Virus Corona Meluas di Eropa, VW Tutup Pabriknya

18/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Virus Corona Meluas di Eropa, VW Tutup Pabriknya
Krisis yang dipicu meluasnya penyebaran Virus Corona kini sudah mulai mempengaruhi industri otomotif di Eropa. Yang terbaru, Volkswagen menutup pabriknya di kawasan Benua Biru sampai akhir Maret.

Hari ini, Volkswagen AG mengumumkan dua berita penting melalui konferensi media virtual. Yang pertama, VW akan meluncurkan crossover baru di Eropa, dan mereka akan menggandeng Ford untuk development truk VW Amarok generasi selanjutnya.

1. Dibagi menjadi dua fase

Selain dua pengumuman di atas, pabrikan yang berbasis di Wolfsburg, Jerman, itu juga akan menghentikan produksi di Eropa dan menutup beberapa pabrik. Tentu saja, ini menyangkut penyebaran Virus Corona di Eropa, yang sudah lebih dulu melumpuhkan kegiatan produksi di Cina. Dalam prosesnya, VW membagi fase libur menjadi dua fase.

“Produksi akan dihentikan untuk pabrik di Spanyol, Setubal (Portugal), Bratislava (Slovakia), dan fasilitas milik Lamborghini serta Ducati di Italia sebelum akhir pekan ini. Sementara itu, sebagaian besar pabrik di Jerman dan kawasan Eropa lainnya akan bersiap untuk penghentian produksi, mungkin untuk dua Minggu. Untuk lebih jelasnya, masing-masing brand akan menginformasikan detail operasional ini sesegera mungkin,” tulis VW di rilis resminya.

>>> Italia terinfeksi Corona, pabrik Ferrari tutup sementara

Perakitan mobil VW Golf di pabrik VW

Pabrik VW di Eropa akan tutup selama dua pekan

>>> Berita terbaru seputar pasar mobil dapat Anda simak di sini

Langkah Volkswagen termasuk salah satu antisipasi masifnya penyebaran Virus Corona di Eropa sudah diikuti manufaktur lainnya kawasan Benua Biru. FCA (Fiat Chrysler Automobiles) sudah meliburkan produksinya sampai 27 Maret. Sementara PSA sudah memberhentikan produksi di seluruh dunianya sampai April, sedangkan Ferrari, Ford, Lamborghini dan brand lainnya sudah mengambil langkah pencegahan dengan meminta pegawainya bekerja di rumah.

Berdasarkan data terbaru, sudah ada hampir 190.000 kasus terkait penyebaran Virus Corona secara global dengan angka kematian 7.500 sampai hari ini. Cina masih jadi negara dengan kasus terbanyak (80.881), namun Italia saat ini memegang jumlah kasus aktif terbanyak saat ini (23.073).

>>> Opsi Mobil Jerman Pertama, Inilah 5 Pilihan Mobil VW Bekas

2. Pabrik VW di China kembali diproduksi

VW Golf MK8 baru selesai dirakit di pabrik Volkswagen

Sementara itu, pabrik VW di China sudah mulai beroperasi seperti biasa

Di saat penyebaran Virus Corona di Eropa sedang memprihatinkan, kondisi di China, negara asal virus, mulai berangsur membaik. Alhasil, VW pun secara perlahan kembali memulai produksi di pabrik VW Cina. “Kebalikannya, produksi di Cina sudah kembali normal kecuali untuk pabrik di Changsha dan Urumi,” tambah Herbert Diess, CEO Volkswagen.

>>> Berita otomotif terbaru, tips & trik, dan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Volkswagen Malaysia 'Jodohkan' Konsumen dengan Mobil Pada Valentine’s Day

14/02/2020

Pasar mobil

2 menit

Menyemarakkan Valentine's Day yang jatuh pada 14 Februari ini, Volkswagen Malaysia menggunakan fitur baru yang akan menjodohkan mobil dengan konsumennya.

Lihat juga

Geneva Motor Show 2020 Batal, Volkswagen Luncurkan Model Baru Via Live Streaming

02/03/2020

Mobil baru

3 menit

Menyusul dibatalkannya even General Motor Show 2020, Volkswagen (VW) tetap meluncurkan dua model baru Touareg R dan Golf GTI yang akan disiarkan secara online.

Lihat juga

Mobil Tanpa Sopir Volkswagen Siap Jadi Transportasi FIFA World Cup 2022 Qatar

28/12/2019

Pasar mobil

2 menit

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Qatar dalam beberapa tahun ke depan, Anda bisa saja merasakan berkeliling kota dalam mobil tanpa sopir Volkswagen.

Lihat juga

Siap-siap, 34 Mobil Baru Volkswagen Hadir di 2020

25/12/2019

Mobil baru

3 menit

Volkswagen tengah bersiap untuk pendekatan agresif tahun 2020, mereka menyiapkan 34 mobil baru Volkswagen untuk diluncurkan tahun depan, termasuk 12 SUV dan 8 model elektrifikasi, baik itu listrik ataupun hybrid.

Lihat juga

Volkswagen Group Siap Saingi Tesla Sebagai Pemimpin Mobil Listrik Premium

09/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Volkswagen Group menaungi beberapa produsen mobil utama seperti Audi, Bentley, Bugatti, Lamborghini hingga Porsche.

Lihat juga