Volkswagen Group Siap Saingi Tesla Sebagai Pemimpin Mobil Listrik Premium

09/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen Group Siap Saingi Tesla Sebagai Pemimpin Mobil Listrik Premium
Volkswagen Group menaungi beberapa produsen mobil utama seperti Audi, Bentley, Bugatti, Lamborghini hingga Porsche.

Volkswagen AG dilaporkan sedang dalam pembicaraan dengan produsen mobil lainnya untuk berbagi teknologi utama yang menopang model mobil listrik Porsche dan Audi di masa depan. Langkah ini bagian dari upaya untuk mengefisiensi biaya pengembangan. 

>>> Genjot Elektrifikasi, Porsche Buka Kemungkinan Buat Hypercar Listrik

Audi e-Tron 50 Quattro 2019 Putih

Tampilan mempesona dari Audi e-Tron 50 Quattro 2019

"Jelas ada minat," ungkap Ulrich Widmann, kepala pengembangan di Audi untuk proyek rekayasa bersama, mengatakan pada konferensi pers di Munich. “Kami sedang mengobrol. Berbagi teknologi untuk menghasilkan efek bisnis skala adalah satu-satunya cara untuk mencapai perubahan haluan pada mobil listrik, baik secara ekonomi maupun desain ekologis.” tambahnya.

Widmann menolak untuk mengidentifikasi produsen yang telah menunjukkan minat untuk mengadopsi apa yang disebut platform PPE, yang sedang dikembangkan oleh Porsche dan Audi sebagai dasar untuk model bertenaga baterai murni mereka mulai tahun 2021.

>>> Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen

Porsche Taycan Turbo S 2020 putih

Porsche Taycan Turbo S 2020 bertenaga listrik

>>> Dapatkan daftar terlengkap mobil baru dan bekas hanya di sini

Untuk diketahui Platform PPE akan menawarkan teknologi baterai 800-volt milik Porsche yang saat ini digunakan Taycan dalam arsitektur yang lebih fleksibel yang dapat disesuaikan dan berkonfigurasi tinggi yang dikonfigurasikan untuk penggerak roda belakang atau semua roda. Audi berencana untuk menggunakan PPE untuk sedan fastback, sedangkan generasi berikutnya Porsche Macan akan menggunakan konfigurasi crossover-height.

VW AG akan membuat dorongan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melengserkan Tesla Inc sebagai pemimpin mobil listrik premium. Sementara pada saat yang sama langkah ini tetap menjaga persaingan dengan Toyota Motor Corp dan General Motors.

>>> Berita otomotif terbaru ada di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top