Versi Facelift Segera Hadir, Ini Sejarah Mitsubishi Pajero Sport

25/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Rumor beredar jika versi facelift dari Pajero Sport segera hadir, sebelum membahas versi terbarunya yuk simak dulu sejarah Mitsubishi Pajero Sport berikut ini

Sebagai suatu salah satu produk penopang penjualan Mitsubishi di Tanah Air selain Xpander, tentunya membahas mengenai kiprah Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia adalah suatu hal yang menarik. Apalagi setelah salah satu anggota tim Cintamobil.com menerima kabar bahwa versi facelift dari model ini siap merapat ke Tanah Air. Namun, sebelum membahas Pajero Sport facelift terbaru, ada baiknya kita mengetahui sejarah Mitsubishi Pajero Sport.

Gambar Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2019

Pajero Sport jadi salah satu model best seller Mitsubishi di Indonesia

Latar Belakang Hadirnya Pajero 'With' Sport

Suatu produk kendaraan, bila ditambah dengan embel-embel SPORT bukan berarti lebih sporti dari biasanya. Ada juga produk yang dengan tambahan kata sport di belakang nama besarnya itu menjadi lebih terjangkau baik harga, fitur maupun kemasannya yang lebih kompak. Ambil contoh produk SUV mewah asal Britania, Range Rover. Bila ditambah kata sport di belakang nama besarnya, jadi Range Rover Sport, bentuk mobilnya jadi lebih kompak namun tetap aristokrat.

Gambar Mitsubishi Challanger 1996

Mitsubishi Challanger tahun 1996 ini jadi cikal bakal Pajero Sport

Hal yang sama pun terjadi pada Mitsubishi Pajero. Pajero awalnya adalah sebuah GPV (General Purpose Vehicle) yang tangguh dan bisa dibilang anti rusak. Pajero yang dulunya berjenis GPV ini kemudian bertransformasi menjadi SUV (Sport Utility Vehicle) yang disegani pasar global. Nama besar Pajero di paris reli dakar sudah tidak perlu diragukan lagi. Seiring berkembangnya waktu, tren mobil dunia bergeser dan konsumen menginginkan sosok kendaraan tangguh namun juga lebih ringkas.

Gambar Mitsubishi Pajero Sport generasi 1

Nama 'Pajero Sport' resmi hadir tahun 2000

Akhirnya muncul embrio baru SUV yang lebih kompak, namun tetap menurunkan DNA tangguh dari Pajero. Di tahun 2000 lahirlah Mitsubishi Challanger, atau di Eropa mobil ini pakai nama Pajero Sport. Model inilah jadi cikal bakal Pajero Sport hingga kini. Generasi yang sama bertahan hingga tahun 2007, sebelum Mitsubishi Pajero Sport lahir generasi kedua yang dilahirkan pada tahun 2008 dan mengadopsi tampang mobil balap Pajero Evolution.

Gambar Mitsubishi Pajero Evolution Hiroshi Masuoka

Generasi kedua Pajero Sport mengambil langsung 'muka' Pajero Evolution

Para penggemar SUV di belahan bumi pun berteriak kegirangan. Karena, kalau dilihat konsep dari Mitsubishi Pajero Evolution yang digeber oleh Stéphane Peterhansel, Luc Alphand, dan Hiroshi Masuoka itu futuristis sekali tampilan eksteriornya. Para insinyur pabrikan berlogo tiga berlian ini dengan cerdas mengimplementasikan tampilan eskterior mobil balap Paris Dakar ke sebuah SUV ladder frame berkapasitas 7 penumpang dengan mesin tanpa busi alias diesel.

Gambar tampilan belakang Pajero Sport Exceed 2008

Pajero Sport di 2009 hadir di Indonesia dalam tiga trim, yakni GLX, GLS, dan Exceed

Meski Pajero Sport generasi kedua sudah lahir sejak tahun 2008, namun pasar mobil Indonesia baru kebagian unit ini tahun 2009 dan diimpor utuh dari Thailand. Sontak, pasar SUV ladder frame di Indonesia heboh dan mendapat angin segar, setelah sejak tahun 2005 Toyota Fortuner mendominasi penjualan SUV sasis tangga ini serta hanya mendapat rival Ford Everest yang sudah sejak 2003 beredar di pasar mobil tanah air.

Gambar Mitsubishi Pajero Sport Dakar 178 PS

Facelift tahun 2014 sekaligus memperkanalkan mesin yang lebih bertenaga dan varian bensin

Pajero Sport generasi kedua ini bertahan hingga 6 tahun dan sempat mendapat facelift satu kali di 2014. Saat facelift, selain kosmetik dan tampilan fisik yang dapat ubahan, Pajero Sport juga mendapat tuning ulang di ECU dan mesin legendaris berkode 4D56 yang kini dipasang satu set turbocharger baru berteknologi Variable Geometry Turbo. Sehingga dari awalnya tenaga hanya 136 PS menjadi 178 PS. Oh ya di tahun 2014 ini juga Pajero punya pilihan mesin bensin V6 3000 cc.

>>> Layak Usung Emblem DAKAR, Ini Kiprah Mitsubishi Pajero di Reli Dakar

All-new Mitsubishi Pajero Sport Lahir Tahun 2015

Baru pada tahun 2015 Mitsubishi Pajero Sport mendapat ubahan yang benar-benar baru dengan bahasa desain dynamic shield khas Mitsubishi kekinian. Sama seperti generasi kedua, model major change tersebut baru masuk Indonesia setahun kemudian di 2016. Dan saat itu, Pajero Sport punya dua pilihan mesin dan transmisi yang berbeda. Yakni unit anyar berkode 4N15 dengan rasio kompresi kecil dan tenaganya mencapai 181 PS dan unit 4D56 dengan output 136 PS.

Gambar All-new Mitsubishi Pajero Sport 2015

Pajero 'All-new' hadir tahun 2016 di Indonesia dan tetap dengan dua pilihan mesin

Salah satu alasan mengapa di All New Pajero Sport tahun 2015 ada dua pilihan mesin, karena ternyata Pajero Sport juga diminati oleh konsumen di perusahaan tambang. Seringkali para perusahaan tambang memberikan Mitsubishi Pajero Sport dengan penggerak 4x4 maupun 4x2 untuk para deputi direktur atau senior manager di perusahaan tambang tersebut.

Foto mesin 4D56 Mitsubishi Pajero 4x4 GLX

Mesin 4D56 Mitsubishi masih sanggup tenggak solar biasa, meski enggak sejago 4M40

Oleh karena bahan bakar solar berkualitas kerap kali sulit ditemukan di lokasi tambang, maka harus pakai mesin yang sudah terbukti durabel dan tidak masalah jika 'meminum' solar busuk. Dan untuk kondisi itu mesin 4D56 dengan transmisi manual atau otomatis 5-speed lebih pas. Terbukti dari data penjualan Pajero Sport di lokasi pertambangan bisa dibilang cukup menggembirakan.

Gambar Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2019

Bersiap, versi facelift dari 'All-new' Pajero Sport siap hadir bulan depan

Pajero Sport kembali mendapat penyegaran di pertengahan tahun 2019 dengan hadirnya sejumlah fitur terkini yang jauh lebih canggih dari sebelumnya. Dan mendapat tambahan trim yakni Ultimate yang dilengkapi banyak fitur keselamatan yang mumpuni. Hingga akhirnya pertengahan tahun 2019 Mitsubishi Motors Thailand meluncurkan generasi terbaru dari Pajero Sport. SUV bersasis tangga ini bukan hanya mendapat tampilan baru, tetapi juga segudang fitur terkini yang membuat New Mitsubishi Pajero Sport menjadi SUV ladder frame tercanggih di kelasnya.

>>> Mau beli Mitsubishi Pajero Sport bekas? Lihat beragam pilihannya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 dari jurusan Ekonomi Akuntansi. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Pada tahun 2014 ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly - sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan - Editor in Chief Motorplus menugaskan Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. 

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut.

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Education

2009 - 2014: Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009: 54 Senior High School

2003 - 2006: 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018: Content Writer Cintamobil.com

2019: Senior Content Writer Cintamobil.com

2021: Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top