Fakta di Balik Viralnya Pengendara Hindari Pos Penyekatan PPKM Darurat

21/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sebuah video viral di sosial media memperlihatkan pengendara dengan santai menghindari pos penyekatan PPKM Darurat di Bogor. Sebenarnya apa yang terjadi?

Sebuah video yang menampilkan sejumlah pengendara mobil dan motor menghindari penyekatan di depan salah satu SPBU di Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial. Pengendara ramai-ramai menuju ke dalam SPBU dan keluar lagi menuju jalan raya seakan-akan menghindari pos penyekatan PPKM Darurat.

>>> PPKM Darurat Diperpanjang, Penyekatan Masih Berlaku

Gambar menunjukan Motor melewati pos penyekatan

Pengendara memasuki SPBU untuk bisa menghindari penyekatan

Fakta yang Sebenarnya Terjadi

Sebuah video yang viral tersebut dibuat salah satu pengendara motor yang ingin melintasi penyekatan. Dalam video itu terlihat beberapa polisi dan dishub sedang berjaga di penyekatan depan SPBU Panaragan, Jalan Veteran, Bogor.

Road barrier dipasang di depan SPBU tepatnya di antara pintu masuk dan pintu keluar SPBU. Adapun petugas berdiri di depan road barrier. Perekam video itu pun bersama beberapa pengendara lainnya memasuki SPBU untuk menghindari penyekatan. Banyak yang mempertanyakan fungsi penyekatan PPKM Darurat.

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Susatyo Purnomo Condro menyebut penyekatan oleh petugas belum berlangsung saat pengendara tersebut merekam video. Petugas, tambah Susatyo, masih melakukan persiapan penyekatan.

“Video itu penyekatan belum mulai, petugas sedang persiapan, karena harus dilaksanakan serentak di 10 titik,” ujar Susatyo, Selasa (20/7/2021).

Susatyo menyebut persiapan itu dilakukan untuk menyerentakkan mulainya operasi penyekatan di Bogor Kota. Susatyo menjelaskan 3 pola itu memiliki titik sekat yang berbeda-beda, guna mengantisipasi masyarakat menggunakan jalur tikus, dan lain-lain. Setiap harinya, jam mulai penyekatan di Kota Bogor berbeda-beda.

 “Kalau tidak serentak akan terjadi efek karambol penyekatan. Kami punya 3 pola penyekatan yang berbeda. Jam penyekatan setiap hari bisa berubah-ubah sesuai hasil analisa harian,” tutur Susatyo.

Susatyo menambahkan, saat penyekatan berlangsung, pengendara tidak akan bisa menghindari penyekatan meski masuk melalui SPBU Panaragan.

“Betul (tidak bisa menghindari). Setelah veteran jarak, tidak jauh dari situ ada titik sekat lagi,” jelasnya.

>>> Akhirnya OJOL Boleh Lewat Penyekatan Tanpa STRP, Syaratnya?

Gambar menunjukan Presiden Jokowi

PPKM Darurat diperpanjang hingga 25 Juli 2021

Jokowi Perpanjang PPKM Darurat

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan bahwa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat COVID-19 diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Jika memang ada tren penurunan, maka pemerintah akan melakukan pelonggaran berbagai sektor secara bertahap.

“Kita selalu memantau, memahami dinamika di lapangan dan juga mendengar suara-suara masyarakat yang terdampak PPKM. Karena itu, jika tren kasus terus mengalami penurunan, maka tanggal 26 Juli pemerintah akan melakukan pembukaan secara bertahap,” kata Jokowi.

>>> Pahami Etika Berkendara dan Menjaga Emosi Berkendara di Jalan Raya

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top