Volkswagen Gunakan Platform Mobil untuk Produksi Kapal Listrik

02/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Volkswagen Gunakan Platform Mobil untuk Produksi Kapal Listrik
Volkswagen bekerja sama dengan pabrikan pembuat kapal pesiar ternama, Silent-Yachts, untuk menghadirkan kapal listrik dengan platform MEB milik Volkswagen.

Bekerja sama dengan perusahaan kapal pesiar bertenaga surya Silent-Yachts, Volkswagen mengadaptasi sistem e-drive modular MEB untuk digunakan pada kapal listrik. Sistem yang juga digunakan pada Volkswagen ID.3 akan menjadi basis untuk kapal pesiar berenergi alternatif. Sistem ini akan memberi daya pada semua sistem kelistrikan pada kapal.

Platform MEB milik Volkswagen

Silent-Yachts dan Volkswagen siap untuk menggunakan platform kendaraan listrik yang dikenal dengan nama MEB, atau Modular E-drive Matrix. Penggunaan platform ini dilakukan sebagai salah satu upaya kedua perusahaan mengurangi biaya pembuatan kapal listrik tanpa emisi.

Volkswagen sebagai pemasok powertrain, Silent-Yachts akan memproduksi kapal, dan mitra ketiga Seat Cupra akan membantu dalam mendesain kapal tersebut. VW menyebut perancang kendaraan di Cupra akan menghadirkan proporsi, dimensi, dan permukaan yang berbeda untuk mengerjakan kapal dengan platform listrik yang dinamai Silent Yacht 50.

platform MEB Volkswagen untuk kapal listrik
Kapal listrik Silent Yacht 50 akan menggunakan platform MEB milik Volkswagen

>>> Royal Falcon One, Kapal Pesiar Mewah dari Porsche

Seperti kendaraan beroda empat milik VW ID.3, Volkswagen mengatakan bahwa penggunakan powertrain listrik berarti “mengurangi biaya pemeliharaan dan servis dibandingkan dengan kapal pesiar konvensional”. Hal ini dikarenakan sistem penggerak bertenaga listrik kurang rentan terhadap perbaikan dibandingkan mesin konvensional.

Silent Yacht 50 akan menggunakan baterai, inverter yang dikendalikan oleh pulsa, dan motor listrik milik Volkswagen. Inverter akan diprogram secara berbeda untuk digunakan di kapal daripada mobil. Silent-Yachts juga akan mengubah beberapa interface software sesuai dengan kebutuhan serta menggunakan enam baterai dengan daya 500 kW.

>>> Harga VW ID.4 Crozz di China Lebih Murah dari Tesla Model 3

Bukan hanya untuk mobil

Volkswagen sebelumnya mengklaim bahwa kekuatan baterai mobil listrik yang sedang mereka kembangkan tidak hanya untuk hanya transportasi beroda. Pilihan model bertenaga baterai dianggap oleh para ahli sebagai pilihan terbaik untuk memerangi perubahan iklim, jelas Volkswagen dalam sebuah postingan resmi mereka.

kapal listrik Toyota dengan Yanma
Toyota sebelumnya menggunakan baterai Toyota Mirai untuk kapal listrik

Ternyata Volkswagen bukan satu-satunya perusahaan yang tertarik untuk mengadaptasi powertrain nol emisi untuk perahu. Toyota dan Yanmar menggunakan tangki hidrogen dari mobil sel bahan bakar Toyota Mirai. Pada tahun 2019, BMW dan Torqeedo mengadaptasi baterai dari BMW i3 dan BMW i8 untuk digunakan pada kapal listrik.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru terbaik hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top