Virus Corona Bikin Orang Lebih Hati-hati saat Membeli Mobil Baru

14/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Virus Corona Bikin Orang Lebih Hati-hati saat Membeli Mobil Baru
Virus corona tak hanya memberikan dampak langsung pada penjualan mobil. Bagi konsumen, membeli mobil baru di masa sekarang justru harus lebih hati-hati.

Penjualan mobil baru di Indonesia tengah lesu. Penyebab utamanya adalah penyebaran virus corona yang hingga kini belum juga mereda. Belum habis sampai di situ, penyebaran virus corona merembet hingga membuat kondisi perekonomian Tanah Air tak stabil. 

Akibatnya penjualan mobil turun drastis. Hal itu dirasakan langsung oleh pabrikan otomotif asal Jepang Toyota. Penjualannya di Indonesia merosot hingga 50% lebih sejak adanya sejumlah pembatasan untuk memutus mata rantai virus corona. 

Selektif Sebelum Membeli Mobil

>>> Ribuan Mobil Toyota Terjual di Tengah Corona, Ini yang Terlaris

Namun di balik semua itu, rupanya pangsa pasar Toyota malah naik. Dalam arti, banyak orang yang justru lebih selektif saat mau membeli mobil baru terlebih di masa seperti sekarang. 

Selektif Membeli Mobil

Di saat pandemi orang lebih selektif dalam membeli mobil

"Konsumen disaat membeli mobil mereka akan lebih berhati-hati lagi, brand mana yang lebih confident atau lebih pede untuk membeli, dan Toyota punya kemampuan ini," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam kesempatan wawancara virtual. 

Dijelaskan Anton, biasanya Toyota meraih pangsa pasar sebesar 30-31% persen. Namun pada April, pangsa pasarnya meningkat hampir 35 persen. 

>>> Lagi Musim Corona Gini, Masih Adakah Orang yang Mau Membeli Mobil Baru?

Mobil Toyota

Masyarakat percaya dengan mobil Toyota

Ketimbang memberikan diskon besar, Toyota justru fokus menggencarkan program leasing. Diskon besar disebut tidak serta merta akan menaikan penjualan. 

Gencar Tawarkan Program Leasing

Program leasing yang ditawarkan Toyota berupa keringanan Down Payment alias uang muka. Seperti diketahui, saat ini leasing cukup ketat dalam memberikan pinjaman imbas dari penyebaran Covid-19 lantaran tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan untuk membayar cicilan karena minimnya pendapatan. 

>>> Intip Bocoran Mobil Baru Toyota yang Akan Meluncur di Indonesia

"Lewat leasing kita ACC dan TAF, kita membantu mereka, jadi mereka bisa menggunakan DP yang levelnya tak sampai 40 persen 50 persen, masih 30 persen, atau di bawah sedikit 25 persen, itu cukup membantu," terang Anton. 

Selain DP ringan di tengah pandemi, suku bunga yang diberikan disebut cukup atraktif untuk menarik minat konsumen Indonesia. 

"Di angka 3,7 persen, itu juga sangat menarik, karena memang kalau bunga kan di atas 5 persen 6 persen atau 7 persen.  Jadi dua hal ini yang membantu Toyota di bulan April untuk mencapai market share yang cukup tinggi," tutur Anton. 

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Penjualan Peugeot di Indonesia Meroket Hingga 228% Gara-gara Ini

13/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Gaikindo melaporkan bahwa penjualan merek premium Peugeot pada empat bulan pertama tahun ini alami peningkatan, tidak tanggung-tanggung hingga 228 persen.

Lihat juga

Kian Pulih, Penjualan Mobil Baru di China Mulai Alami Peningkatan

12/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Permintaan yang kuat untuk kendaraan komersial di China pada April lalu bantu peningkatan penjualan mobil baru sebanyak 4,4 persen menjadi 2,07 juta unit.

Lihat juga

Daftar Harga Toyota Agya terbaru November 2020 Di Indonesia

01/11/2020

Toyota

Peraturan Pemerintah Indonesia tentang mobil kategori Low Cost Green Car (LCGC), membuat Toyota ikut berpartisipasi dengan menghadirkan beragam produk-produk inovatif. Salah satu produknya yakni Toyota Agya, mulai diperkenalkan pertama kali sejak tahun 2013 di acara Indonesia International Motor Show (IIMS). Apa saja kelebihan dari mobil ini? Berapa daftar harga Toyota Agya terbaru?

Lihat juga

Review Toyota Yaris Cross 2020: Groovy Untuk Segala Medan

TBA

29/04/2020

Editor rate:

Toyota Yaris hatchback tahun lalu diluncurkan ke publik dengan mengembalikan desain yang makin funky dan groovy, kini giliran Toyota Yaris Cross 2020 yang siap mengaspal

Lihat juga
 
back to top