Varian Mesin Diesel Renault di Inggris Hanya Ada pada Megane

15/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Varian Mesin Diesel Renault di Inggris Hanya Ada pada Megane
Renault akan menghentikan penjualan mesin diesel untuk model Kadjar, Captur dan Clio. Tak hanya Renault saja. Ford Fiesta dan Mazda 6 diesel juga dihentikan.

Renault Kadjar tidak lagi ditawarkan sebagai varian mesin diesel di pasar Inggris. Selain itu Renault Captur dan Clio varian diesel juga akan menyusul akhir tahun ini untuk dihentikan penjualannya meninggalkan Mégane.

>>> 2 Produsen Baterai Kendaraan Listrik Ternama Mau Bangun Pabrik di Indonesia?

Gambar menunjukan Renault Kadjar

Tampilan dari Renault Kadjar

Varian Diesel Captur dan Clio Ikut Dihentikan

Dilansir dari laman Autocar UK, Juru bicara Renault Inggris mengkonfirmasi bahwa Kadjar tidak lagi ditawarkan dengan varian mesin diesel empat silinder 1,5 liter. Saat ini SUV tersebut hanya ditawarkan pilihan tunggal mesin bensin 1,3 liter turbocharged dengan 138 daya kuda.

Tak hanya itu saja versi diesel dari crossover Captur dan Clio juga akan mengalami nasib yang sama. Meskipun kedua mobil tersebut sekarang sudah ditawarkan dengan powertrain hybrid bensin listrik. 

Ini berarti hatchback dan estate Mégane akan menjadi satu-satunya varian mesin diesel yang ditawarkan Renault untuk pelanggannya di Inggris. Mesinnya sendiri telah dirombak untuk memenuhi peraturan Euro 6d dan RDE2, yang secara substansial akan mengikuti aturan jumlah emisi yang diizinkan.

>>> Dimodifikasi dan Jadi Taksi Online Bisa Bikin Asuransi Mobil Gugur?

Gambar menunnjukan Ford Fiesta

Tampilan dari Ford Fiesta 

Ford Fiesta dan Mazda 6 Diesel Juga Dihentikan Penjualannya

Sejumlah pabrikan juga telah mengurangi varian mesin diesel dari jajaran mereka di seluruh Eropa dalam beberapa tahun terakhir, dan itu terus berlanjut selama 2020. Beberapa waktu lalu Ford juga telah mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan versi diesel dari Fiesta, sedangkan Mazda 6 juga akan beralih ke mesin bensin saja.

Ford sendiri menghapus varian diesel untuk Fiesta dari daftar harga karena penjualan mobil berbahan bakar minyak turun ke titik terendah dalam beberapa dekade. Penjualan mobil diesel secara umum telah menurun selama setengah dekade terakhir di seluruh Eropa.

Penurunan tersebut dikarenakan skandal dieselgate Volkswagen Group dan pergeseran pendapat publik dan pemerintah tentang bahan bakar konvensional. Dari 50% pangsa pasar pada tahun 2014, bahan bakar konvensional hanya mencapai 18,4% dari penjualan pada September 2020 karena penjualan mobil hybrid dan mobil listrik terus berkembang.

Pemerintah Inggris juga telah berencana untuk hentikan penjualan mobil bertenaga bensin, diesel atau hibrida di tahun 2035. Rencana ini dibuat setelah para ahli mengatakan akan terlambat jika Inggris yang memiliki ambisi membersihkan langitnya dari emisi.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top