Transaksi di Tol Tanpa Sentuh Bukan Dilakukan di Wilayah Jasa Marga

23/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Transaksi di Tol Tanpa Sentuh Bukan Dilakukan di Wilayah Jasa Marga
PT Jasa Marga menegaskan video mobil saat transaksi di tol tanpa sentuh dengan kecepatan tinggi bukan dari pihaknya dan tidak dilakukan di wilayah Jasa Marga.

Viral dua video di dunia maya. Yang satu memperlihatkan satu unit Daihatsu Gran Max melaju dengan kecepatan tinggi di jalan tol. Kendaraan tidak mengurangi kecepatan sedikitpun saat akan melewati gerbang tol yang palangnya masih tertutup. Selang sepersekian detik, palang terbuka secara otomatis dan kendaraan tetap melaju kencang.

Video kedua memperlihatkan seorang teknisi FLO Jasa Marga tengah melakukan pemasangan stiker RFID di headlamp sebelah kanan Mitsubishi Pajero Sport sambil memberikan penjelasan.

Bukan dari Jasa Marga

Menanggapi video tersebut PT Jasa Marga menegaskan bahwa video Gran Max ngebut di gerbang tol bukan dari pihaknya dan tidak terjadi di wilayahnya. Adapun video yang satunya benar milik Jasa Marga. Pihaknya memang tengah melakukan sosialisasi uji coba transaksi nirsentuh berteknologi Radio Frequency Identification (RFID).

>>> Mengenal Perbedaan Sistem Transaksi di Jalan Tol

Foto Gerbang Tol dengan logo FLO

Menggunakan aplikasi FLO kendaraan tidak perlu berhenti saat transaksi di tol

“Untuk video yang memperlihatkan uji coba kendaraan melintas di gerbang tol dengan fasilitas touch-less transaction, video tersebut tidak menggambarkan kejadian di wilayah Jasa Marga, namun terjadi di wilayah BUJT lain, diluar Jasa Marga Group,” jelas Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru. 

“Kami sampaikan bahwa kedua video tersebut tidak berhubungan satu dengan yang lainnya,” lanjutnya.

Uji Coba LET IT FLO

Saat ini Jasa Marga tengah melakukan uji coba terbatas sistem pembayaran jalan tol menggunakan aplikasi LET IT FLO. Yaitu aplikasi pembayaran tol prabayar berbasis voucher elektronik yang terintegrasi dengan stiker berteknologi Radio Frequency Identification (RFID). Sistem ini dikembangkan PT Jasa Marga Tollroad Operator, selaku anak perusahaan PT Jasa Marga.

Sistem kerjanya; pengendara menginstall aplikasi LET IT FLO yang didownload di Google Play Store, lalu melakukan registrasi hingga selesai. Setelah itu lakukan pemasangan stiker RFID sesuai lokasi dan jadwal yang ditentukan. Dan yang terakhir lakukan pembelian voucher melalui halaman aplikasi.  Untuk sementara metode pembayaran hanya tersedia LinkAja. Jadi, pastikan telah memiliki akun LinkAja dan terisi saldo yang cukup.

Dalam penggunaannya untuk transaksi, pengendara wajib mengarahkan kendaraan ke gardu tol berlogo FLO. Pengendara tidak perlu berhenti dan membuka kaca mobil untuk melakukan tapping kartu uang elektronik karena palang akan terbuka secara otomatis. Meski demikian kecepatan kendaraan harus dikurangi hingga sekitar 20-30 Km/jam demi keamanan.

Secara uji coba transaksi di tol yang dilakukan Jasa Marga tersebut masih bersifat terbatas dan non komersial. Untuk implementasinya secara resmi menunggu keputusan dari Pemerintah.

>>> Begini Cara Transaksi di Tol Tanpa Buka Kaca Mobil

Gambar menunjukkan Daftar ruas uji coba FLO

LET IT FLO diuji coba di gerbang tol se-Jabodetabek (klik untuk memperbesar)

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top