VinFast Memang Mendunia, Tetapi Inilah Mobil Pertama Vietnam Sebenarnya

07/10/2018

Pasar mobil
VinFast memang menjadi penggebrak industri otomotif Vietnam di kancah dunia. Tetapi VinFast bukanlah produsen mobil nasional pertama Vietnam. Sejarah menyebutkan bahwa La Dalat dan Xe hoi Chien Thang berbagi tempat sebagai mobil pertama Vietnam.

Sejarah mobil pertama Vietnam bermula pada tahun 1936, dimana pembuat mobil Prancis Citroën mendirikan pabrik pertamanya di Indocina dengan markas asli di Le Loi – Nguyen Hue Street yang sekarang menjadi Caféteria Rex di Saigon (Kota Ho Chi Minh saat ini).

gambar menunjukan sebuah perusahaan di Saigon Vietnam pada masa yang lalu

Markas Perusahaan Mobil Saigon (ditulis dalam gaya Barat)

Gambar yang menunjukan perusahaan pembuat La Dalat di Saigon pada tahun 1975

La Dalat di jalanan Saigon sebelum tahun 1975

Setelah perang Dunia II, untuk memenuhi kebutuhan transportasi Prancis kontemporer, pabrikan Citroën meluncurkan 2CV. Mereka terus menghasilkan Citroën Dyane 6 dan Méhari masing-masing pada akhir tahun 1950an dan awal 1960. Citroën La Dalat yang diproduksi di Vietnam didasarkan pada Citroën Méhari.

Gambar yang menunjukan iklan mobil jadul dari Citroen

Iklan mobil Citroën di Saigon sekitar tahun 1975

>>> Sejarah Mercedes-Benz A-Class, dari Mobil Hatchback Sederhana Menjadi Ikon Mobi Subkompak Premium Dunia

Pada pertengahan 60-an, di bawah tekanan kompetitif dari sepeda motor roda dua Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki, serta Toyota dan Mitsubishi, Citroën memutuskan untuk meluncurkan kendaraan yang praktis dan murah untuk bisa bersaing dengan mobil Jepang. Mobil tersebut diberi nama La Dalat. Ada empat jenis La Dalat, 4 kursi atau 2 kursi dengan kontainer kargo.

Gambar yang menunjukan mobil pertama Vietnam La Dalat dari depanGambar yang menunjukan mobil pertama Vietnam La Dalat dari belakang

Mobil pertama La Dalat yang diproduksi pada tahun 1970

La Dalat lahir dengan empat jenis mesin dan sistem kemudi serta rem yang diimpor langsung dari Prancis. Sementara komponen-komponen lainnnya seperti lampu, bantalan kursi, pelat tembaga dan atap yang terbuat dari baja dan kain yang bisa ditekuk dirancang dan diproduksi di Saigon.

>>> Dapatkan semua berita pasar mobil terbaru internasional hanya di sini

Mobil ini memiliki mesin 602 cc, dua silinder twin-flat serta girbok manual empat kecepatan dengan penggerak roda depan. Memiliki panjang 3.5 m, lebar 1.5 m, dan tinggi 1.54 m, bobotnya bervariasi antara 480 – 590 kg.

Gambar yang menunjukan mesin jadul milik mobil La Dalat

Mesin La Dalat dari mobil keluaran 1970

Ketika mencapai pasar pada tahun 1970, proporsi suku cadang yang diimpor ke komponen domestic adalah 75/25 dan pada tahun 1975 ketika Citroën menghentikan operasinya, rasio tersebut adalah 60/40. Diperkirakan dari 1970 hingga 1975, Saigon Automobile Company menghasilkan lebih dari lima ribu La Dalat, atau lebih dari seribu unit setahun.

gambar menunjukan sebuah mobil La Dalat sudah dimodifikasi di Saigon saat ini

gambar menunjukan sebuah mobil La Dalat berwarna kuning sedang diparkir di samping banyak mobil modern lain

Sekarang La Dalat masih digunakan di jalan kota Ho Chi Minh dengan modifikasi lebih modern

Selain La Dalat, pada tahun 1958 pabrik Chien Thang (Winner) memutuskan untuk membuat mobil berdasarkan Fragate Prancis. Tidak seperti La Dalat, sangat sulit untuk membuat bagian mobil ini, karena sebagian besar baja berasal dari tempat pembuangan. Peralatan listrik, ban, jendela, serta instrument dalam diimpor. Artis Diep Minh Chau membantu merancang desain eksterior dan interior. Mobil ini lahir pada tanggal cantik, 21-12-1958.

>>> Ingin membeli mobil berteknologi terbaru? Intip daftar harga Cintamobil.com di sini

Gambar yang menunjukan salah satu mobil pertama Vietnam, Chien Thang

Foto jadul tentang pembuatan mobil dari Chien Thang

Kesuksesan VinFast memang tidak datang dengan sendirinya. Pengembangan mobil nasional Vietnam dimulai dari bertahun-tahun yang lalu. Mungkin kesuksesan VinFast bisa menjadi pembakar semangat untuk membuat mobil nasional Indonesia pertama. Semoga saja.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top