Velg Mobil Ini Butuh Waktu 5 Tahun Sampai Bisa Diproduksi, Kok Bisa?

27/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Meski terdengar sepele, pengembangan velg mobil tidak bisa sembarangan. Apalagi jika mobil tersebut digunakan untuk SUV super kencang, Bentley Bentayga.

Bentley Bentayga merupakan super SUV yang dibuat di atas platform yang sama dengan Lamborghini Urus atau Porsche Cayenne. Varian terendahnya saja, dibekali mesin V8 yang mampu menghasilkan tenaga 542 HP dan torsi 770 Nm.

Sudah sepantasnya jika mobil ini dibekali dengan velg spesial 22 inci berbahan serat karbon yang dikembangkan dan diproduksi oleh Mulliner, coachbuilder dari Bentley.

Velg Serat Karbon Terbesar

Penggunaan 'sepatu' berbahan serat karbon pada mobil memang bukan hal yang langka saat ini. Ford membekali opsi ini untuk Mustang mereka, Ferrari pun memberi opsi yang sama untuk SF90 Stradale Assetto Fiorano.

Gambar Velg Bentayga Serat Karbon

Butuh waktu 5 tahun sampai Bentley bisa meluncurkan mahakarya ini

>>> Baru Diluncurkan, Toyota Raize Hybrid dan Facelift Makin Santer Muncul

Namun, belum ada di antara mereka yang menggunakan bahan ringan nan rigid ini di sebuah SUV, apalagi ukurannya mencapai 21 inci.

Tak main-main, Mulliner menggandeng Bucci Composites untuk memproduksi velg ini. Mereka membutuhkan waktu hingga 5 tahun untuk mendesain, memproduksi, dan menguji velg ini agar dapat melewati semua regulasi dan tentunya aman untuk digunakan Bentley Bentayga.

Mengawinkannya ke Bentayga memang bukan perkara mudah, pasalnya mobil raksasa ini memiliki bobot hingga 2.700 kg. Jika Anda penasaran, Mercedes-AMG G63 yang tampak seperti Dinosaurus itu saja 'hanya' berbobot 2.560 kg.

Berbagai tes TUV dilakukan untuk menyimulasikan semuanya, mulai dari ban yang terlalu kempes, lubang di jalanan, batu bulat, dan tes torsi berlebihan yang melebihi batas yang diizinkan. Bahkan, mereka melakukan tes di Nurburgring Nordschleife, salah satu lintasan yang paling kejam untuk menguji daya tahan mobil.

Lebih Ringan dan Kuat Dari Velg Biasa

Gambar Velg Bentayga

Ini serat karbon asli, bukan hasil cutting sticker di pinggir jalan

Apa manfaat serat karbon pada kaki-kaki kendaraan sebesar Bentley Bentayga? Salah satunya, serat karbon ini menghemat bobot 6 kilogram per roda. Memang terdengar tak banyak, namun tiap kilogram yang dipangkas akan membantu.

>>> HSR Wheel Buka 14 Toko Resmi Baru Sepanjang Pulau Jawa

Pihak Bentley juga menonjolkan kekuatan dan kekakuan roda, menghasilkan platform kemudi yang lebih stabil untuk SUV bongsor ini. Performa pengereman yang lebih baik dan keausan ban juga merupakan kelebihan tersendiri bagi pemilik Bentayga.

Meski begitu, kami meyakini sebagian besar pelanggan Bentley akan memilih velg khusus ini hanya karena, keistimewaan dan prestise. Sejauh ini, kami belum mengetahui harga dari opsi tambahan ini.

Namun dari velg-velg serat karbon aftermarket yang pernah ditawarkan di pasaran, harganya cukup untuk memboyong setidaknya 1 unit Toyota Calya baru dari dealer.

>>> Audi e-Tron GT Ternyata Pakai Velg Berteknologi Khusus

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top