Viral! Porsche Terobos Jalur Busway, Minta Sopir Transjakarta Mundur

23/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Jagat sosial media tengah ramai soal Porsche yang menerobos jalur Busway. Dalam video yang diunggah pengendara Porsche minta sopir Transjakarta mundur.

Jalur busway sejatinya diperuntukan bagi bus Transjakarta. Tak ada kendaraan lain yang bisa melintas selain bus Transjakarta itu sendiri. Namun tengah viral di jagat sosial media sebuah mobil Porsche kedapatan menerobos jalur Transjakarta. 

>>> Aplikasi TIJE Transjakarta Punya 3 Fitur Baru

Porsche Terobos Jalur Busway

Porsche terobos jalur Transjakarta

Tampak pengendara Porsche meminta sopir Transjakarta mundur

Dalam video yang diunggah akun instagram jakarta.terkini, Jumat (23/4/2021) terlihat mobil Porsche berkelir putih tengah menyuruh sopir bus mundur tapi tampak tak digubris oleh sopir Transjakarta. 

"Sebuah mobil masuk jalur Transjakarta di Jl. Sultan Iskandar Muda Gandaria, Jakarta Selatan siang ini, Jumat, 23/4/2021. Si mobil putih mau mundur karena terlanjur masuk jalur busway, kemudian menyuruh bus untuk mundur namun dihiraukan oleh Sopir Bus," bunyi keterangan terkait unggahan tersebut. 

Belum ada penjelasan lebih lanjut soal kebenaran video yang diunggah. Namun perlu diketahui, jalur Busway bukan diperuntukan untuk umum. Memang ada pengecualian khusus untuk: Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri. Termasuk keadaan Force Majeure atau keadaan darurat yang telah dapat diskresi dari petugas.

Aturan untuk melintas di jalur bus Transjakarta itu tertuang dalam Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 63 Tahun 2014 tentang Prosedur Penetapan Operator Bus Transjakarta yakni jalur/lajur khusus yang diperuntukan bagi angkutan massal berbasis jalan. 

Sementara larangan bagi pengendara yang menerobos busway telah diatur dalam Pasal 90 ayat (1) Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi (“Perda DKI Jakarta 5/2014”):

“Setiap Kendaraan Bermotor selain Mobil Bus Angkutan umum massal berbasis Jalan dilarang menggunakan lajur atau jalur khusus Angkutan umum massal berbasis Jalan.”

>>> 10 Halte Transjakarta Ini Sediakan Tempat Parkir Sepeda

Ada Hukuman Buat yang Terobos Jalur Busway

Dua Opsi Pembayaran Transjakarta

Jalur Busway hanya diperuntukan bagi bus Transjakarta

Ancaman pidana bagi pengendara yang menerobos jalur bus Transjakarta adalah pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan dan/atau denda paling banyak Rp.50 juta (Pasal 253 Perda DKI Jakarta 5/2014). 

Kemudian dalam Pasal 2 ayat 7 Perda DKI Jakarta Nomor 8 tahun 2007 juga dijelaskan larangan mengenai kendaraan bermotor roda dua atau lebih untuk memasuki jalur busway. Dalam Perda serupa juga disebutkan bahwa  pelanggar dapat dikenakan ancaman pindana kurungan paling lama 180 hari, serta denda paling banyak R. 50.000.000. 

"Setiap orang atau badan yang melanggar ketentuan Pasal 2 ayat (7), Pasal 3 huruf g, huruf h, huruf j, Pasal 5 huruf b, huruf c, Pasal 6, Pasal 12 huruf b, huruf d, huruf g, Pasal 19 huruf a. Pasal 20, Pasal 22 huruf b, huruf f, Pasal 23 ayat (1), Pasal 24 ayat (1), Pasal 36 ayat (3), Pasal 37 ayat (1), ayat (2) dan Pasal 43 dikenakan ancaman pidana kurungan paling singkat 30 (tiga puluh) hari dan paling lama 180 (Seratus delapan puluh) hari atau denda paling sedikit Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) dan paling banyak Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah)."

>>> 5 Halte Transjakarta Punya Fasilitas Cuci Tangan Mirip Dasbor Mobil Honda

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top