Video Penyekatan Gerbang Tol Pejagan Hoax, Begini Kondisi Sebenarnya!

01/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Beredar video penyekatan larangan mudik lebaran 2021 di Gerbang Tol Pejagan Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah. Ternyata video tersebut resmi dinyatakan hoax

Semakin dekat waktu larangan mudik lebaran 6-17 Mei 2021, persiapan penyekatan semakin serius. Informasinya juga semakin mudah diketahui baik melalui media daring maupun sosial media. Namun demikian tidak semua kabar yang beredar adalah valid, seperti video penyekatan exit Tol Pejagan di Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah.

Penyekatan Gerbang Tol Pejagan

Video yang beredar sejak Jum’at sore (30/4/2021) itu memperlihatkan akses menuju Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Pejagan tidak bisa lagi dilalui. Si perekam memperlihatkan kondisi gerbang tol, hampir semua gardu dipasang water barrier dan portal. Hanya dua yang nampak terbuka, yaitu akses keluar untuk kendaraan dari arah barat dan akses masuk ke arah timur.

Sejumlah petugas terlihat berjaga memberikan pengarahan kepada pengendara yang akan menuju arah barat untuk putar balik untuk kembali ke daerah asal masing-masing. Petugas yang berjaga juga memberitahu bahwa akses kendaraan dari Jakarta ke arah Semarang via Tol Trans Jawa sudah ditutup. Begitupun kendaraan dari Semarang yang mengarah ke Jakarta juga tidak diizinkan dan harus putar balik di GT Pejagan.

"Tol ditutup, arah Jakarta sudah ditutup, kita putar balik. Semua sudah tutup, tolong diinformasikan ke kawan-kawan di lapangan. Semua putar balik. Arah Jakarta ke Semarang ditutup. Semua tol ditutup," ucap pria dalam video viral itu.

>>> Simak Daftar Titik Penyekatan Mudik Lebaran 2021

Hoax

Tidak butuh waktu lama, PT Waskita Toll Road (WTR) melalui PT Semesta Marga Raya selaku Manajemen Operasi Tol Kanci-Pejagan memberikan klarifikasi. Bahwa video yang beredar adalah Hoax. Bukan video penyekatan larangan mudik 2021, melainkan penyekatan larangan mudik lebaran 2020.

Gambar menunjukkan Video hoax penyekatan mudik lebaran 2021

Video hoax penutupan exit Tol Pejagan beredar di sosial media

Dikutip dari Insta Story @semestamargaraya bahwa kondisi sebenarnya adalah kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Pejagan masih bisa dilewati secara normal. Untuk penyekatan akan dilakukan pada 6-17 Mei 2021 sebagaimana keputusan dari Pemerintah.

"Untuk rencana kegiatan penyekatan di Gerbang Tol Pejagan sendiri sesuai dengan hasil pertemuan dengan Dirlantas dan Lintas Sektoral Jawa Tengah, baru akan dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021 sampai dengan 17 Mei 2021," tulis @semestamargaraya, Jumat (30/4/2021).

"Untuk meminimalisir informasi-informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dan untuk mengetahui kondisi terkini di Gerbang Tol Pejagan, silahkan menghubungi Call Center ruas Tol Kanci Pejagan di nomor 0231 8638809 atau di nomor Whatsapp 0811-1111-1535." lanjutnya.

>>> Jokowi Khawatir 18,9 Juta Orang Tetap Mau Mudik Meski Ada Larangan

Foto menunjukkan Klarifikasi video penutupan GT Pejagan

Penyekatan exit Tol Pejagan bakal dilakukan sesuai arahan pemerintah

Sebagai informasi, exit Tol Pejagan merupakan salah satu dari sekian banyak titik penyekatan arus mudik lebaran 2021.

"Posko ini, ada di beberapa titik wilayah seperti di Tanjung Pura, Gerbang Tol (GT) Cikopi, GT Pejagan, Lingkar Nagreg, Pangkalan Angkutan Barang Kecipir, GT Kalikangkung, UPPKBM Cikande dan Jalan Nasional Pos Gerem," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam diskusi virtual, Kamis (29/4/2021).

Selain exit Tol Pejagan, titik penyekatan di Brebes terletak di Jalur Pantura Desa Kecipir, Kecamatan Losari, dan di jalur alternatif di Desa Bojongsari, Losari.

>>> Cari mobil plat nomor Jateng, temukan disini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top