norwegia, termasuk merek Audi, Skoda dan SEAT.

"Pelanggan akan memiliki akses ke lebih banyak pilihan mobil listrik di sebagian besar segmen pada tahun 2021," tambahnya.

>>> Pilihan Mobil baru dan bekas VW bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Mantan Bos Volkswagen Ditunjuk Jadi CEO Startup Mobil Listrik

06/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Setelah berkiprah menjadi CEO Volkswagen selama tiga tahun kini Matthias Müller akan berkarir menjadi bos startup yang bersaing di segmen mobil listrik.

Lihat juga

Volkswagen Mulai Pengujian VW ID3 Tempuh Jarak 20 Ribu Km

01/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen memulai pengujian VW ID3 di jalan raya Jerman sepanjang 20 ribu kilometer. Ditargetkan misi listrik tersebut bisa selesai dalam waktu dua bulan.

Lihat juga

Volkswagen Group Berencana Merombak Strategi Supercar

30/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Perkembangan mobil listrik dan otonom di masa depan membuat Volkswagen Group berencana merombak strategi supercar yang melibatkan Lamborghini, Bugatti & Ducati.

Lihat juga

Meluncur di Beijing Auto Show, Van Ini Tiru Mobil Klasik Volkswagen

30/09/2020

Mobil baru

2 menit

Beijing Auto Show 2020 memperkenalkan berbagai mobil unik. Diantaranya Songsan Summer yang disebut ‘terinspirasi’ dari salah satu mobil klasik Volkswagen.

Lihat juga

Citroen e-C4 Debut Akhir Juni, Bakal Jadi Pesaing VW ID.3

15/06/2020

Mobil baru

3 menit

Citroen mengumumkan debut Citroen e-C4 pada 30 Juni 2020. Crossover listrik ini digadang bakal menjadi pesaing Volkswagen ID.3 yang sudah dijual massal di Eropa

Lihat juga