Virus Corona Belum Mereda, Le Mans 24 Jam 2020 Diundur

19/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Virus Corona Belum Mereda, Le Mans 24 Jam 2020 Diundur
Penyebaran virus corona di Eropa kini semakin buruk, dan berdampak pada berbagai ajang otomotif yang digelar di sana. Termasuk balap ketahanan Le Mans 24 Jam 2020 yang diundur sampai pertengahan September mendatang.

Di tengah memburuknya kondisi kesehatan global akibat pandemi Virus Corona, dan juga pembatasan kunjungan di Prancis dan seluruh dunia, Automobile Club de l’Ouest (ACO), bersama dengan FIA menunda gelaran balapan ketahanan Le Mans 24 Jam 2020, yang sedianya dijadwalkan pada 13-14 Juni menjadi 19-20 September 2020.

>>> Gara-gara Corona, jadwal balap F1 ditunda sampai Mei

Tiru langkah F1 dan Formula E

Langkah ini mengikuti berbagai kejuaraan balap lain yang menunda atau meliburkan kompetisi balap di tengah wabah Corona yang semakin meluas. Sebelumnya, F1 telah menunda atau membatalkan empat balapan awal musim 2020, sedangkan Formula E meliburkan kompetisi selama dua bulan ke depan.

Line-up mobil Le Mans 24 Jam 2019

WEC ikuti langkah F1 dan Formula E dalam penanganan virus Corona

“Penundaan Le Mans 24 jam tahun ini, yang awalnya dijadwalkan 13-14 Juni, adalah solusi masuk akal untuk menghadapi sulitnya kondisi kesehatan yang kita semua hadapi saat ini. Tentu saja, kami akan mengerahkan segala usaha untuk memastikan keamanan dan kualitas acara kami,” ujar Presiden ACO, Pierre Fillon.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

“Pertama dan yang paling penting, saya meminta semuanya untuk tidak menempatkan diri sendiri, orang yang dicintainya, serta orang lain dalam bahaya. Hal paling penting saat ini adalah untuk menghentikan penyebaran virus. Kami juga berterima kasih untuk para staf medis yang bekerja tanpa lelah untuk kesehatan kami semua.

Berdampak pada jadwal kompetisi ketahanan lainnya

Penundaan Le Mans 24 Jam tahun ini juga akan berdampak pada berubahnya jadwal kejuaraan FIA WEC, European Le Mans Series, Michelin Le Mans Cup, dan juga jadwal balapan Ligier European Series.

Start balapan ketahanan WEC Spa 6 Jam 2018

Balapan ketahanan Spa 6 jam dan Sebring 1000 km juga terpengaruh

Tidak hanya itu, balapan WEC Spa 6 jam serta 1.000 km of Sebring di Amerika juga berdampak dari penyebaran virus corona. Saat ini, WEC sedang mencari alternatif tanggal agar balapan di Sirkuit Spa-Francorschamps dapat digelar sebelum Le Mans.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar pasar mobil di sini

“Ini adalah keputusan tepat untuk menunda (balapan) di tengah situasi saat ini. Saat ini, kami tengah merevisi jadwal balap WEC, ELMS, Michelin Le Mans Cup, dan Ligier European Series untuk sisa musim ini. Begitu juga dengan WEC Season 9, yang semula dijadwalkan September 2020,” ujar Gerard Neveu, CEO FIA WEC dan ELMS.

>>> Berita otomotif, tips & trik, dan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan semua di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top