Virus Corona Belum Mereda, Le Mans 24 Jam 2020 Diundur

19/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Virus Corona Belum Mereda, Le Mans 24 Jam 2020 Diundur
Penyebaran virus corona di Eropa kini semakin buruk, dan berdampak pada berbagai ajang otomotif yang digelar di sana. Termasuk balap ketahanan Le Mans 24 Jam 2020 yang diundur sampai pertengahan September mendatang.

Di tengah memburuknya kondisi kesehatan global akibat pandemi Virus Corona, dan juga pembatasan kunjungan di Prancis dan seluruh dunia, Automobile Club de l’Ouest (ACO), bersama dengan FIA menunda gelaran balapan ketahanan Le Mans 24 Jam 2020, yang sedianya dijadwalkan pada 13-14 Juni menjadi 19-20 September 2020.

>>> Gara-gara Corona, jadwal balap F1 ditunda sampai Mei

Tiru langkah F1 dan Formula E

Langkah ini mengikuti berbagai kejuaraan balap lain yang menunda atau meliburkan kompetisi balap di tengah wabah Corona yang semakin meluas. Sebelumnya, F1 telah menunda atau membatalkan empat balapan awal musim 2020, sedangkan Formula E meliburkan kompetisi selama dua bulan ke depan.

Line-up mobil Le Mans 24 Jam 2019

WEC ikuti langkah F1 dan Formula E dalam penanganan virus Corona

“Penundaan Le Mans 24 jam tahun ini, yang awalnya dijadwalkan 13-14 Juni, adalah solusi masuk akal untuk menghadapi sulitnya kondisi kesehatan yang kita semua hadapi saat ini. Tentu saja, kami akan mengerahkan segala usaha untuk memastikan keamanan dan kualitas acara kami,” ujar Presiden ACO, Pierre Fillon.

>>> Pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

“Pertama dan yang paling penting, saya meminta semuanya untuk tidak menempatkan diri sendiri, orang yang dicintainya, serta orang lain dalam bahaya. Hal paling penting saat ini adalah untuk menghentikan penyebaran virus. Kami juga berterima kasih untuk para staf medis yang bekerja tanpa lelah untuk kesehatan kami semua.

Berdampak pada jadwal kompetisi ketahanan lainnya

Penundaan Le Mans 24 Jam tahun ini juga akan berdampak pada berubahnya jadwal kejuaraan FIA WEC, European Le Mans Series, Michelin Le Mans Cup, dan juga jadwal balapan Ligier European Series.

Start balapan ketahanan WEC Spa 6 Jam 2018

Balapan ketahanan Spa 6 jam dan Sebring 1000 km juga terpengaruh

Tidak hanya itu, balapan WEC Spa 6 jam serta 1.000 km of Sebring di Amerika juga berdampak dari penyebaran virus corona. Saat ini, WEC sedang mencari alternatif tanggal agar balapan di Sirkuit Spa-Francorschamps dapat digelar sebelum Le Mans.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar pasar mobil di sini

“Ini adalah keputusan tepat untuk menunda (balapan) di tengah situasi saat ini. Saat ini, kami tengah merevisi jadwal balap WEC, ELMS, Michelin Le Mans Cup, dan Ligier European Series untuk sisa musim ini. Begitu juga dengan WEC Season 9, yang semula dijadwalkan September 2020,” ujar Gerard Neveu, CEO FIA WEC dan ELMS.

>>> Berita otomotif, tips & trik, dan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan semua di sini

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Balap ISSOM 2020 Ditunda Akibat Pandemi Corona

18/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Ajang balap ISSOM 2020 ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini menyusul instruksi Presiden Republik Indonesia yang meniadakan kegiatan yang bisa menyedot keramaian publik demi mencegah penyebaran virus corona di Indonesia.

Lihat juga

Pandemi Virus Corona, Formula E 2020 Dihentikan Sementara

17/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Di tengah ramainya penyebaran Virus Corona, Formula E musim 2019/20 akan dihentikan selama dua bulan ke depan. Beberapa balapan pun harus dikorbankan, termasuk Jakarta E-Prix.

Lihat juga

Corona Hantam Italia, Pabrik Ferrari Ditutup Sementara

16/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Dampak penyebaran Virus Corona yang sangat masif di Italia, pabrik Ferrari yang mengatur seluruh kegiatan operasionalnya ditutup, termasuk markas tim Formula 1 yang batal berlaga di Australia.

Lihat juga

Lagi-lagi Karena Virus Corona, F1 GP Australia Dibatalkan!

13/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Setelah sebelumnya sempat positif digelar dan akan balapan akhir pekan ini, FIA dan Liberty Media sepakat membatalkan gelaran GP Australia akibat Virus Corona yang mulai menjalar ke paddock F1.

Lihat juga

Selain Geneva Motor Show, Gelaran Ini Jadi ‘Korban’ Virus Corona

03/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Penyebaran virus Corona benar-benar memberi dampak masif pada berbagai aspek, tak terkecuali industri otomotif dan motorsport secara global. Selain Geneva Motor Show yang batal, ada gelaran lain yang batal atau ditunda karena merebaknya virus Corona secara global.

Lihat juga