Mobil Nasional Vietnam VinFast Lebarkan Sayap ke Eropa-Amerika

13/07/2021

Pasar mobil

3 menit

VinFast menjadi pabrikan otomotif garda depan Vietnam yang bergerak cepat untuk masuk pasar global dengan membuka kantor di Amerika Serikat dan Eropa

VinFast yang menjadi pabrikan otomotif pertama Vietnam pada 12 Juli 2021 secara resmi mengumumkan telah membuka kantor operasional di Amerika Utara dan Eropa. Pabrikan otomotif asal Vietnam itu  berharap langkah tersebut dapat mempercepat upaya mereka untuk memasuki pasar otomotif global. Dengan demikian, merek asal Vietnam itu akan berkompetisi dalam pasar yang sangat kompetitif dan dipenuhi para kompetitor yang sama-sama memasarkan mobil listrik pintar untuk memikat  konsumen.

>>> Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik serta Kelebihan dan Kekurangannya  

Dukungan Pabrik  

gambar pabrik

Pabrik perakitan menjadi modal dasar ekspansi global  

Sejatinya, VinFast adalah salah satu unit usaha yang dimiliki oleh konglomerat terbesar di  Vietnam,  Vingroup JSC (VIC.HM). Didirikan pada Juni 2017, langsung ngebut dengan membangun pabrik mulai September 2017 seluas 3.350.000 meter persegi dengan investasi senilai US$ 1,5 miliar yang berlokasi di  kawasan industri Cat Hai Island dekat kota Hai Phong.  

Tidak heran VinFast menjadi pabrikan otomotif berskala besar pertama di Vietnam yang mampu memproduksi mobil bermesin bensin dengan merek sendiri pada tahun 2019. Kini, VinFast sudah mendirikan kantor perwakilan di lima kawasan pasar otomotif global dan segera membuka ruang pamer di negara bagian California, Amerika Serikat. 

Mobil Listrik 

gambar vinfast

Sejauh ini VinFast telah mematok target penjualan sebanyak 56.000 mobil listrik pada tahun 2022. Namun target itu segera direvisi oleh Pham Nhat Vuong, pimpinan Vingroup, menjadi 15.000 unit akibat kelangkaan mikrochip secara global. Sebagai perbandingan, pada tahun 2020  VinFast mencapai penjualan domestik sekitar 30.000 unit.  

Terkait pasar otomotif Amerika Serikat, VinFast berencana memakai skema leasing dengan pabrikan baterai mobil listrik dan mencoba metode penjualan secara  online untuk  menghilangkan biaya ruang pamer yang mahal. Nantinya, dua model mobil listrik yang disiapkan VinFast,  VF e35 dan VF e36, akan dirilis resmi pada Maret 2022. Mengingat ketatnya kompetisi pasar otomotif Amerika Serikat, VinFast berencana menjual saham atau merger dengan  Special Purpose Acquisition Company.
 

Asal Usul (Etimologi) 

gambar vinfast

Merek yang mempunyai makna tersendiri

Nama VinFast adalah singkatan kata dalam bahasa Vietnam sebagai berikut

Vin = Việt Nam (Vietnam)
F = Phong cách (Style, Ph=F)
A = An toàn (Safety)
S = Sáng tạo (Creativeness)
T = Tiên phong (Pioneer)

>>> Indonesia Bisa Belajar dari Mobil Nasional Vietnam

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top