Video Game Grand Theft Auto V Bikin Kasus Pembajakan Mobil Meningkat?

25/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Video Game Grand Theft Auto V Bikin Kasus Pembajakan Mobil Meningkat?
Seorang anggota dewan di Chicago mengusulkan perubahan UU untuk melarang video game Grand Theft Auto V yang diduga membuat kasus pembajakan mobil meningkat.

Tak hanya di Indonesia, namun tindak kekerasan dan kriminalitas yang terjadi di Amerika dipercaya terjadi akibat pengaruh buruk video game. Dan yang terbaru, seorang anggota dewan Illinois dilaporkan mengusulkan perubahan undang-undang akibat meningkatnya kasus pembajakan mobil yang ditengarai akibat game Grand Theft Auto V.

Pengaruh buruk video game?

Chicago Sun-Times melaporkan bahwa seorang perwakilan negara bagian Illinois dari partai Demokrat South Side, Marcus Evans Jr., menyebutkan bahwa kasus pembajakan mobil di wilayah Chicago dan sekitarnya sedang meningkat. Dan ia yakin bahwa peningkatan ini berhubungan dengan fakta bahwa anak-anak muda memainkan game GTA V.

Pada hari Jumat (19/2) lalu, Evans mendorong pemerintah untuk mengubah Undang-Undang Tahun 2012 yang melarang video game tertentu dijual kepada anak-anak di bawah umur. Ia ingin mendorong amandemen undang-undang untuk melarang penjualan video game yang memberikan “bahaya psikologis”, termasuk game dengan adegan pencurian kendaraan bermotor dengan atau tanpa sopir.

mobil yang sedang dicuri oleh pencuri
Dalam game Grand Theft Auto, Anda bisa membajak mobil yang ada di jalan

>>> Waspada, Mobil Keluarga Jadi Sasaran Empuk Penjahat di Tengah Pandemi

“Grand Theft Auto dan video game kekerasan lainnya sedang memikat anak-anak muda kita dan mengabadikan kebiasaan membajak mobil,” ungkap Evans dalam keterangan resminya. “Pembajakan mobil tidak normal dan pembajakan mobil harus dihentikan.”

Evans pun bekerja sama dengan aktivis bernama Early Walker yang memulai kampanye Operation Safe Pump sebagai upaya untuk mencegah pembajakan mobil di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan dan stasiun pengisian bahan bakar. Operasi ini turut menggandeng badan keamanan setempat untuk menempatkan penjaga di area beresiko tinggi dan mencegah aktivitas kriminal.

>>> Google Maps Bantu Polisi Temukan Pencuri Mobil

Peningkatan kasus pembajakan mobil

Pada Januari lalu, dua remaja laki-laki didakwa melakukan pembajakan mobil menggunakan senjata api terhadap seorang pengemudi berusia 42 tahun dengan paksa di sebuah stasiun pengisian di daerah Kenwood, Chicago. Remaja berusia 13 dan 14 tahun yang tidak disebutkan namanya itu ditangkap beberapa hari setelahnya.

pembajakan mobil di video game Grand Theft Auto
Kasus pembajakan mobil di Amerika meningkat sejak tahun lalu

Fox News melaporkan bahwa kasus pembajakan mobil meningkat pesat di awal tahun. Ada 45 pembajakan mobil yang dilaporkan oleh Kepolisian Washington hingga awal Februari. Menyusul 345 kasus yang terjadi sepanjang tahun 2020. Dari 16 orang tersangka yang tertangkap, setidaknya 10 orang berusia di bawah 18 tahun.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top